x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Uruguay

Kamis, 3 Mei 2018 13:46 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Skuat Timnas Uruguay.

Para pencinta sepakbola sejati pastinya sudah tidak sabar untuk menunggu tanggal 14 Juni 2018 mendatang.

Bagaimana tidak? Sebab pesta sepakbola paling bergengsi di planet bumi ini, yakni Piala Dunia telah dipastikan digelar di Rusia.

Rencananya kompetisi sepakbola empat tahunan ini akan digelar dari tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018 mendatang.

Setelah sebelumnya kami membahas Timnas Brasil dan Timnas Argentina, kini INDOSPORT siap membantu Anda untuk mengetahui profil dan juga beberapa prediksi mengenai Timnas Uruguay yang juga pastinya siap mewarnai Piala Dunia 2018.

Berikut ulasannya:

Baca Juga

1. 1. Perkiraan Daftar Pemain

Selebrasi para pemain Timnas Uruguay.

Seperti Piala Dunia sebelumnya, pada tahun ini setiap tim juga diwajibkan membawa 23 pemain, di mana 3 di antaranya dihuni oleh kiper.

Bukan tidak mungkin juga pada ajang Piala Dunia 2018 nanti, Timnas Uruguay akan membawa sejumlah pemain bintang mereka yang telah melambungkan namanya bersama klubnya masing-masing di pentas Eropa.

Berikut prediksi INDOSPORT terkait 23 pemain yang besar kemungkinan bermain bagi Timnas Uruguay di Rusia nanti:

Kiper: Fernando Muslera, Martin Campana, Martin Silva

Lini Belakang: Jose Gimenez, Diego Godin, Sebastian Coates, Gaston Silva, Guillermo Varela, Maxi Pereira

Lini Tengah: Lucas Torreira, Matias Vecino, Federico Valverde, Nahitan Nandez, Carlos Sanchez, Diego Laxalt, Cristian Rodriguez, Gaston Ramirez, Giorgian De Arrascaeta

Lini Depan: Luis Suarez, Max Gomez, Edinson Cavani, Christian Stuani


2. 2. Perkiraan Starting Line Up

Starting Timnas Uruguay DP Russia 2018.

Dalam pertandingan Timnas Uruguay melawan Timnas Wales, pelatih mereka, Oscar Tabarez mengusung formasi 4-4-2.

Taktik tersebut terbukti berjalan dengan baik, sehingga bukan tidak mungkin ia akan kembali menggunakan formasi yang sama di ajang Piala Dunia 2018 nanti.

Kiper (Fernando Muslera)

Untuk posisi kiper utama di Timnas Uruguay tentunya masih dipercayakan kepada Fernando Muslera yang memang permainannya lebih impresif jika dibandingkan dengan Campana dan Silva.

Faktor pengalaman yang dimiliki oleh kiper Galatasaray itu tampaknya menjadi nilai plus bagi Tabarez untuk mempercayakannya sebagai kiper utama.

Pemain bertahan (Laxalt, Gimenez, Godin, Varela)

Untuk posisi empat pemain bertahan, tampaknya Tabarez tetap memercayakan kepada Diego Laxalt di posisi bek kiri. Meski sejatinya ia merupakan seorang gelandang serang, namun Laxalt dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Di posisi bek tengah duet Jose Gimenez dan Diego Godin masih belum tergantikan, mengingat keduanya dapat bekerja sama dengan baik.

Sementara pada posisi bek kanan dipercayakan kepada Guillermo Varela yang juga tampil cukup memuaskan saat melawan Wales.

Pemain Tengah (C. Rodriguez, Vechno, Valverde, Nandez)

Pada lini tengah, kepiawaian Cristian Rodriguez di sayap kiri dan juga Nahitan Nandez di sayap kanan dipercaya dapat menjadi motor serangan yang baik di kompetisi nanti.

Sementara posisi pusat untuk menyeimbangkan permainan sekaligus mengatur serangan besar kemungkinan akan dihuni oleh pemain Inter Milan, Matias Vecino dan playmaker muda berbakat, Federico Valverde.

Valverde tampaknya akan menggantikan peranan dari Rodrigo Bentancur yang sempat tampil kurang konsisten saat membela Juventus, terutama saat melawan Real Madrid di babak perempatfinal Liga Champions 2017/18 beberapa waktu lalu.

Pemain Depan (Suarez dan Cavani)

Tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi dua striker tajam Timnas Uruguay, Luis Suarez dan Edinson Cavani untuk mengisi lini depan.

Ketajaman Suarez bersama Barcelona dan juga keganasan Cavani bersama Paris Saint-Germain (PSG) di musim ini sudah menjadi bukti yang cukup kuat.

