x

6 Tendangan Kalajengking yang Hebohkan Sepakbola Dunia

Kamis, 3 Mei 2018 16:48 WIB
Editor: Isman Fadil
Deretan pesepakbola lakukan scorpion kick.

Berbicara soal sepakbola memang tak ada habisnya. Sepakbola merupakan olahraga yang banyak digemari masyarakat dunia. Di dalam permainan olahraga ini hampir menggunakan 90% menggunakan tendangan, mulai dari mengoper bahkan untuk mencetak gol. Apabila Anda sering melihat pertandingan sepakbola di Televisi, maka Anda akan menemukan banyak sekali jenis tendangan.

Salah satu gaya tendangan yang kerap muncul di sepakbola modern adalah Scorpion Kick atau tendangan kalajengking. Aksi tendangan kalajengking dilakukan pemain dengan meliukkan tubuh sedemikian rupa sehingga bola disepak dengan tumit kaki. Persis seperti seekor kalajengking yang hendak menyengat lawan. Fungsinya bukan hanya menjebol gawang lawan melainkan juga menghalau bola.

Ada sejumlah pesepakbola yang pernah melakukan tendangan kalajengking. Berikut INDOSPORT mengumpulkan 6 tendangan kalajengking yang mengundang decak kagum penonton.

Baca Juga

1. 1. Rene Higuita

Rene Higuita

Tanggal 6 September 1995, Rene Higuita menjadi pemain pertama yang melakukan aksi tendangan kalajengking. Mantan kiper Real Valladolid asal Kolombia itu melakukan aksi penyelamatan nyentrik, dengan tendangan kalajengking saat Kolombia melakukan laga persahabatan melawan Inggris di London.

Tak pelak, caranya menyelamatkan gawang Kolombia mendapat predikat "gerakan terbaik dari sejarah sepakbola". Dalam wawancara dengan surat kabar Spanyol Mundo Deportivo pada 2012, Higuita mengatakan bahwa momen tersebut menjadi warisannya. 

"Manusia selalu dikenang karena karya besar mereka, dan apa yang saya lakukan itulah karya tersebut," ujarnya.

Rene Higuita memang terkenal dengan aksi-aksi anehnya, menggiring bola hingga tengah lapangan juga sering dia lakukan. Meski begitu kemampuan dasarnya sebagai seorang kiper juga jempolan, penyelamatan, tekel, hingga memotong umpan silang lawan adalah kekuatannya.  


2. 2. Matuzalem

Francelino Da Silva Matuzalem saat berseragam Shakhtar Donetsk.

Babak 16 besar Piala UEFA 2007 antara Shakhtar Donetsk melawan Sevilla  menghadirkan cerita menarik. Salah satunya adalah gol tendangan kalajengking yang dilakukan pemain Shakhtar, Matuzalem. Pemain asal Brasil itu membuka keunggulan timnya pada menit 49. Sayang golnya itu belum cukup membawa Shakhtar lolos ke babak perempatfinal Piala UEFA (sekarang Liga Europa).


3. 3. Rafael van der Vaart

Van Der Vaart sat memperkuat Tottenham Hotspurs

Pemain asal Belanda, Rafael van der Vaart pernah mencetak gol kalajengking di Liga Belanda. Saat itu, Van der Vaart masih membela Ajax Amsterdam saat menghadapi Feyenoord Rotterdam pada tahun 2003.

Dengan bantuan rekan setimnya yang mengirimkan umpan lambung dari sisi kiri lapangan, Van der Vaart langsung menerima bola dengan gaya tendangan kalajengking.


4. 4. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic saat membela Timnas Swedia.

Ibrahimovic terkenal sebagai salah satu striker terbaik di dunia. Membela beberapa klub besar dan menjuarai kompetisi bergengsi sudah sering ia rasakan. 

Dan dalam urusan mencetak gol Ibrakadabra menjadi salah satu yang tersubur. Dari sekian banyak gol yang ia ciptakan ke gawang lawan, beberapa diantaranya tercipta dengan cara dan proses yang spektakuler. 

Salah satu yang terbaik adalah gol Scorpion Kick-nya ke gawang SC Bastia pada 2013 silam saat masih berseragam PSG. Pada pekan ke-10 Ligue 1 musim 2013/2014, PSG menjamu SC Bastia. Ibra yang bermain sebagai starting line-up  menunjukkan kelasnya sebagai striker. Menerima umpan dari Hervin Ongenda, Ibra yang berdiri di depan gawang dan diapit dua pemain Bastia, melakukan tendangan spektakuler dengan gaya kalajengking. 


5. 5. Henrikh Mkhitaryan

Tak ada selebrasi dari Mkhitaryan usai membobol gawang Man United yang merupakan mantan timnya.

Pada Liga Primer Inggris musim 2016/2017, Henrikh Mkhitaryan juga pernah mencetak gol dengan tendangan kalajengking. Saat itu, Mkhitaryan masih berseragam Manchester United.

Gol Mkhitaryan terjadi saat Setan Merah mengalahkan Sunderland dengan skor 3-1 di Old Trafford pada, Senin (26/12/16). Berawal dari sisi kanan Zlatan Ibrahimovic lantas mengirim crossing ke kotak penalti.

Di sana Mkhitaryan menyepak bola dengan menggunakan gaya kalajengking sambil menjatuhkan diri. Gol yang terjadi pada menit ke-86 itu membuatnya meraih penghargaan gol terbaik Liga Primer Inggris bulan Desember 2016.


6. 6. Olivier Giroud

Selebrasi Olivier Giroud usai bobol gawang Crystal Palace

Satu lagi gol kalajengking indah yang pernah tercipta dalam sebuah pertandingan sepakbola. Gol ini diciptakan penyerang asal Prancis, Olivier Giroud ke gawang Crystal Palace di ajang Liga Primer Inggris, Senin (01/01/17) dini hari WIB. Gol Giroud itu dinobatkan menjadi gol terbaik FIFA Puskas Award tahun 2017.

Zlatan IbrahimovicRafael van der VaartOlivier GiroudHenrikh MkhitaryanRene HiguitaBola Internasional

Berita Terkini