x

Lolos dari Grup H Piala AFC, Persija Jakarta Dijatuhi Hukuman

Jumat, 27 April 2018 23:18 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Skuat Persija Jakarta.

Salah satu tim besar Indonesia, Persija Jakarta, belum lama ini berhasil membuat harum sepakbola Tanah Air dengan berhasil lolos dari fase Grup H Piala AFC 2018. Itu membuat Persija sebagai klub debutan asal Indonesia yang berhasil melakukannya.

Namun, kebahagiaan tersebut tak berselang lama. Itu dikarenakan Persija langsung dijatuhi hukuman sanksi oleh Komite Disiplin dan Etik AFC, yang jatuh pada Jumat (27/04/18) ini.

Dilihat dari situs resmi AFC, Komite Disiplin dan Etik AFC telah menjatuhkan hukuman berupa sanksi kepada Persija karena beberapa hal yang dilanggar oleh klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut.


1. Pelanggaran Pertama

Addison Alves melesatkan tendangan ke arah gawang Song Lam.

Pertama adalah Persija diketahui menunda kick-off pertandingan babak kedua saat menjamu Song Lam Nghe An di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Rabu (14/03/18) lalu.

Itu membuat Persija melakukan pelanggaran kepada Pasal 4 Ayat 1, soal manual operasional kompetisi AFC. Akibatnya, klub kebanggaan Kota Jakarta itu pun harus membayar denda sebesar 1000 US Dollar, atau sekitar Rp14 juta. Sebelumnya, Persija sendiri sempat dijatuhkan dengan hukuman yang serupa saat menjamu Tampines Rovers pada Rabu (28/02/18) silam.


2. Pelanggaran Kedua

Selebrasi Riko Simanjuntak (kiri) bersama Marko Simic atas gol pertama. Sayang gol tersebut dianulir wasit karena dianggap terjadi pelanggaran.

Pelanggaran kedua yang menyebabkan denda kepada Persija datang dari pendukung setia mereka, Jakmania. Masih dalam laga yang sama, tatkala menjamu Song Lam Nghe An, Jakmania kedapatan membuang kertas ke dalam lapangan.

Itu membuat Macan Kemayoran melakukan pelanggaran pada Pasal 65 Ayat 1, yang mana membuat manajemen Persija kembali harus merogoh kocek hingga 1.500 US Dollar, atau sekitar Rp20 juta.

Baca Juga

3. Total Denda Sanksi per Jumat (27/04/18)

Kemelut di depan gawang Song Lam yang dimanfaatkan Riko Simanjuntak menjadi gol. Sayang gol tersebut dianulir wasit karena dianggap terjadi pelanggaran.

Bila ditotal, manajemen Persija harus menggelontorkan dana sekitar Rp34 juta untuk sanksi terbaru yang diedarkan oleh AFC pada hari Jumat (27/04/18) ini.

Sementara bila dijumlahkan dengan denda sebelumnya saat melawan Tampines Rovers, Selasa (17/04/18) lalu, maka total manajemen Persija telah menggelontorkan dana sebesar 4.500 US Dollar, atau setara Rp62 juta.

AFCAFC CupPiala AFCBola Internasional

Berita Terkini