x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Polandia

Sabtu, 12 Mei 2018 12:00 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Lanjar Wiratri
Timnas Football Polandia PD 2018

Piala Dunia 2018 akan segera dilangsungkan di negeri beruang merah, Rusia. Turnamen sepakbola akbar tersebut digelar pada 14 Juni mendatang sampai 15 Juli 2018. 

Menghadapi ajang tersebut, tentu saja sejumlah timnas dari berbagai negara telah mempersiapkan diri untuk memperebutkan kemenangan dan gelar di sana, tanpa terkecuali Polandia. 

Pada Piala Dunia 2014 lalu, Polandia gagal melangkah ke babak yang lebih jauh lagi. Mereka terpaksa tersisih di fase kualifikasi Grup G usai menelan kekalahan atas Inggris 0-2. 

Baca Juga

Raihan buruk tersebut pun akhirnya membawa kabar pemecatan Waldemar Fornalik sebagai pelatih Polandia kala itu. Kini kehadiran Adam Nawalka sebagai pelatih anyar mereka mampu membawa Polandia pada nasib yang lebih baik lagi di Piala Dunia tahun ini. 

Di bawah Nawalka, Polandia hanya sekali meraih kekalahan saat  saat melawan Denmark dan imbang dari Kazakhstan 2-2 di fase Kualifikasi Piala Dunia 2018. Lima kemenangan lainnya mampu diraih Robert Lewandowski dengan mulus. 


1. Perkiraan Daftar Pemain

Para pemain Timnas Polandia bertepuk tangan usai memenangkan pertandingan kontra Montenegro.

Polandia memiliki sederet pemain berbakat yang kini tengah memperkuat sejumlah klub besar di Eropa. Lewandowski masih menjadi pemain senior yang akan terus diandalkan oleh Polandia dalam menghadapi ajang tersebut.

Pemain muda pun tak luput juga hadir mewarnai timnas Polandia. Salah satunya adalah Piotr Zielinski yang kini tengah memperkuat klub Italia, Napoli. 

Klub yang musim depan akan digawangi oleh pemain muda Indonesia Egy Maulana Vikri, Lechia Gdansk pun turut menyumbangkan satu pemain mereka di skuat timnas. Ia adalah Rafal Wolski, pemain berusia 24 tahun yang akan menempati posisi gelandang dalam skuat Polandia. 

Kiper: Lukasz Skorupski, Przemyslaw Tytońn, Wojciech Szczesny, Lukasz Fabianski.

Bek: Tomasz Kedziora, Bartosz Bereszynski, Marcin Kaminski, Thiago Cionek, Michał Pazdan, Maciej Rybus, Kamil Glik, Lukasz Piszczek.

Tengah: Damian Kadzior, Jacek Goralski, Maciej Makuszewski, Rafal Wolski, Pawel Wszolek, Karol Linetty, Piotr Zielinski, Krzysztof Maczynski, Grzegorz Krychowiak, Kamil Grosicki, Jakub Błaszczykowski.

Depan: Robert Lewandowski (Captain), Lukasz Teodorczyk, Mariusz Stepinski, Kamil Wilczek


2. Perkiraan Starting Line Up

Starting Timnas Polandia DP Russia 2018

Nawalka masih mempercayakan Lewandowski sebagai ujung tombak skuat asuhannya, seperti yang ia gunakan dalam strategi terakhirnya saat Polandia melawan Montenegro. 

Skema 4-4-1-1 membuat Zielinski masih akan terus menjadi pemain yang selalu siap berkoordinasi dengan Lewandsowski di lini serang Polandia, membuat skuat mereka menjadi lebih berbahaya. 

Sedangkan untuk lini tengah sendiri, Krychowiak dan Maczynski diharapkan mampu menjadi duet apik, sementara Grosicki di sayap kanan menjadi pemain yang harus diwaspadai oleh lawan. 

Kiper Juventus Szczesny kembali menjadi penjaga gawang andalan Polandia yang mampu menjadi tantangan terberat bagi lawan untuk menembus penjagaannya. 


3. Player to Watch - Robert Lewandowski

Robert Lewandowski kala membela Timnas Polandia.

Seiring bertambah usianya, Lewandowski terus membuktikan dirinya bahwa ketajaman yang dimiliki oleh pemain berusia 29 tahun tersebut masih menjadi bagian dari Polandia yang mesti diwaspadai. 

Kapten skuat timnas Polandia tersebut punya catatan yang gemilang pula kala memperkuat klubnya di Jerman, Bayern Munchen hingga mampu mengunci gelar juara Bundesliga untuk yang kesekian kalinya. 

Statisik yang dimiliki oleh Lewandowski tersebut menjadi bukti bahwa tajinya masih terus diharapkan muncul di laga-laga Polandia selanjutnya di ajang Piala Dunia 2018 ini. 


4. Rising Star - Piotr Zielinski

Piotr Zielinski

Striker Napoli tersebut punya catatan yang cukup baik, tak hanya ketika membela klubnya, namun juga kala bersama dengan timnas Polandia. 

Zielinski memiliki karakteristik penggiringan bola yang begitu kuat, dan memiliki kemampuan tendangan jarak jauh yang cukup baik. Keahliannya melakukan passing pun tercatat cukup mumpuni kala berlaga di lapangan. 


5. Fakta-fakta Menarik Timnas Polandia

Timnas Polandia

- Polandia meraih 8 kemenangan dari 10 pertandingan di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa

- Ada 5 pemain klub top Eropa yang memperkuat skuat timnas Polandia di Piala Dunia 2018.

- Salah satu gelandang dari klub yang akan digawangi pemain Indonesia Egy Maulana Vikri, Lechia Gdansk ikut memperkuat timnas Polandia, yakni Rafal Wolski.

- Lewandowski membawa Polandia lolos dramatis ke Piala Dunia 2018 usai gol di menit 87, setelah sebelumnya Montenegro sempat menyamakan kedudukan dengan skor 2-2.


6. Prediksi di Piala Dunia 2018

Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Keberhasilan Polandia keluar sebagai juara di Grup E Zona Eropa menjadi modal dan motivasi yang cukup kuat untuk mereka tampil positif di Piala Dunia 2018 nanti. 

Polandia sendiri tak bisa memandang remeh lawan mereka di Grup H Piala Dunia 2018. Jepang dan Kolombia bisa menjadi lawan yang cukup berat bagi Polandia untuk lolos ke babak selanjutnya. 

Robert LewandowskiPolandiaPiala Dunia 2018Piotr ZielinskiBola InternasionalProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini