x

Persija: Penundaan Laga vs Persib Bukan Keinginan Kami

Kamis, 26 April 2018 17:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Laga big match antara Persija Jakarta vs Persib Bandung yang sejatinya digelar 28 April 2018 kemungkinan besar batal dilaksanakan.

Pasalnya laga pekan keenam Liga 1 2018 yang sedianya akan dilaksanakandi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta itu tidak mendapat izin keramaian dari pihak kepolisian.


1. Tak Diizinkan Polisi

Ditlantas PMJ pengamanan kegiatan Final sepakbola di Stadion GBK Senayan.

Tidak keluarnya surat izin keamanan dari pihak Polda Metro Jaya sudah diserahkan melalui surat bernomor B/9069/IV/2018/Datro.

Pihak Polda Metro Jaya menjelaskan mereka tidak bisa memberikan izin keamanan lantaran mereka sedang fokus memproteksi Hari Buruh atau May Day yang jatuh pada 1 Mei mendatang.

Dalam surat tersebut juga, pihak Polda Metro Jaya menyarankan agar laga El Classico tersebut dijadwal ulang setelah 1 Mei 2018. 

Baca Juga

2. Muncul Polemik

Persija Jakarta vs Persib Bandung.

Buntut dari penundaan itu justru melahirkan 'polemik' di kalangan suporter. Banyak pihak yang salah pengertian dan menganggap keputusan kepolisan tersebut menguntungkan beberapa pihak termasuk Persija. Akan tetapi, hal itu justru 'menyesatkan'.

Yang terjadi sebenarnya adalah pihak kepolisian memang sudah jauh hari meminta dan menyarankan ke Persija untuk mempertimbangkan atau mengajukan penjadwalan ulang laga vs Persib ke operator liga.

Bahkan, hal itu sudah disampaikan sejak 19 April 2018 lalu, dan sehari setelahnya Persija langsung mengajukan perubahan jadwal.

Artinya, Persija dalam hal ini sudah bertindak sesuai regulasi yang berlaku yakni mengajukan permohonan selambat-lambatnya 7 hari sebelum pertandingan. 


3. Dalih Persija

Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade.

Terkait hal itu, Direktur Utama Persija, Gede Widiade menegaskan jika mundurnya laga Persija kontra Persib bukan karena keinginan dirinya atau manajemen Macan Kemayoran. Namun, hal itu sesuai rekomendasi dari pihak kepolisian.

"Penundaan ini bukan dari Persija namun berdasarkan surat rekomendasi dari Polda Metro Jaya yang dimana mereka ingin fokus untuk persiapan pengamanan Hari Buruh yang jatuh 1 Mei. Alhasil laga itu harus di reschedule ulang," ujar Gede.

"Soal tanggal kepastiannya kapan laga itu bergulir kami masih berkoordinasi dengan pihak terkait," tambahnya

Beredar wacana jika laga Persija vs Persib akan dihelar pada 3 Mei mendatang. Akan tetapi hal itu nampaknya sangat sulit teralisasi.


4. PT LIB Belum Ada Suara

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Pasalnya tanggal 4 Mei, Persib harus away melawan Madura United, begitu pula Macan Kemayoran yang lantas dihadapkan dengan jadwal pada bertanding pada 6 Mei melawan Perseru Serui dan 8 Mei bermain di Piala AFC 2018.

Hingga berita ini diturunkan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga belum memberikan pernyataan resmi terkait status laga Persija vs Persib.

Saat dihubungin INDOSPORT, COO LIB, Tigor Shalomboboy belum juga memberikan respons. Artinya, kapan dan dimana laga Persija vs Persib masih dalam status ditunda.

Persib BandungPersija JakartaGede WidiadePolisiLiga IndonesiaPersija Jakarta Vs Persib BandungLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)

Berita Terkini