x

Tak Cuma di Persija, 3 Blunder Ini Pernah Dilakukan Maman Abdurrahman

Rabu, 9 Mei 2018 05:06 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Gerry Crisandy

Persija Jakarta harus tertunduk lesu usai kalah 2-3 dari tuan rumah Home United pada leg pertama babak semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 di Jalan Besar Stadium, Selasa (08/05/18) malam.

Pertandingan sendiri berlangsung dengan tak terduga. Sebab pada menit ke-2 bek andalan Persija Jakarta Maman Abdurrahman melakukan blunder yang salah mengantisipasi umpan silang pemain sayap Home United.

Keunggulan Home United terus bertambah usai gol Song UI-Young (9') dan Hafiz Nor (79'). Sedangkan Persija Jakarta membalas lewat dwigol Ramdani Lestaluhu (32', 49').

Laga ini menjadi membuat Maman Abdurrahman mendapat sorotan tajam dari pencinta sepakbola. Sebab performa yang ditunjukan juga kurang maksimal, usai beberapa kali membuat kesalahan (eror) yang tidak perlu.

Baca Juga

Oleh karena itu INDOSPORT coba memberikan gambaran kalau Maman Aabdurrahman kerap melakukan blunder. Bahkan terdapat tiga gol bunuh diri yang pernah dilakukannya.


1. Blunder Indonesia Selection

Maman Abdurrahman

Jika masih ingat kala Tim Nasional Islandia melawan Indonesia Selection pada Januari 2018 lalu. Maman Abdurrahman juga melakukan blunder dalam laga yang berkesudahan 6-0 untuk Islandia ini.

Bermula di menit ke-30, gol pertama Islandia berasal dari blunder Maman Abdurrahman yang salah mengantisipasi umpan silang Albert Gudmundsson. Bola tersebut mengarah ke gawang Rivky Mokodompit.

Sang kiper mampu menghalau bola eror dari Maman itu. Tetapi malah jatuh ke hadapan Bjarnasson dan dengan mudah menceploskan bola tersebut ke jala Indonesia Selection.


2. Lawan Persegres Gresik United

Bek tengah Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, memberikan tanggapan dalam konferensi pers jelang menghadapi Persib Bandung.

Pada ajang Indonesia Soccer Championship (ISC), Maman Abdurrahman juga pernah melakukan blunder. Hal itu terjadi kala Persija Jakarta bertamu ke kandang Persegres Gresik United di Stadion Petrokimia Gresik, 2016 lalu.

Blunder yang dilakukan Maman juga terjadi pada menit ke-2. Saat itu sepakan kaki kanan pemain Persegres Gresik United M. Rifki membentur kepala Maman Abdurrahman sebelum akhirnya meluncur ke gawang Persija Jakarta.

Skor akhir sendiri pada laga tersebut adalah imbang 2-2. Gol yang dicetak oleh Persegres melalui Maman Abdurrahman (OG 2') dan Oh In-Kyun (83'). Sedangkan Persija Jakarta membalasnya lewat gol Gunawan Dwi Cahyo (8', 73').


3. Saat Membela Persib

Maman Abdurrahman kala masih membela Persib Bandung.

Saat masih membela Persib Bandung pada 2012 lalu, Maman Abdurrahman juga melakukan blunder. Hal itu terjadi kala melawan Pelita Jaya di Stadion Singaperbangsa, Karawang.

Kejadian bermula kala Maman Abdurrahman melakukan blunder di kotak terlarang. Berniat mengehalau bola dengan kepalanya, Maman malah melakukan handball. Wasit langsung menunjuk titik putih dan pemain Pelita sukses mengeksekusi bola tersebut.

Akan tetapi Maman bisa bernafas lega. Sebab di laga tersebut Persib Bandung berhasil menang tipis 2-1 usai sundulan Abanda Herman tak dapat dibendung kiper Pelita Jaya.

Persija JakartaIndonesiaMaman AbdurrahmanLiga IndonesiaHome United

Berita Terkini