x

Juara Liga Champions Akan Kantongi Lebih dari Rp1,7 triliun

Rabu, 18 April 2018 20:53 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Logo Liga Champions.

Kompetisi antarklub di benua Eropa, Liga Champions, sudah memasuki babak semifinal. Empat tim dipastikan siap bersaing menuju partai final. 

Keempat tim tersebut adalah AS Roma, Liverpool, Bayern Munchen, dan Real Madrid. Keempat tim tersebut tak hanya bersaing untuk merebut trofi 'Si Kuping Besar', tetapi juga bertarung untuk memperebutkan hadiah uang yang cukup besar. 

Liga Champions memang dikenal memiliki nilai hadiah yang besar. Selain hadiah uang, klub peserta Liga Champions juga mendapat uang dari hak siar pertandingan. 

Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) telah mengumumkan bahwa akan ada sekitar 1,3 triliun euro yang akan dibagikan kepada para peserta Liga Champions 2017/18. Jumlah itu merupakan hadiah uang ditambah dengan nilai hak siar televisi. 

Sebagai gambaran, musim lalu Real Madrid mendapat sekitar 89,5 juta euro. 54,2 juta euro dari hadiah uang dan 35,4 dari hak siar televisi. 

Baca Juga

1. Hadiah Uang

Logo Liga Champions.

Dati total 1,3 triliun euro, 761,9 juta euro akan diberikan sebagai hadiah bagi para peserta Liga Champions 2017/18. Besarnya uang hadiah, tergantung pada sejauh mana sebuah tim dapat bersaing di Liga Champions. 

Bagi tim yang hanya sampai ke babak playoff, masing-masing akan mendapatkan 2,5 juta euro atau sekitar 4 miliar rupiah. Sedangkan bagi tim yang berhasil lolos ke fase grup, maka mereka akan mengantongi 12,7 juta euro masing-masing. 

Uang itu belum ditambah dengan performa selama fase grup. Jika memenangkan pertandingan maka tim itu akan mendapat tambahan 1,5 juta euro. Sedangkan untuk laga yang berakhir imbang, tim akan mendapatkan hadiah 500 ribu euro. 

Semakin jauh sebuah tim melangkah, maka uang yang akan mereka kantongi semakin besar. Jika berhasil lolos ke babak 16 besar, maka hadiah sebesar 6 juta euro sudah menanti. 

Selanjutnya di perempatfinal, hadiah sebesar 6,5 juta euro akan diberikan. Dan di babak semifinal nilainya kembali meningkat sebesar 7,5 juta euro. Runner up Liga Champions 2017/18 akan dihujani uang sebesar 11 juta euro. Sedangkan sang jawara, selain akan mengangkat trofi juga akan mendapat hadiah uang sebesar 15,5 juta euro.


2. Hak Siar

Logo Liga Champions.

Nilai uang dari hak siar televisi jumlahnya berbeda-beda. Yang membedakan adalah nilai pasar hak siar di masing-masing negara. Contohnya, klub-klub Inggris akan mendapat uang hak siar lebih besar dibandingkan negara-negara lain. 

Untuk musim ini, ada total 507 juta euro uang hak siar yang akan dibagikan kepada klub peserta. 


3. Total Hadiah

Trofi Liga Champions.

Jumlah uang yang bisa dikantongi juara Liga Champions musim ini bisa mencapai 100 juta euro lebih. 54-57,2 juta euro didapatkan dari hadiah uang selama berlaga. Sedangkan sisanya didapatkan dari uang hak siar. 

Real MadridLiverpoolLiga ChampionsUEFABayern MunchenAS Roma

Berita Terkini