x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Belgia

Kamis, 10 Mei 2018 16:21 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Sepakbola Belgia PD 2018

Belgia menjadi salah satu kekuatan baru di sepakbola dunia. Setelah lama menjadi tim 'penggembira' di kejuaraan seperti Piala Dunia dan Piala Eropa, dalam enam tahun terakhir mereka berhasil menjelma menjadi tim yang disegani di dunia. 

Sejatinya Timnas Belgia cukup sering masuk Piala Dunia. Tercatat, Belgia sudah 12 kali masuk ke kejuaraan empat tahunan itu. Namun, mereka lebih sering terhenti di babak grup atau ronde satu. Walau begitu, mereka sempat tercatat sebagai semifinalis di tahun 1986. 

Kini, setelah lepas dari bayang-bayang kedigdayaan Belanda, Belgia perlahan mulai dimasukan ke dalam tim unggulan di setiap turnamen. Di Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016, Timnas Belgia dipertimbangkan sebagai tim kandidat juara. Bahkan, di Piala Dunia 2014, mereka bisa tembus perempatfinal sebelum dihentikan oleh Argentina. 

Dalam ranking FIFA, peringkat Belgia juga selalu konsisten di 10 besar. Bahkan, dari daftar peringkat FIFA terakhir bulan April 2018, Timnas Belgia ada di posisi tiga di bawah juara dunia Jerman (satu) dan Brasil (dua). Tentunya ini sebuah prestasi luar biasa yang bahkan tidak bisa disamai oleh Belanda dalam beberapa dekade terakhir. Belgia berhasil melangkahi negara-negara yang terkenal kuat dalam sepakbola seperti Argentina, Spanyol, Inggris, hingga Italia. 

Kehebatan Belgia ini sejatinya tak terlepas dari angkatan emas yang sedang berjalan di dalam tim. Saat ini Belgia memiliki skuat yang bisa dibilang adalah yang terbaik dalam sejarah mereka. Hampir semua pemain inti Belgia merupakan bintang di klubnya masing-masing. Nama-nama seperti Eden Hazard (Chelsea), Ousman Dembele (Barcelona), Romelu Lukaku (Man United), hingga Kevin De Bruyne (Man City) merupakan bintang-bintang dunia yang mengisi skuat Timnas Belgia. Wajar rasanya jika prestasi tim melonjak dengan daftar pemain seperti ini. 

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Timnas Belgia, di bawah ini INDOSPORT akan menyajikan secara lebih mendalam perkiraan skuat, starting IX, dan juga pemain yang diprediksi akan bersinar di Timnas Belgia.

Baca Juga

1. Perkiraan Daftar Pemain

Dries Mertens (tengah) bersama Eden Hazard dan rekan setimnya di Timnas Belgia.


Seperti yang dibahas di atas, Timnas Belgia saat ini memiliki skuat yang sangat mumpuni dan merata. Selain Hazard, Dembele, Lukaku, dan De Bruyne, ada lagi nama-nama beken seperti Marouane Fellaini, Axel Witsel, Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Radja Nainggolan, Dries Martens, dan striker yang sedang naik daun, Michy Batshuayi, di dalam tim. 

Hal yang membuat publik Belgia patut berbahagia adalah, sebagian besar dari skuat saat ini berusia di bawah 30 tahun. Bahkan, banyak pemain kunci yang saat ini sedang berada di usia emas. Sebut saja Hazard (27 tahun) Lukaku (24 tahun), Batshuayi (24 tahun), dan tentu saja De Bryune (26 tahun). Dengan bekal skuat seperti ini, ekspektasi terhadap performa apik Belgia di Piala Dunia tentunya akan sangat tinggi.  

Berikut INDOSPORT berikan perkiraan daftar pemain yang akan dibawa pelatih Belgia, Roberto Martinez, ke Rusia bulan Juni nanti. 

Kiper: Simon Mignolet, Matz Sels, Koen Casteels, Thibaut Courtois

Bek: Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Laurent Ciman, Dedryck Boyata.

Gelandang: Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Marouane Fellaini, Radja Nainggolan, Mousa Dembélé, Youri Tielemans, Yannick Carrasco, Leander Dendoncker, Anthony Limbombe.

Penyerang: Romelu Lukaku, Eden Hazard, Kevin Mirallas, Dries Mertens, Thorgan Hazard, Divock Origi, Michy Batshuayi.


2. Perkiraan Starting Line-Up

Starting Timnas Belgia Piala Dunia Rusia 2018

Kiper: Thibaut Courtois

Meski di uji coba terakhir melawan Arab Saudi Courtois tidak bermain, sepertinya di Piala Dunia nanti Belgia masih akan mempercayakan gawangnya kepada kiper Chelsea ini. Banyak faktor yang mendukung Courtois untuk menjadi penjaga gawang utama Belgia di Piala Dunia 2018. 

Salah satu yang paling menonjol adalah pengalaman sang kiper yang sudah tak diragukan lagi. Di usia yang baru 25 tahun, ia sudah mencatatkan 55 caps bersama Timnas Belgia. Ia pun menjadi pilihan utama di klubnya saat ini, Chelsea. Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi Simon Mignolet di mana kiper Liverpool ini lebih sering dibangkucadangkan. Secara pengalaman internasional pun Mignolet masih kalah dari Courtois. 

