x

Cleat, Kecil Tapi Penting untuk Sepatu Pesepakbola Profesional

Jumat, 11 Mei 2018 06:53 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

Untuk para pesepakbola profesional, tentunya barang terpenting untuk mereka adalah sepatu sepakbola. Sepatu sepakbola ini berbeda dengan sepatu futsal yang biasanya memiliki alas karet.

Sedangkan sepatu sepakbola memiliki cleats atau bahasa gampangnya sol yang dibentuk sedemikian rupa untuk kenyamanan para pesepakbola yang berfungsi seperti halnya sol pada sepatu sneakers.

Baca Juga

1. Sejarah

Sepatu Sepakbola Pertama

Uniknya, yang diketahui mengenakan sepatu sepakbola selama pertandingan di tahun 1500-an awal adalah Raja Inggris, Raja Henry VIII. Sempat populer, sepatu sepakbola tidak lagi dipakai hingga Perang Dunia II usai. 

Hingga pada awal abad ke-19, cleats pertama diperkenalkan ke khalayak ramai. Hingga menarik banyak peminat di kalangan para pesepakbola, mulailah bermunculan perusahaan sepatu sepakbola, yang memanfaatkan momentum ini.

Tepatnya pada tahun 1977, sepatu kulit Adidas 'Kanguru' dijual ke para pesepakbola dan hasilnya mampu membuat pesepakbola mengontrol bola lebih baik. Namun kelemahannya adalah, sepatu ini tidak awet jika dipakai secara rutin.

Meski tidak awet, sejak saat Adidas 'Kanguru' itu diproduksi, Adidas mendominasi pasar untuk sepatu sepakbola. Hingga 10 tahun kemudian, muncul Puma yang ingin bersaing mematahkan dominasi Adidas. Tidak lama, Nike juga muncul dengan inovasi terbarunya, yaitu sepatu ultralight.


2. Tipe

Penampakan cleats indoor

Terdapat tiga jenis utama cleat pada sepatu sepakbola, yaitu indoor, rumput dan outdoor. Cleat indoor hampir mirip dengan sepatu tenis dan tidak memiliki 'paku' di bagian bawahnya, biasanya digunakan pada permukaan arena permainan keras.

Untuk cleat rumput, biasanya digunakan pada rumput sintetis dengan 'paku' yang biasanya berbahan karet. Tipe ini memberi sang pemain kemudahan untuk mengontrol bola dan juga nyaman saat berlari.

Sementara yang terakhir, cleat outdoor biasanya dipakai di atas lapangan rumput yang memang asli, bukan buatan. 'Paku' yang ada pada cleat tipe ini membuat pemain mampu mengendalikan bola dengan mudah, menerima operan dan juga menunjukkan teknik yang mereka miliki.


3. Fungsi

Cleats pada sepatu sepakbola

Cleat pada sepatu sepakbola dapat memberikan keseimbangan untuk pemain, mengontrol bola dan jika sang pemain unggul teknik, memakai cleat juga memudahkan mereka untuk beratraksi dengan bola. 

Khusus untuk cleat outdoor, pesepakbola mendapat keseimbangan yang lebih baik saat berlari karena terdapat 'paku' yang dibentuk sedemikian rupa. Cleat outdoor yang cocok dengan telapak kaki sang pemain, akan membuat pijakan pemain tersebut lebih pasti dan membuat pemain terhindar dari cedera karena kurangnya keseimbangan.

In Depth SportsSepatu Sepak Bola

Berita Terkini