x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Jerman

Senin, 7 Mei 2018 18:59 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Timnas Jerman PD 2018.

Membicarakan gelaran Piala Dunia tanpa membicarakan sang juara bertahan, Timnas Jerman, kurang lengkap rasanya. Selain karena berstatus juara bertahan, kiprah Timnas Jerman juga selalu dinanti para pecinta sepakbola karena sering menampilkan permainan cantik serta skor mencolok saat bertanding. 

Terlebih lagi, Jerman datang ke Rusia dengan modal juara Piala Konfederasi 2017 dan penampilan apik di babak kualifikasi. 

Baca Juga

Dengan status sebagai juara bertahan dan juara Piala Konfederasi, Der Panzer menjadi salah satu kandidat kuat peraih trofi emas Piala Dunia 2018. 

Sebelum menyaksikan permainan cantik dan kiprah Timnas Jerman di Piala Dunia 2018, INDOSPORT terlebih dahulu akan menyajikan profil Timnas Jerman. Mulai dari perkiraan pemain, starting XI, dan juga pemain yang diprediksi akan bersinar bersama Der Panzer.


1. 1. Perkiraan Daftar Pemain

Timnas Jerman.

Dengan talenta sepakbola melimpah, dan menghiasi liga-liga Elite terutama di Eropa, memang cukup sulit untuk Joachim Low sang arsitek untuk memilih pemain. Apalagi, dalam dua tahun belakangan ini banyak sekali talenta muda yang bermunculan serta menjadi pilihan utama di beberapa klub. 

Namun, melihat preferensi strategi serta beberapa laga terakhir yang dilakoni Der Panzer, INDOSPORT akan memberikan perkiraan daftar pemain yang akan dibawa Joachim Low ke Rusia bulan Juni nanti. 

Kiper: Manuel Neuer, Marc-Andre ter Stegen, Kevin Trapp

Bek: Jerome Boateng, Mats Hummels, Jonas Hector, Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Niklas Sule, Matthias Ginter, Shkodran Mustafi.

Gelandang: Toni Kroos, Sami Khedira, Julian Draxler, Ilkay Gundogan, Leon Goretzka, Mesut Ozil, Leroy Sane, Mario Gotze.

Penyerang: Mario Gomez, Timo Werner, Thomas Muller, Lars Stindl. 


2. 2. Perkiraan Starting Line Up

Starting Timnas Jerman Piala Dunia 2018.

Formasi 4-2-3-1 sudah menjadi pake utama dan menjadi andalan Timnas Jerman sejak dipegang oleh Joachim Low. Dengan formasi itu, Joachim Low bisa memanfaatkan kreatifitas lini tengah serta memasang seorang target man atau false nine di depan tergantung lawan yang dihadapi. 

Kiper: Manuel Neuer

Meski dalam beberapa uji coba terakhir Neuer tak diturunkan karena cedera, namun pada Piala Dunia 2018 nanti diperkirakan ia tetap akan menjadi penjaga gawang utama. Banyak faktor yang mendukung bahwa Neuer akan menjadi penjaga gawang utama Der Panzer di Piala Dunia 2018. 

Salah satunya adalah kematangan dan statusnya sebagai kapten. Selain itu, kemampuan dan penyelamatan-penyelamatan gemilangnya sudah barang tentu menjadi senjata utama. 

Pemain Belakang: Kimmich, Hummels, Rudiger, Hector. 

Empat nama di atas menjadi kombinasi yang tepat untuk Timnas Jerman di lini belakang. Selain  empat pemain itu merupakan para pemain utama di klubnya masing-masing, kombinasi tersebut sangat cocok untuk bertahan maupun menyerang. 

Pemain Tengah: Kroos, Gundogan, Goretzka, Ozil, Sane. 

Sama seperti lini belakang, kombinasi lini tengah Der Panzer sangat merata. Kombinasi ini juga memberikan keleluasaan bagi para pemain itu untuk berkreasi. Pemain seperti Ozil, Goretzka dan Sane bisa leluasa untuk menyerang. 

