x

Messi Tidak Perlu Juara Piala Dunia untuk Diakui sebagai Pemain Terhebat

Jumat, 4 Mei 2018 14:56 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak

Banyak penggemar sepakbola percaya Lionel Messi harus memenangkan Piala Dunia 2018 untuk mengukuhkan keperkasaannya, tetapi mantan pelatih Timnas Argentina, Cesar Luis Menotti mengklaim bahwa pemain No.10 tersebut tidak perlu mengejar juara.

Baca Juga

Menotti menyatakan Messi tidak perlu berambisi mengejar gelar Piala Dunia untuk bisa diakui sebagai pemain terhebat di dunia karena dialah salah satunya saat ini yang terbaik, demikian Marca melaporkan.

Argentina telah memenangkan Piala Dunia dua kali pada tahun 1978 dan 1986 dan telah menjadi runner up tiga kali pada tahun 1930, 1990 dan 2014.

Messi yang akan membuat penampilan keempatnya di Piala Dunia 2018 di Rusia nanti sangat ingin memenangkan gelar setelah kalah di final dari Jerman di Piala Dunia edisi terakhir.


1. Tidak Perlu Jadi Juara

Cesar Luis Menotti, mantan pelatih Timnas Argentina.

Menotti menjelaskan bahwa Argentina memang membutuhkan Messi untuk membantu tim, namun striker Barcelona itu tidak perlu membuktikan kepada dunia bahwa dia adalah yang terbaik.

"Saya tidak merasa dia membutuhkan Piala Dunia untuk menjadi salah satu pemain sepakbola terbaik dalam sejarah,” katanya dalam wawancara dengan TNT Sports  untuk program ‘Estadio TNT Mundial'.

"Dia sudah ada di sana (pesepakbola terbaik), itu sudah diakui,” lanjut Menotti.


2. Contoh dari Pemain Senior

Alfredo Di Stefano dan jejeran trofi juara Eropa.

Pria yang membawa Argentina meraih Piala Dunia 1978 itu menyarankan agar Messi dapat mencontoh seniornya di Timnas Argentina, Alfredo Di Stefano.

"Di Stefano tidak memenangkan Piala Dunia dan begitu pula Omar Sivori. Saya berharap dia menang, tetapi sejarahnya mereka telah mencatatkan 20 gelar, belum lagi torehan golnya," kata Menotti.


3. Piala Dunia Terakhir Messi

Lionel Messi saat memperkuat Argentina.

Pemenang Ballon d'Or 5 kali ini kehilangan kesempatan menjadi juara di Piala Dunia FIFA 2014 yang digelar di Brasil. Tidak heran ia pernah menyatakan jika dirinya harus memenangkan Piala Dunia kali ini.

"Sekarang atau tidak sama sekali bagi kami untuk memenangkan Piala Dunia, " kata Messi saat itu.

Pernyataan dari Messi tersebut bukannya tanpa alasan. Sebab, bukan tidak mungkin Piala Dunia kali ini merupakan yang terakhir baginya, mengingat saat ini Messi sudah berusia 30, di mana masa produktivitasnya tentu akan berkurang jika harus menunggu Piala Dunia 2022 mendatang.

ArgentinaLionel MessiAlfredo Di StefanoPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini