x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Portugal

Minggu, 6 Mei 2018 13:26 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Profil Timnas Portugal di Piala Dunia 2018.

Pembukaan kejuaraan sepakbola termegah di dunia, Piala Dunia 2018, tinggal menghitung hari lagi. Nantinya, sebanyak 32 tim dari lima konfederasi akan saling 'baku hantam' dengan menunjukkan kualitasnya di atas lapangan.

Nantinya, laga pembuka Piala Dunia 2018 akan dilaksanakan di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia pada tanggal 14 Juni waktu setempat. Sebagai tuan rumah, Rusia akan bertanding terlebih dahulu dari Grup A dengan melawan wakil Asia, Arab Saudi.

Piala Dunia 2018 di Rusia ini merupakan ajang Piala Dunia yang ke-21 dalam sejarahnya. Pertama kali dimulai pada tahun 1930 di Uruguay, terdapat beberapa negara yang pernah menjuarai kejuaraan ini.

Timnas Brasil masih menjadi yang terbaik dengan meraih lima kali gelar juara Piala Dunia. Dan pada edisi Piala Dunia 2018 ini, tim berjuluk Canarinho itu diprediksi kuat oleh para pencinta sepakbola dunia untuk dapat menjadi yang terkuat di Rusia nanti.

Baca Juga

Tak mengherankan, memang, mengingat setiap lini yang dimiliki oleh Timnas Brasil sangatlah bagus dan merupakan bintang di klubnya masing-masing. Namun bola tetaplah bundar. Tidak ada yang dapat memprediksi tim mana nantinya yang akan memenangkan gelar juara di Rusia.

Terlebih jika kita melihat lawan-lawannya nanti, seperti sang jawara bertahan Jerman yang masih menakutkan untuk siapapun yang menjadi lawannya. Atau Spanyol yang memiliki permainan khas tiki-taka yang kerap merepotkan lawannya.

Dan juga jangan pernah lupakan jawara Euro 2016, Portugal, yang disinyalir akan menggunakan para pemain mudanya untuk unjuk gigi di depan jutaan pasang mata di dunia nantinya.

Cristiano Ronaldo dari Portugal (tengah) mengangkat trofi Euro 2016.

Ya, Timnas Portugal secara mengejutkan berhasil menjuarai Euro 2016, dengan mengalahkan Timnas Prancis yang berstatus sebagai unggulan dan tuan rumah kala itu. Dengan status yang mereka sandang saat ini, membuat tim berjuluk The Selecao itu akan tampil dengan penuh percaya diri.

Sejarah Portugal di kancah Piala Dunia sendiri tidaklah terlalu bagus. Di sepanjang keikutsertaan mereka selama ini, Portugal hanya mampu meraih dua kali semifinal, dengan meraih tim terbaik ketiga di tahun 1966 dan terbaik keempat di tahun 2006.

Namun seperti yang kita lihat saat ini. Portugal telah melakukan beberapa kali perombakan pelatih dan jajaran stafnya. Mereka pun kini memiliki sang megabintang, Cristiano Ronaldo. Puncaknya adalah dengan menjuarai Euro 2016 lalu.

Sembari menghangatkan euforia jelang dibukanya Piala Dunia 2018, berikut ini INDOSPORT merangkum profil Timnas Portugal, yang diprediksi akan menjadi salah satu lawan kuat di kejuaraan ini.


1. Perkiraan Daftar Pemain

Skuat Timnas Portugal di babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Sudah dapat dipastikan, dalam susunan pemain yang akan dibawa oleh Fernando Santos nantinya aka nada megabintang Real Madrid sekaligus Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Penyerang sayap berusia 33 tahun itu juga disinyalir akan menjadi kapten tim nantinya.

Selain itu, terdapat pula bintang-bintang muda yang kini kian tenar bersama klubnya masing-masing seperti Bernardo Silva di Manchester City, Joao Cancelo di Inter Milan, Goncalo Guedes di Valencia, Andre Gomes dan Nelson Semedo di Barcelona, Gelson Martins di Sporting Lisbon, dan Andre Silva di AC Milan.

Jangan dilupakan juga para pemain senior yang kenyang pengalaman, seperti Ricardo Quaresma, Joao Moutinho, Jose Fonte, Adrien Silva, Rui Patricio, Nani, hingga Pepe sekalipun.

Kiper: Anthony Lopes, Rui Patricio, Beto.

Bek: Jose Fonte, Pepe, Nelson Semedo, Joao Cancelo, Mario Rui, Vitorino Antunes.

Tengah: Joao Moutinho, Bernardo Silva, Andre Gomes, Gelson Martins, Adrien Silva, Danilo Pereira, Joao Mario, William Carvalho.

Penyerang: Cristiano Ronaldo, Ricardo Quaresma, Eder, Andre Silva, Goncalo Guedes, Nani.


2. Perkiraan Starting XI

Prediksi Starting Timnas Portugal di Piala Dunia Rusia 2018.

Di Piala Dunia 2018 nanti, pelatih Fernando Santos diprediksi akan menggunakan formasi 4-4-2 dengan mengandalkan Cristiano Ronaldo serta Andre Silva di lini depan. Formasi ini sejatinya telah sering diterapkannya dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Pepe dan Jose Fonte diprediksi akan mengisi lini belakang. Meskipun sudah bukan di usia yang muda, pengalaman yang mereka miliki akan sangat bermanfaat dalam menjaga lini belakang Portugal. Itu terbukti dengan membawa negaranya lolos kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Sementara di lini tengah akan dipercayakan kepada bintang Manchester City, Bernardo Silva, dan sayap andalan Valencia, Goncalo Guedes. Keduanya disinyalir akan memanjakan Ronaldo dan Andre Silva dengan kreatifitas serangan yang dimilikinya.

Formasi: 4-4-2

Kiper: Rui Patricio

Bek (ki-ka): Vitorino Antunes, Pepe, Jose Fonte, Joao Cancelo

Tengah (ki-ka): Goncalo Guedes, Adrien Silva, Andre Gomes, Bernardo Silva

Depan (ki-ka): Andre Silva, Cristiano Ronaldo


3. Player to Watch & Rising Star

Andre Silva dan Cristiano Ronaldo

Dalam pagelaran Piala Dunia 2018 kali ini, tentu pemain yang perlu diperhatikan dari Timnas Portugal adalah sang megabintang peraih lima Ballon d’Or, Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo.

Meskipun Portugal mampu menunjukkan taji tanpa Ronaldo saat ,mengalahkan Prancis di final Euro 2016 lalu, tapi mental dan semangat Ronaldo di pinggir lapangan menjadi bukti bahwa dirinya merupakan sosok menonjol serta kapten yang layak dalam tubuh tim.

Sementara ajang ini dapat dimanfaatkan oleh Andre Silva untuk menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang muda dan masa depan Timnas Portugal nantinya. Pemain berusia 22 tahun ini tengah mengalami masa sulit di AC Milan dengan minim gol yang ia ciptakan.

Andre Silva di Timnas Portugal.

Namun, hal tersebut tidak membuat masa depannya suram. Dirinya masih muda dan dapat menunjukkan tajinya seperti saat masih membela Porto dahulu.


4. Fakta-fakta Unik dan Menarik

Skuat Timnas Portugal di babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

5. Prediksi Piala Dunia 2018

Skuat Timnas Portugal di babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Bila melihat komposisi pemain yang ada saat ini, Portugal sejatinya layak untuk terus melangkah hingga perempatfinal. Keberuntungan akan membawa Ronaldo dkk hingga partai semifinal, meskipun dinilai sulit mengingat banyak tim-tim lain yang tengah kuat-kuatnya seperti Jerman, Brasil, Spanyol, serta Prancis.

Cristiano RonaldoPortugalPiala DuniaPiala Dunia 2018Bola InternasionalAndre SilvaProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini