x

PSSI Pastikan Piala Indonesia Tak Ganggu Jadwal Liga

Jumat, 27 April 2018 22:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
Joko Driyono dan Ratu Tisha dalam jumpa pers.

Piala Indonesia 2018 dijadwalkan kick off mulai 8 Mei mendatang dan akan diikuti oleh 128 klub dari Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3. Oleh sebab itu, pengundian dijadwalkan dilakukan pada 3 Mei mendatang.

Kendati demikian, PSSI selaku pihak penyelenggara memastikan jika jadwal Piala Indonesia tidak akan mengganggu gelaran Liga 1, 2 maupun 3. Plt (pelaksana tugas sementara) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono menjelaskan jika pihaknya akan menyiasati dengan menempatkan pertandingan Piala Indonesia di tengah pekan atau saat liga tengah libur.

Baca Juga

1. Tak Ganggu Jadwal Liga

Logo Liga 1.

"Piala Indonesia tidak akan mengganggu jadwal Liga 1 dan Liga 2, jadi kalau kita lihat dari format yang ada, Piala Indonesia akan bermain pada weekday saat liga berjalan, atau main pada weekend saat liga off," ujar Jokdri.

"Kalau kita lihat di bulan Juni-Juli ada periode di mana liga off hampir sebulan dan itu akan kita gunakan untuk Piala Indonesia baik weekday maupun weekend," imbuhnya.


2. Babak 8 Besar

Joko Driyono dan Ratu Tisha dalam jumpa pers.

Lebih lanjut, Jokdri mengatakan jika babak delapan besar Piala Indonesia kemungkinan digelar ketika liga telah usai. Hal itu membuat, klub-klub yang lolos ke babak tersebut bisa punya waktu untuk sepenuhnya fokus mengejar titel juara.

"Kedua, Piala Indonesia dipastikan akan menyisakan sekurang-kurangnya babak delapan besar atau 16 besar setelah kompetisi Liga 1 selesai. Sehingga setelah semua event berhenti, Piala Indonesia akan menjadi event terakhir, puncak dari semua kegiatan kompetisi yang di bawah PSSI, sehingga PSSI memiliki fleksibilitas untuk mengelola penjadwalan, baik hari kerja maupun weekend," tutupnya.


3. Hadiah Besar

Logo Piala Indonesia tahun 2010

Sebagai informasi, tim yang terlibat di Piala Indonesia akan mendapatkan hadiah senilai Rp3 miliar jika keluar sebagai juara. Selain itu, setiap tim yang bertanding juga akan mendapatkan match fee (bayaran) yang terus meningkat di setiap fase.

Tak hanya itu, Piala Indonesia tahun ini akan lebih semarak lantaran ada hal istimewa lain yang ditawarkan PSSI. Tim yang juara akan mendapat tiket langsung ke Piala AFC atau kejuaraan kasta kedua Asia. 

Joko DriyonoKratingdaeng Piala IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1Liga 2Liga 3

Berita Terkini