Bek: Alderweireld, Kompany, Vertonghen

Tiga nama di atas menjadi andalan utama Timnas Belgia saat ini. Komposisi ini memadukan antara pengalaman dan strategi bertahan yang kerap diterapkan oleh Roberto Martinez. 

Walau tampil dengan tiga bek, Belgia mampu tampil dinamis dengan lancar mengalirkan bola ke lini tengah. Nama-nama seperti Vincent Kompany (Man City) dan Jan Vertonghen (Tottenham) tentunya tak perlu lagi diragukan. Kedua nama ini merupakan bek-bek berpengalaman dan yang terbaik di Liga Inggris. 

Gelandang: Meunier, De Bruyne, Witsel, Ferreira

Belgia memiliki banyak sekali pilihan menarik di lini tengah. Mulai dari yang berkarakter spartan hingga yang kerap tenang dalam menguasai bola. Untuk Piala Dunia nanti, kami memperkirakan nama-nama seperti Meunier, De Bruyne, Witsel, dan Ferreira akan menghuni skuat inti tim. 

walau begitu, tak menutup kemungkinan Belgia akan memasukan nama-nama berpengalaman seperti Radja Nainggolan dan Fellaini ke dalam starter tim. Namun, satu hal yang pasti, nama De Brunye tentunya hampir tak tergantikan di skuat inti Timnas Belgia mengingat penampilan apiknya bersama Man City musim ini.

Penyerang: Hazard, Lukaku, Mertens

Timnas Belgia memiliki fleksibilitas dalam formasi. Hal tersebut tak terlepas dari banyaknya pemain Belgia dengan karakter menyerang yang kuat. Untuk formasi kali ini, Hazard, Lukaku dan Martens bisa ditempatkan di depan dalam formasi 3-4-3. Formasi lini serang ini digunakan saat Belgia membantai Arab Saudi akhir Maret lalu. 

Namun, pelatih Roberto Martinez bisa bereksperimen dengan menempatkan posisi Hazard plus Mertens lebih ke belakang dan hanya menyisakan Lukaku di depan. 


3. Player To Watch

Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne

Kemampuan Kevin De Bruyne tentunya tak perlu diragukan lagi. Gelandang berusia 26 tahun milik Man city ini memiliki skill dan visi bermain yang mumpuni. Visi bermain yang apik ini ditunjukan dengan banyaknya assist-assist yang bisa ia ciptakan untuk rekannya di lini depan. Musim ini De Bruyne menjadi salah satu pemain Liga Inggris dengan akurasi umpan terbaik. 

De Bruyne pandai dalam memberikan umpan dan juga tekel-tekel di lapangan. Di Liga Inggris musim ini, De Bruyne mencatatkan lebih dari 1.500 umpan tepat sasaran. Dengan kemampuannya ini, De Bruyne menjadi pemain yang patut diwaspadadi oleh setiap lawan-lawan Belgia di Piala Dunia nanti. 


4. Rising Star

Michy Batshuayi

Setelah Eden Hazard dan Kevin De Bruyne tak lagi jadi bintang baru di lapangan hijau, maka sebutan rising star pantas diberikan pada Michy Batshuayi. Ada sejumlah nama seperti Ousman Dembele yang mungkin bisa menyandang status ini. Namun, Batshuayi dinilai lebih pantas lantaran penampilan konsisten dan mengejutkannya musim ini bersama Borussia Dortmund. 

Setelah dilepas Chelsea lantaran hanya menjadi pilihan kedua setelah Diego Costa, Batshuayi mendadak menjadi pengganti sempurna untuk Aubameyang di Dortmund. Pemain berusia 24 tahun ini mampu mencetak total 21 gol di segala kompetisi musim ini dengan rincian 12 gol bersama Chelsea, dan 9 gol bersama Dortmund. 


5. Fakta Menarik Timnas Belgia

Timnas Belgia

-Belgia menjadi klub pertama dari Eropa yang lolos ke putaran final Piala Dunia Rusia. 

-Piala Dunia Rusia 2018 akan menjadi Piala Dunia ke-13 untuk Timnas Belgia.

-Prestasi tertinggi Belgia di Piala Dunia adalah menjadi semifinalis di Piala Dunia 1986 setelah dikalahkan Argentina di babak semifinal.  

-Striker Manchester United, Romelu Lukaku (24 tahun), menjadi top skorer sepanjang masa Timnas Bellgia dengan 33 gol.

-Belgia mendapat julukan The Red Devils. Julukan ini merujuk pada warna kostum dan juga sebuah penamaan dari reporter Belanda di tahun 1905 yang menyebut tiga pemain Belgia saat itu 'Bermain sebagai Iblis' lantaran penampilan memukau mereka kala itu. 


6. Prediksi Langkah Belgia di Piala Dunia 2018

Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Seperti yang sudah dibahas di atas, Timnas Belgia adalah salah satu tim terbaik yang ada di turnamen Piala Dunia tahun ini. Dengan mempertimbangkan tiga hal, yaitu peringkat FIFA, kedalaman skuat, dan prestasi di dua gelaran sebelumnya, maka INDOSPORT memprediksi Belgia bisa lolos sampai ke babak semifinal di Piala Dunia kali ini. 

BelgiaEden HazardPiala DuniaRomelu LukakuPiala Dunia 2018Kevin De BruyneMichy BatshuayiBola InternasionalPiala Dunia 1986Profil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini