x

11 Jersey Kandang Anyar Klub Top Eropa Musim 2018/19

Senin, 14 Mei 2018 17:30 WIB
Editor: Isman Fadil
Jersey anyar klub Eropa 2018/19.

Musim 2017/18 sudah berakhir, dan beberapa klub Eropa telah merilis jersey-jersey mereka untuk musim depan. Jika dahulu hanya berfungsi sekadar pembeda antar tim, kini jersey telah berkembang menjadi komoditas bisnis.

Jersey merupakan salah satu elemen penting yang menjadi syarat wajib dalam olahraga sepakbola sebagai identitas sebuah klub yang kerap dikaitkan dengan sejarah atau filosofi dari sebuah klub itu sendiri. 

Jika mengutip dari perkataan Herbert Kilpin (kapten pertama klub Serie A, AC Milan), jersey mengusung image sebuah klub dan berperan dalam meningkatkan mental sebuah klub dalam setiap pertandingan.

“Kami mengusung warna merah yang identik dengan warna setan dan hitam yang identik dengan menakutkan seperti setan, ini yang akan menebar ketakutan pada lawan-lawan kami.” kata Herbert.

Sebenarnya, sejak awal Mei, beberapa media Inggris telah "membocorkan" desain jersey yang bakal dikenakan klub-klub besar Eropa. Namun, saat itu, status jersey tersebut masih bersifat tentatif lantaran klub-klub yang bersangkutan belum mengumumkan secara resmi.

INDOSPORT mengangkat 11 jersey anyar yang sudah bocor maupun telah dirilis dari 11 klub top Eropa untuk musim 2018/19.

Baca Juga

1. Manchester United

Jersey Manchester United.

Jersey kandang anyar Manchester United masih diproduksi Adidas. Situs Footy Headlines membocorkan, Jersey baru United ini memiliki perubahan besar dari jersey sebelumnya yang dikeluarkan semua appareal yang pernah bekerja sama dengan Setan Merah.

Jersey Manchester United 18/19

Diprediksi akan muncul corak garis hitam bergradasi pada warna dasar merah kostum kandang Manchester United. Konsep tersebut mengambil inspirasi dari cikal bakal klub yang dibangun para pekerja rel kereta api.

Sedangkan di bagian celana, warna hitam lebih dipilih daripada putih dan kaos kaki memiliki warna yang sama dengan jersey dengan garis-garis hitam.


2. Manchester City

Jersey anyar Manchester City.

Setelah berpesta mengangkat trofi EPL, Manchester City bersama Nike langsung merilis jersey baru untuk musim depan. Juara Liga Primer Inggris 2017/18 Manchester City resmi memperkenalkan jersey home baru yang akan mereka kenakan dalam kampanye mempertahankan titel musim depan.

Dalam peluncuran jersey terbarunya ini, Manchester City tidak hanya melibatkan Nike sebagai sponsor apparel klub. Namun, Manchetser City juga bekerja sama dengan badan amal milik klub, City in the Community (CITC).

Serangkaian pakaian baru tim besutan Pep Guardiola itu masih didominasi dengan warna biru langit. Di sepanjang lengan dan bahu, jersey itu didominasi dengan garis-garis samar biru gelap.

Namun ada sentuhan warna biru navy pada kaus kaki, sebuah tribut untuk warna jersey yang dikenakan City ketika menjuarai liga pertama kali pada 1937 dan juga di musim 1998/99 yang menandai titik balik klub. Rencananya, Manchester City akan menjual jersey anyar mereka pada Senin (14/05/18) pagi waktu setempat.


3. Chelsea

Jersey Chelsea 2018/19.

Chelsea juga sudah memperkenalkan jersey kandang terbarunya yang bakal mereka kenakan dalam kampanye musim depan. Jersey yang diproduksi produsen apparel olahraga, Nike, tersebut terlihat garang.

Jika musim lalu jersey Chelsea terlihat sederhana, maka musim ini mereka menambah sedikit aksen putih dan merah untuk memberikan sedikit warna.

Mengambil inspirasi dari seragam The Blues era 1980-an dan 1990-an, baju baru ini tetap didominasi corak biru kebesaran klub, namun mengandung pula warna merah dan putih dalam garis-garis horizontal tipis.

Jersey baru ini sudah digunakan para penggawa Chelsea saat melakoni laga terakhir Liga Primer Inggris melawan Newcastle United, Minggu (13/05/18). Sayang, pada laga itu Chelsea kalah telak 0-3 dari Newcastle.


4. Liverpool

Bocoran Jersey Liverpool 2018/19.

Liverpool sudah lebih dulu memperkenalkan jersey kandang terbaru mereka pada minggu ketiga April lalu. Seragam kandang The Reds untuk musim depan yang diproduksi New Balance memiliki sentuhan lawas dengan warna dasar merah ditambah kerah dan garis putih yang menghiasinya. Corak ini terinspirasi oleh arsitektur landmark dari Main Stand yang baru saja dibangun kembali di Stadion Anfield.

Jersey anyar ini sudah digunakan penggawa Liverpool saat menghadapi Brighton & Hove Albion di Anfield, Minggu (13/05/18) malam WIB. Namun The Reds tak akan mengenakan jersey baru mereka pada final Liga Champions 2017/18 kontra Real Madrid di Kiev pada 26 Mei.

Menurut aturan baru UEFA, setiap klub hanya bisa mengenakan jersey yang telah didaftarkan. Mereka tidak dapat mengganti jersey tersebut bahkan bila telah merilis seragam baru.


5. Arsenal

Bocoran jersey Arsenal musim 2018/19.

Footy Headlines kembali membocorkan baju kandang Arsenal musim depan. Jersey rancangan Puma akan menampilkan skema warna merah dan putih tradisional khas Arsenal. Yang baru dari tampilan jersey ini adalah aris-garis merah di lengan. Bagian utama dari jersey Arsenal juga enak dipandang mata.

Bocoran jersey Arsenal musim 2018/19.

Sementara bagian atasnya sebagian besar berwarna merah, nuansa yang lebih gelap dimasukkan ke seluruh bagian atas untuk memberikan tampilan yang khas. Jersey klub berjuluk Meriam London musim 2018/19 akan mulai diperkenalkan pada awal musim panas mendatang.


6. Barcelona

Bocoran Jersey Barcelona musim 2018/19

Untuk Barcelona sendiri masih akan diproduksi oleh apparel terkenal asal Amerika Serikat, Nike, jersey kandang Barcelona akan menampilkan wajah baru dengan strip biru dan merah yang lebih tipis dari biasanya.

Warna strip biru dan merah di jersey kandang Barca akan sama dengan musim-musim sebelumnya, sementara untuk bagian celana akan lebih berwarna navy atau biru gelap mirip jersey klasik mereka.

Inspirasi Jersey Barcelona musim 2018/19

Jersey musim depan akan sangat mirip dengan jersey kandang mereka di dua musim pertama bekerja sama dengan apparel terkenal asal Amerika Serikat, pada tahun 1998 silam. Kemiripan terletak karena paduan warna yang benar-benar persis.


7. Real Madrid

Jersey Bocoran Real Madrid

Real Madrid sendiri sejauh ini masih belum merilis jersey yang akan mereka pakai di musim depan. Namun, rupanya ada bocoran jersey yang akan dipakai oleh Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Jersey Bocoran Real Madrid

Menurut bocoran, jersey Madrid akan tetap mengusung warna putih yang jadi warna kebesaran klub. Corak warna biru yang dipakai pada musim ini sudah tidak lagi nampak. Sebagai gantinya, Madrid akan kembali memakai corak warna hitam, yang sudah tidak nampak dalam tiga musim terakhir. 


8. Juventus

Bocoran jersey Juventus musim 2018/19.

Klub yang baru saja merayakan keberhasilan mereka merebut gelar Scudetto musim ini akan tetap mengusung warna hitam-putih untuk jersey yang akan mereka gunakan musim 2018/19 mendatang.

Desain yang dirancang oleh Adidas ini tampak lebih sederhana dan elegan dari musim sebelumnya. Garis vertikal horizontal berwarna hitam kali ini direduksi signifikan, dengan hanya menyertakan dua di sisi kanan dan kiri dada jersey lewat ukuran yang lebih lebar. 

Jersey Juventus 18/19

Jumlah itu bisa dibilang jadi yang paling sedikit dalam sejarah jersey utama Si Nyonya Tua. Namun Juventus sendiri belum memberi konfirmasi atas desain yang sudah beredar di internet tersebut. 


9. AS Roma

Pemain AS Roma vs Juventus.

Melalui laman resminya klub elite Serie A Italia, AS Roma, telah merilis jersey kandang mereka musim 2018/19. Jersey ini didesain oleh Nike dan masih menampilkan tulisan Qatar Airways, yang merupakan sponsor utama klub, pada bagian depan jersey.

Jika dilihat sepintas, jersey baru Roma nyaris tidak bereda dengan yang mereka gunakan musim ini. Namun jika diperhatikan lebih teliti, perbedaan mencolok terdapat pada desain armor rantai besi di bagian tubuh jersey.

Selain itu di bagian kerah warna kuning tidak lagi menghiasi sebagian, melainkan menyeluruh dengan model crewneck. Sedangkan gradasi warna merah lebih pekat terlihat di bagian lengan jersey untuk memberi sentuhan modern.

Desain jersey kali ini terinspirasi dari sejarah Romawi kuno, yang ditampilkan dengan gambar baju zirah berantai di bagian depan. Desain rantai yang oleh penduduk lokal akrab disebut lorica memberi tangguh saat pemain memasuki lapangan.

Lambang rantai dipilih untuk ikatan yang tak pernah terputus antara AS Roma, seluruh kota Roma serta penggemar klub di seluruh dunia.


10. Paris Saint-Germain

Jersey anyar PSG musim 2018/19.

Juara Ligue 1 musim ini, Paris Saint-Germain (PSG) secara resmi merilis jersey kandang mereka yang akan digunakan untuk mengarungi musim 2018/19 mendatang. PSG sendiri menjadi salah satu klub besar di Eropa yang merilis jersey baru mereka untuk musim depan.

Melalui laman resminya, jersey kandang anyar PSG terlihat begitu modern untuk arungi kompetisi musim depan. Warna kebesaran biru dongker kali ini begitu mendominasi, dengan dihiasi efek garis merah pada bagian depan yang dibuat bagai percikan.

Pada bagian belakang jersey dihiasi oleh garis merah dengan tepian berwarna putih yang tegas sebagai simbol kebesaran kota Paris. 

Untuk bagian celananya sendiri didominasi oleh warna biru tua, sedangkan untuk warna kaos kaki yang akan digunakan memakai perpaduan warna biru tua, merah, dan juga putih. Jersey baru ini juga diberi sentuhan teknologi paling modern, vaporknit.

Jersey kandang ini sudah digunakan Marco Veratti dan kawan-kawan saat PSG melakoni laga pamungkas melawan Rennes pada Sabtu (12/05/18).


11. Bayern Munchen

Jersey anyar Bayern Munchen musim 2018/19.

Setelah klub-klub besar dari Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Serie A Italia, dan Ligue 1 Prancis merilis jersey barunya untuk musim depan, kali ini giliran kampiun Bundesliga Jerman, Bayern Munchen, yang meluncurkan jersey anyarnya.

Melalui laman resminya, jersey anyar The Bavarians masih diproduksi perusahaan apparel asal Jerman, Adidas, seragam anyar Bayern Munchen didominasi warna merah yang menjadi identitas klub. Namun, terdapat corak di bagian depan jersey.

Ya, jersey baru Bayern tidak lagi menggunakan garis putih vertikal. Motif baru nan lebih modern sangat kental terasa pada baju kali ini dengan adanya nuansa berlian yang terlihat geometris di seluruh bagian depan.

Bagian ujung lengan jersey tersebut memiliki warna biru tua. Nantinya, Bayern Munchen bakal mengenakan celana berwarna biru tua dan kaus kaki merah.

Pihak Adidas mengklaim jersey baru itu terinspirasi dari lekukan gunung-gunung di dataran tinggi yang ada di tanah Bavaria. Sebuah bentuk tribut unik dari Bayern dan pihak apparel untuk topografi wilayah Bavaria.

Kostum anyar ini sudah digunakan skuat Bayern Munchen saat menjalani laga pamungkas Bundesliga musim 2017/18 saat menjamu VFB Stuttgart di Allianz Arena, Sabtu (12/05/18).

Real MadridManchester UnitedLiverpoolChelseaArsenalManchester CityBarcelonaBayern MunchenParis Saint-GermainJuventusAS RomaBola Internasional

Berita Terkini