x

Peringkat ke-7, Kenapa Burnley Bisa Lolos ke Liga Europa Musim Depan?

Minggu, 6 Mei 2018 10:00 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

Seperti yang diketahui, setiap negara memiliki jatah masing-masing untuk bisa mengikutsertakan klub-klubnya ke kompetisi Eropa, baik itu Liga Champions atau Liga Europa.

Untuk Liga Champions, musim depan akan ada format terbaru yaitu liga sebesar Liga Primer Inggris akan memiliki 4 tim sekaligus yang lolos ke fase grup. Sementara Liga Europa belum ada perubahan, yaitu peringkat kelima dengan juara Piala FA dan Piala Carling (Carabaou Cup).

Baca Juga

1. Burnley Lolos Liga Europa?

Sean Dyche dan para pemain Burnley

Yang mengejutkan saat ini adalah kabar bahwa Burnley sudah memastikan satu tiket untuk bisa berlaga di Liga Europa musim 2018/19. Kabar ini tentunya sedikit membingungkan, dengan melihat posisi Burnley sekarang, yaitu bertengger di urutan ke-7.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Burnley memastikan satu tempat di kompetisi Eropa musim depan usai hasil imbang Everton yang berada di bawahnya, saat menghadapi Southampton, Sabtu (05/05/18) kemarin malam.

Everton dipastikan tidak dapat mengejar perbedaan 5 poin untuk menggeser Burnley karena hanya punya satu laga tersisa.


2. Peraturan FA untuk Lolos ke Liga Europa

Trofi Liga Europa.

Sebenarnya, untuk jatah tiket ke Liga Europa sendiri, sudah diatur sedemikian rupa oleh organisasi sepakbola Inggris (FA).

Berikut penilaian normal untuk tim lolos ke Liga Europa, yang dilansir dari situs resmi EPL, premierleague.com.


3. Ada Perubahan Peraturan, Jika...

Liga Europa.

Ada perubahan setiap musimnya, termasuk musim 2017/18 dimana juara Piala FA dan Piala Liga merupakan tim yang berada di peringkat lima besar.

Ternyata perubahan ini yang membuat Burnley yang berada di peringkat ke-7 bisa lolos ke Liga Europa.


4. Ya, Burnley Main di Liga Europa

Selebrasi gol para pemain Burnley

Melihat penjelasan di atas, otomatis, Burnley memang berhak mendapat jatah tiket ke Liga Europa, meskipun mereka harus memulainya dari babak kualifikasi ronde ke-3.

Hal ini dikarenakan juara Piala FA masih akan ditentukan oleh Manchester United dan Chelsea pada tanggal 19 Mei 2018 mendatang. Kedua tim berada di peringkat lima besar saat ini. 

Sementara jawara dari Piala Liga (Carabao Cup), yang adalah Manchester City. Man City sendiri merupakan juara Liga Primer Inggris musim ini, dan otomatis akan bermain di Liga Champions musim depan.

Liga EuropaBurnleyLiga Primer InggrisSean Dyche

Berita Terkini