Suarez mampu mencetak 29 gol dan 15 assists dalam 47 pertandingan di seluruh kompetisi yang ia mainkan bersama Barcelona.

Sementara Cavani tak kalah hebat dengan mengemas 38 gol dan 12 assists dari 46 pertandingan yang ia lakoni bersama PSG.

Jumlah gol keduanya masih bisa bertambah, mengingat musim 2017/18 ini belum benar-benar berakhir.


3. 3. Player to Watch

Edinson Cavani, striker Timnas Uruguay.

Tak dapat dipungkiri mungkin kebanyakan penggemar sepakbola lebih mengetahui sosok Luis Suarez yang tampil bersama Barcelona daripada Edinson Cavani bersama PSG.

Hal itu tidak mengherankan karena nama besar Barcelona memang lebih terkenal jika dibandingkan dengan PSG di planet Bumi ini.

Kendati demikian, perlu diketahui jika torehan gol yang dikemas oleh Cavani pada musim ini jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan Suarez.

Terlebih, Cavani juga pada musim ini berhasil mencatatkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak PSG dengan raihan 168 gol.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, Suarez memang masih menjadi pemain tersubur Timnas Uruguay dengan  torehan 49 gol, sementara Cavani baru mencatatkan 40 gol.

Bukan tidak mungkin pada Piala Dunia nanti penyerang berambut gondrong ini namanya akan lebih mentereng jika dibandingkan dengan Suarez.


4. 4. Rising Star

Pemain Real Madrid yang dipinjamkan ke Deportivo La Coruna, Federico Valverde

Setiap timnas, pastinya mempunyai pemain muda berbakat yang akan menjadi sorotan atau paling tidak dibawa sebagai calon bintang masa depan mereka.

Sama halnya dengan Timnas Uruguay, besar kemungkinan mereka akan mendatangkan playmaker yang masih berusia 19 tahun, Federico Valverde.

Pemain milik Real Madrid tersebut musim ini dipinjamkan ke Deportivo La Coruna dan bukan tidak mungkin pada musim depan ia akan masuk dalam skuat Los Blancos.

Tidak hanya dapat berperan sebagai playmaker, Valverde juga dapat berperan sebagai gelandang bertahan untuk menyeimbangkan permainan tim. Tentu menarik untuk dinanti permainan dari Valverde di Piala Dunia 2018 mendatang.


5. 5. Fakta Menarik Timnas Uruguay

Timnas Uruguay.

Dari 20 kesempatan Piala Dunia yang telah digelar, Timnas Uruguay berpartisipasi sebanyak 12 kali, yakni di tahun 1930, 1950, 1954, 1962, 1966, 1970, 1974, 1986, 1990, 2002, 2010, dan 2014.

Prestasi terbaik Timnas Uruguay di ajang Piala Dunia adalah menjadi juara dua kali di tahun 1930 dan 1950.

Prestasi terakhir terbaik Timnas Uruguay adalah menempat posisi keempat di Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan.

Penampilan pemain Timnas Uruguay di Piala Dunia masih dipegang oleh legenda mereka, Alm. Ladislao Mazurkiewicz dengan torehan sebanyak 13 pertandingan.

Pemain yang bisa menyamakan atau menyusul torehan dari Ladislao adalah Fernando Muslera yang saat ini sudah mencatatkan 11 penampilan, diikuti oleh Edinson Cavani dan Maxi Pereira yang sama-sama mencatatkan 10 penampilan.

Pencetak gol terbanyak Timnas Uruguay di Piala Dunia saat ini dipegang oleh Oscar Miguez dengan torehan 8 gol.

Pemain yang bisa mengejar torehan gol tersebut adalah Luis Suarez yang sudah mencetak 5 gol di ajang Piala Dunia.


6. 6. Prediksi Langkah Timnas Uruguay

Timnas Uruguay saat sedang latihan.

Di Piala Dunia 2018 nanti, Timnas Uruguay tergabung di Grup A bersama tuan rumah Rusia, Arab Saudi, dan juga Mesir.

Jika melihat di atas kertas, jelas Timnas Uruguay jauh lebih diunggulkan jika dibandingkan dengan pesaing lainnya.

Bukan tidak mungkin jika Edinson Cavani cs dapat melaju ke babak 16 besar di Piala Dunia 2018 nanti.

Jika sudah berhasil lolos ke babak 16 besar, maka tantangan Timnas Uruguay akan lebih berat, karena mereka berpotensi menghadapi dua klub raksasa Eropa dari Grup B, yakni Timnas Spanyol dan Timnas Portugal.

Peluang untuk lolos ke babak 8 besar tetap ada, namun untuk mendapatkan tempat di babak 16 besar, Timnas Uruguay dipercaya bisa mendapatkan posisi tersebut.

UruguayPiala Dunia 2018Bola InternasionalProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini