x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Argentina

Rabu, 2 Mei 2018 17:36 WIB
Editor: Isman Fadil
Skuat Timnas Argentina Piala Dunia 2018.

Argentina merupakan salah satu negara yang memilki sejarah di pagelaran Piala Dunia. Di tahun 1930, kala pertama kali Piala Dunia diselenggarakan, Argentina menjadi runner-up setelah dikalahkan tuan rumah Uruguay 4-2 di partai puncak.

Argentina telah turut berpartisipasi dalam pagelaran Piala Dunia sebanyak 17 kali dan hanya absen dalam empat kesempatan saja, termasuk menolak tanding di Piala Dunia 1938 sampai 1954 karena tidak puas soal penunjukan tuan rumah Piala Dunia.

Meski begitu, sempat merasakan gelar juara Piala Dunia pada tahun 1978 dan 1986. Namun sejak saat itu, Argentina berulang kali gagal melangkah jauh di Piala Dunia. Terakhir di Piala Dunia 2014, Lionel Messi dan kawan-kawan ditaklukan Jerman di partai final dengan skor 1-0 oleh gol yang dicetak Mario Gotze saat extra time.

Langkah Albiceleste ke putaran final Piala Dunia 2018 sendiri kurang ideal. Argentina kesulitan di kualifikasi, bahkan butuh sampai hari terakhir untuk memastikan kelolosannya ke Rusia.

Di sesi kualifikasi, Argentina finis di posisi ketiga zona CONMEBOL di bawah Brasil (1) dan Uruguay (2). Tapi hasilnya tak cukup memuaskan dengan hanya meraih tujuh kemenangan, tujuh seri, dan empat kali kalah dalam 18 pertandingan.

Dalam pagelaran Piala Dunia 2018 kali ini, Argentina akan mendapat ujian berat di babak penyisihan grup D. Mereka bakal diadang oleh Kroasia, Nigeria, dan Islandia untuk berebut tiket menuju babak 16 besar. 

Baca Juga

1. 1. Perkiraan Skuat Pemain

Skuat Argentina hanya bisa tertunduk meratapi hasil seri melawan Peru.

Kiper: Sergio Romero, Willy Caballero, Agustin Marchesin.

Bek: Nicolas Otamendi, Marcos Rojo, Federico Fazio, German Pezzella, Nicolas Tagliafico, Gabriel Mercado, Fabricio Bustos, Emiliano Insua.

Tengah: Giovani Lo Celso, Leandro Paredes, Javier Mascherano, Enzo Perez, Ever Banega, Lucas Biglia.

Depan: Angel Di Maria, Paulo Dybala, Lionel Messi (c), Gonzalo Higuain, Mauro Icardi, Eduardo Salvio.
 


2. 2. Perkiraan Starting Line Up

Timnas Argentina tertunduk lesu saat mereka dikalahkan oleh Timnas Spanyol 1-6.

Dalam beberapa pertandinga kualifikasi maupun uji coba, Timnas Argentina kerap mengandalkan formasi 4-2-3-1. INDOSPORT memprediksi pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, akan menempatkan duet Mascherano dan Biglia sebagai gelandang tengah yang bertugas menjaga keseimbangan tim. 

Trio gelandang serang diisi pemain-pemain dengan kecepatan tinggi, yaitu Lo Celso, Di Maria, dan Lionel Messi. Gonzalo Higuain dipercaya mengisi posisi ujung tombak di Piala Dunia 2018 nanti.  

Gambaran Skuat Timnas Argentina Piala Dunia 2018.

Argentina (4-2-3-1): Sergio Romero; Nicolas Otamendi, Marcos Rojo, Nicolas Tagliafico, Fabricio Bustos; Javier Mascherano, Lucas Biglia; Lo Celso, Di Maria, Lionel Messi; Gonzal Higuain.  


3. 3. Player to Watch

Lionel Messi (Timnas Argentina)

Lionel Messi

Lionel Messi adalah salah satu pesepakbola terbaik sepanjang sejarah. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa baik bagi Argentina maupun Barcelona dan sudah menyabet banyak penghargaan individu lainnya. Messi punya peran besar dalam lolosnya Argentina Piala Dunia 2018.

Turnamen akbar tahun ini bisa menjadi kesempatan terakhir La Pulga untuk mengangkat trofi Piala Dunia mengingat usianya tidak muda lagi yakni 30 tahun.


4. 4. Rising Star

Gelandang Paris Saint-Germain asal Argentina, Lo Celso.

Lo Celso

Nama pemain muda milik klub Paris Saint-Germain (PSG) ini bisa mencuat di Piala Dunia 2018. Bersama PSG, Lo Celso sudah membuat 45 penampilan dengan torehan 5 gol dan 7 assists di semua kompetisi sepanjang musim 2017/18.

Pemain 22 tahun ini lakoni debut bersama Timnas Argentina saat mengalahkan Rusia dengan skor 1-0 pada 11 November 2017. Total dia sudah mencatatkan 4 caps bersama Albiceleste.

Lo Celso memiliki talenta yaitu teknik dalam mengolah bola dengan baik dan memiliki posisi sebagai playmaker dan gelandang serang. Dirinya memiliki pengertian dalam mengatur tempo permainan timnya. 


5. 5. Fakta Menarik Timnas Argentina

Timnas Argentina.
  1. Argentina  lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 setelah finis sebagai peringkat tiga babak kualifikasi Zona CONMEBOL.
  2. Sebelumnya, Argentina sempat terancam tidak lolos karena terlempar dari lima besar jelang laga pamungkas di babak kualifikasi.
  3.  Argentina terakhir kali tidak tampil di Piala Dunia pada tahun 1970.
  4. Prestasi tertinggi pernah diraih Argentina di dua kali penyelenggaraan Piala Dunia. Mereka pernah jadi juara Piala Dunia pada 1978 dan 1986.
  5. Bintang Argentina, Lionel Messi telah mencatatkan 15 pertandingan di Piala Dunia sejak tahun 2006.
  6. Koleksi gol Messi tergolong minim baru mencetak 5 gol pada Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014.

6. 6. Prediksi di Piala Dunia 2018

Lionel Messi (tengah) saat mendapat kepungan dari para pemain Timnas Peru.

Jika berkaca pada peforma di babak kualifikasi zona CONMEBOL sampai laga uji coba internasional, INDOSPORT memprediksikan Timnas Argentina bisa lolos dari fase grup D sebagai pemuncak grup, namun langkah pasukan Sampaoli akan terhenti di babak perempatfinal.

ArgentinaLionel MessiPiala Dunia 2018Bola InternasionalProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini