x

4 Pemain Indonesia yang Terancam Didepak Klub Luar Negeri

Selasa, 15 Mei 2018 16:00 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Isman Fadil
Ilham Udin dan Evan Dimas.

Banyak pesepakbola Indonesia yang memilih berkarier di luar negeri. Beberapa dari mereka tersebar di klub-klub yang ada di Liga Malaysia, Liga Thailand, dan dibeberapa negara lainnya.

Namun beberapa di antara mereka banyak yang tak mendapat jam terbang selama bermain di klub tersebut. Bahkan kabarnya, belum sampai semusim, Evan Dimas dan Ilham Udin yang bermain untuk tim Malaysia, Selangor FA akan dicoret dari skuat.

Selain Evan dan Ilham, Berikut INDOSPORT merangkum empat pemain Indonesia yang namanya bisa jadi akan dicoret timnya dari skuat karena jarang dimainkan.

Baca Juga

1. Terens Puhiri (Port FC)

Pemain Port FC Terens Puhiri.

Terens Puhiri baru hijrah ke klub asal Thailand, Port FC di awal musim 2018 ini. Namun sayang pemain pinjaman Borneo FC ini minim menit bermain di Thailand.

Sejauh ini, pemain berusia 21 tahun itu baru memainkan lima pertandingan dari 15 laga Port FC di kasta teratas Liga Thailand. Total, ia hanya baru bermain selama 54 menit.

Terkait hal ini pun Terrens dinilai sulit beradaptasi di sepakbola Thailand. Namun dia membantah, baginya tidak mengalami kesulitan namun memang belum mendapat kepercayaan bermain banyak saja.

"Disana (Liga Thailand) menurut saya tidak begitu terlalu sulit karena semua butuh waktu dan dan adaptasi jadi harus tetap semangat. Pelatih harus lihat siapa yang mau main harus bekerja keras dan pasti bisa," ucap Terrens saat menyaksikan laga Borneo melawan Persija beberapa waktu lalu.

"Dari coach disana juga dia percaya saya dan juga semua pemain, tapi dia juga pasti butuh waktu buat liat perkembangan dan lakukan rotasi siapa yang paling siap. Tapi memang hanya tunggu waktu," tambah dia.


2. Ezra Walian (Almere City)

Ezra Walian.

Penyerang naturalisasi Indonesia, Ezra Walian, di laga terakhir Almere City hanya memanaskan bangku cadangan saat timnya menjalani leg kedua babak play off promosi ke kasta tertinggi sepakbola Negeri Kincir Angin.

Tanpa hadirnya Ezra Walian, Almere pun berhasil menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan 2-1 atas Roda JC. Hasil ini pun membuat Almere berhasil melangkah ke babak selanjutnya dan akan mengadapi De Graafschap pada 18 Mei mendatang.

Di musim 2018 ini, Ezra hanya bermain sebanyak dua kali. Dilansir dari Soccerway, total ia baru bermain selama 73 menit di musim ini. Akibat minimnya menit bermain Ezra, bisa jadi pemain berdarah Belanda ini akan di depan dari timnya.


3. Evan Dimas (Selangor FA)

Pemain Selangor FA Evan Dimas.

Karier Evan Dimas Darmono bersama klub Liga Super Malaysia, Selangor FA, masih berumur jagung. Namun, kabar tidak sedap sedang menimpa personil Timmas Indonesia U-23 tersebut. 

Tim berjuluk Gergasi Merah ini dikabarkan akan merombak komposisi pemain asingnya. Peforma Evan Dimas bersama Selangor FA juga mendapat sorotan dari pengamat sepakbola Malaysia, Asmawi Bakari. Dia menilai Evan Dimas tampil di bawah ekspetasi.

"Selangor yang mengontrak dua pemain dari Indonesia (Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armaiyn). Mereka gagal memberikan kontribusi seperti pemain Indonesia lain yang pernah bermain bersama Selangor yakni Bambang Pamungkas, Ellie Aiboy dan Andik Vermansah," kata Asmawi dilansir dari Stadium Astro.

Sejatinya, Evan Dimas merupakan pemain kunci Selangor FA di Liga Super Malaysia. Pemain yang mengantarkan Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF 2013 itu sudah bermain sebanyak delapan pertandingan dan mencetak dua assists.


4. Ilham Udin Armaiyn (Selangor FA)

Pemain Selangor FA Ilham Udin Armaiyn.

Selain Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn juga terancam didepak Selangor FA pada bursa transfer kedua Liga Super Malaysia yang dimulai Senin (07/05/18) sampai 6 Juni mendatang.

Menurut salah satu media Malaysia, Berita Harian, nama Ilham Udin dan Alfonso De La Cruz yang paling banyak disorot bakal dicoret dari skuat.

Pasalnya, rapor Calero dan Ilham Udin terbilang kecil dibanding ketiga pemain asing Selangor lainnya. Dari 10 pertandingan di Liga Super Malaysia, Calero dan Ilham Udin baru enam kali bermain.

Pelatih Selangor FA, Nazliazmi Nasir, mengatakan sudah menyerahkan keputusan akhir kepada manajemen Selangor FA perihal nasib Ilham Udin dan Evan Dimas.

"Tergantung pada manajemen, mereka akan mengadakan pertemuan dan laporan yang akan saya sampaikan nanti mungkin akan dipersetujui atau dibincangkan," tuturnya dinukil dari laman resmi Selangor FA.

Evan DimasIlham Udin ArmaiynSelangor FABola InternasionalEzra WalianTerens PuhiriLiga Primer ThailandAlmere CityThai Port FC

Berita Terkini