x

6 Kiper yang Akan Bersinar di Piala Dunia 2018

Selasa, 15 Mei 2018 16:31 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala

Pesta akbar sepakbola Piala Dunia 2018 sudah semakin dekat. 32 negara termasuk tuan rumah Rusia siap bersaing memperebutkan trofi paling bergengsi dalam jagat sepakbola tersebut. 

Pagelaran Piala Dunia juga sering menjadi arena unjuk gigi para pesepakbola terbaik di dunia untuk mempertontonkan kemampuannya. Apalagi untuk para penyerang, mereka saling berlomba untuk mencetak gol dan mendapat penghargaan sepatu emas. 

Namun, Piala Dunia tak hanya bisa menjadi ajang unjuk gigi para striker, tapi juga bisa jadi tempat bagi para penjaga gawang memperlihatkan kehebatannya menyelamatkan gawang. Karena sejak Piala Dunia 1994 ada penghargaan khusus bagi penjaga gawang terbaik yaitu Golden Glove Award atau yang dulu disebut Lev Yashin Award. 

Untuk itu INDOSPORT telah memilih 6 kiper yang akan bersinar di Piala Dunia 2018. 

Baca Juga

1. David de Gea

David de Gea.

David de Gea menunjukkan penampilan konsisten bersama Manchester United dalam beberapa musim belakangan ini. Posisinya sebagai penjaga gawang tak tergantikan di kubu Setan Merah. 

Konsistensi dan penyelamatan gemilang yang sering ia perlihatkan di ajang Liga Primer Inggris, bisa diperlihatkan De Gea di Piala Dunia 2018. Pasalnya, De Gea kemungkinan besar akan menjadi penjaga gawang utama Timnas Spanyol menggeser para seniornya. 

Jika berhasil tampil apik atau membawa Timnas Spanyol juara, De Gea mungkin saja akan memenangi gelar Golden Glove Award. Seperti yang pernah diraih seniornya, Iker Casillas, pada Piala Dunia 2010 lalu. 


2. Hugo Lloris

Hugo Lloris memperlihatkan aksi heroik saat melawan Real Madrid.

Sejak pindah dari Olympique Lyon menuju Tottenham Hotspur pada tahun 2012 lalu, posisi Hugo Lloris tak tergantikan di bawah mistar gawang The Lily Whites. Dan puncaknya adalah dalam beberapa musim terakhir, Spurs mampu bersaing di papan atas Liga Primer Inggris. 

Tak hanya itu, penampilan apik Lloris juga membuat Spurs bisa bersaing di Liga Champions. Dan kini, bersama Timnas Prancis Lloris mendapatkan kesempatan sekali lagi untuk membawa negaranya berprestasi. 

Sebelumnya di Euro 2016, Lloris tak mampu membawa Tim Ayam Jantan mengangkat trofi Henri Delaunay di kandang sendiri. Dan Piala Dunia 2018 bisa menjadi ajang balas dendam bagi Hugo Lloris. 


3. Ederson Moraes

Ederson

Kemampuan Ederson Moraes tak perlu diragukan lagi. Ederson menjadi salah satu aktor keberhasilan Man City menjadi juara Liga Primer Inggris musim 2017/18. 

Berkat penampilan gemilangnya di bawah mistar, Man City hanya menderita dua kekalahan sepanjang musim. Tak hanya itu, Man City hanya kebobolan 27 gol dari 38 laga. 

Meski di Timnas Brasil Ederson belum menunjukkan kemampuannya, namun bisa saja di Piala Dunia 2018 semua itu akan berubah. Ederson bisa menunjukkan penampilan apik untuk membuktikan bahwa ia adalah salah satu kiper terbaik di duni


4. Marc-Andre ter Stegen

Kiper utama Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Untuk bisa menjadi kiper terbaik di Piala Dunia 2018, ter Stegen terlebih dulu harus mengambil hati sang pelatih Joachim Low agar menempatkan ia di bawah mistar gawang menggantikan seniornya, Manuel Neuer. 

Kesempatan itu bisa saja datang jika Neuer tak sembuh tepat waktu dari cederanya. Dan jika ter Stegen bisa tampil reguler di Piala Dunia 2018, serta memberikan penampilan yang apik. 

Ter Stegen bisa menjadi kiper Timnas Jerman ketiga yang meraih gelar kiper terbaik. Sebelumnya, Oliver Kahn meraih Lev Yashin Award pada Piala Dunia 2002. Lalu Manuel Neuer meraih Golden Glove Award pada Piala Dunia 2014. 


5. Thibaut Courtois

Thibaut Courtois, kiper Chelsea.

Sejak Piala Dunia 2014, Timnas Belgia sudah mulai merusak dominasi dan membuat negara-negara kuat di dunia tak nyaman. Belgia telah berubah dari tim kuda hitam menjadi salah satu tim yang patut diperhitungkan dalam persaingan. 

Apalagi Belgia pernah menduduki peringkat 1 dalam ranking FIFA. Dan yang menjadi salah satu pemain dalam kiprah Belgia tersebut adalah penjaga gawang Chelsea, Thibaut Courtois. 

Dan Piala Dunia 2018 akan menjadi ajang bagi Courtois untuk memberikan penampilannya yang terbaik bagi Timnas Belgia. 


6. Igor Akinfeev

Igor Akinfeev, kiper CSKA Moscow.

Rusia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Hal itu tentu disambut gembira masyarakat Rusia, termasuk para pesepakbola asal Rusia. 

Dan tampil di rumah sendiri, bisa menjadi kesempatan bagi penjaga gawang Timnas Rusia, Igor Akinfeev. Akinfeev bisa menjadi penjaga gawang terbaik dan meraih penghargaan Golden Glove Award. 

Akinfeev bisa termotivasi oleh legenda hidup Rusia yang juga berposisi sebagai penjaga gawang, Lev Yashin. 

Piala DuniaThibaut CourtoisDavid de GeaMarc-Andre ter StegenPiala Dunia 2018Hugo LlorisBola InternasionalEdersonIgor Akinfeev

Berita Terkini