Karena di belakang mereka ada nama Toni Kroos dan Ilkay Gundogan yang memiliki kemampuan lengkap sebagai pengalir bola serta pemutus serangan lawan. 

Pemain Depan: Mario Gomez

Seperti sudah disinggung di atas pilihan pemain depan Timnas Jerman dengan skema 4-2-3-1 bisa berubah tergantung situasi yang dihadapi. Jika sedang menggunakan strategi false nine, nama seperti Muller atau Gotze bisa dikedepankan. 

Namun jika sedang memasang strategi satu target man, maka nama Mario Gomez akan menjadi pilihan utama. Karena fisik tinggi besar khas Bangsa Arya, serta kematangannya sebagai striker Gomez menjadi kandidat terdepan. Jika Gomez kesulitan, masih ada nama Timo Werner yang siap menggantikan. 


3. 3. Player to Watch

Timo Werner kala memperkuat Timnas Jerman.

Timo Werner

Kemampuan Timo Werner sudah tak perlu diragukan lagi. Penyerang bertinggi 181cm itu sudah menjadi andalan bagi RB Leipzig disemua ajang musim ini. 

Werner sudah mencetak 18 gol dan membuat 7 assists dari 37 penampilannya bersama Leipzig. Untuk di Timnas Jerman sendiri, dari 10 penampilannya ia terbilang produktif karena sudah mencetak 7 gol. 3 gol diantaranya ia buat di ajang Piala Konfederasi 2017 lalu.

Werner bisa menjadi salah satu senjata rahasia bagi Joachim Low, terutama jika Mario Gomez mengalami kebuntuan di lini depan. 


4. 4. Rising Star

Para pemain Timnas Jerman berselebrasi usai Leon Goretzka mencetak gol.

Leon Goretzka

Namanya pasti sudah tak asing lagi bagi para pecinta sepakbola. Karena permainan bagusnya di Piala Konfederasi 2017 dimana ia menjadi top skor, Goretzka menjadi buruan sejumlah klub besar di dunia. 

Performanya bersama Schalke juga cukup baik, dari 21 penampilannya musim ini ia sudah mencetak 4 gol dan 4 assists. Pemain ini akan menjadi nyawa baru di lini tengah Jerman yang kelak akan menggantikan peran para seniornya di masa mendatang. 


5. 5. Fakta Menarik Timnas Jerman

Toni Kroos menjadi model jersey anyar Timnas Jerman untuk Piala Dunia Rusia 2018.

- Jerman sudah mengikuti Piala Dunia sebanyak 18 kali. 

- Dari 18 kali keikutsertaan di Piala Dunia, Timnas Jerman sudah mengangkat trofi sebanyak 4 kali yaitu pada tahun 1954, 1974, 1990, dan 2014. 

- Timnas Jerman juga 4 kali menjadi runner up, dan 4 kali menjadi peringkat ketiga. 

- Dari catatan 4 kali juara, 4 kali runner up, dan 4 kali peringkat ketiga itulah Jerman semakin menahbiskan diri menjadi tim spesialis turnamen. 

- Miroslav Klose menjadi top skor sepanjang masa Piala Dunia dengan 16 gol. 5 gol ia cetak di Piala Dunia 2002, 5 gol di Piala Dunia 2006, 4 gol di Piala Dunia 2010, dan 2 gol di Piala Dunia 2014.


6. 6. Prediksi Langkah Jerman

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Low.

Seperti sudah dibahas di atas bahwa Timnas Jerman merupakan tim spesialis turnamen. Maka setidaknya Jerman akan mencapai babak semifinal di Piala Dunia 2018. Apalagi di 4 Piala Dunia terakhir, Jerman selalu lolos ke babak semifinal. 

Apalagi di Piala Dunia 2018, Jerman satu grup dengan Mexico, Swedia, dan Korea Selatan yang levelnya ada di bawah Der Panzer.

JermanJoachim LowPiala DuniaPiala Dunia 2018Bola InternasionalTimo WernerProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini