x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Senegal

Kamis, 17 Mei 2018 20:30 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Lanjar Wiratri
Timnas Football Senegal PD 2018

Dalam hitungan kurang lebih dua bulan lagi, kompetisi akbar sepakbola dunia, yakni Piala Dunia 2018 yang akan dijadwalkan pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 di Rusia.

Turnamen yang merupakan edisi ke-21 ini diikuti dari 32 negara dari empat benua yang berbeda. Bicara soal Piala Dunia, salah satu tim yang masuk di dalamnya adalah Senegal.

Ini adalah tahun kedua Senegal mengikuti ajang akbar sepakbola dunia ini. Senegal menjadi tim ketiga dari zona CAF yang mendapat tiket untuk menuju Rusia setelah Nigeria dan Mesir.

Senegal sendiri awalnya adalah bukan termasuk negara besar di benua Afrika. Namun setelah tahun 1990-an, tim yang berjuluk Les Lions de la Teranga (Lions of Teranga) ini  berubah menjadi tim yang kompetitif.

Baca Juga

1. Perkiraan Skuat Piala Dunia

Timnas Senegal

Kiper: Khadim N'Diaye, Abdoulaye Diallo, Pape Seydou N'Diaye.

Pemain Belakang: Lamine Gassama, Pape Souare, Kalidou Koulibaly, Salif Sane, Papy Djilobodji, Moussa Wague, Armand Traore, Fallou Diagne, Kara Mbodji.

Pemain Tengah: Idrissa Gueye, Cheikhou Kouyate, Henri Saivet, Cheikh N'Doye, Alfred N'Diaye, Badou Ndiaye.

Pemain Depan: Sadio Mane, Moussa Sow, Mame Biram Diouf, Keita Balde, Moussa Konate, Diafra Sakho.


2. Perkiraan Formasi

Pemain Depan Senegal

Formasi yang akan digunakan oleh tim besutan Aliou Cisse ini akan diisi oleh beberapa pemain bintang Senegal. Diantaranya ada nama Sadio Mane yang sedang berinar bersama Liverpool beberapa waktu terakhir.

Kiper: Pape Seydou N'Diaye

Kiper muda asli Senegal ini diperkirakan akan menjadi kiper utama bagi negaranya. Di sepanjang laga uji coba bersama Senegal menuju Piala Dunia, dari 9 laga ia baru kebobolan sebanyak 6 gol.

Belakang: Lamine Gassama, Fallou Diagne, Alfred N'Diaye, Papy Djilobodji

Duet keempat pemain diataslah yang menjadi salah satu faktor dalam membuat Timnas Senegal merebut tempat di Piala Dunia 2018. Poster tubuh yang tinggi besar juga menjadi salah satu faktor utamanya.

Tengah: Cheikh N'Doye, Santy Ngom, Assane Diousse El Hadji

Meski ini baru merupakan kali kedua bagi Timnas Senegal mengikuti ajang ini, namun lolos sebagai juara grup adalah target yang dipasang bagi manajemen dan pelatih. Seperti di laga-laga persahabatan sebelumnya, Cisse diperkirakan akan memasang duet Cheikh N'Doye, Santy Ngom, Assane Diousse El Hadji di lini tengah.

Depan: Moussa Sow, Sadio Mane, Moussa Konate

Adanya Sadio Mane di Senegal membuat tim yang pernah menjadi runner up di Piala Afrika 2002 ini membuat kekuatan di lini depan makin mantap. Duet Moussa dan Kouyate akan membuat Senegal punya nama di ajang akbar ini.


3. Rising Star - Sadio Mane

Sadio Mane

Sadio Mane memang tengah bersinar bersama klub raksasa Liga Inggris, Liverpool. Sane pun berhasil membawa The Reds ke final Liga Champions musim 2017/18 musim ini dan akan berhadapan dengan Real Madrid pada Minggu (27/05/18) mendatang.

Duet Mane di lini depan Liverpool bersama Mohamed Salah dan Roberto Firminho menjadi alasan kuat mengapa The Reds berhasil lolos. Begitu pun dengan penampilannya di Timnas Senegal. Mane diperkirakan akan menjadi tombak kuat Senegal di ajang sepakbola akbar dunia ini.


4. Prediksi di Piala Dunia 2018

Selebrasi para pemain Senegal setelah memastikan lolos ke Piala Dunia 2018.

Senegal berhasil lolos dari kualifikasi Grup D zona CAF tanpa tersentuh kekalahan satu laga pun. Terakhir, di Piala Dunia pada tahun 2002 lalu Senegal berhasil masuk sampai ke babak semifinal. Kala itu, sang pelatih, Aliou Cisse saat ini masih menjadi pemain sekaligus kapten dalam skuat.

Torehan indah itu kemungkinan besar akan kembali terjadi di Piala Dunia 2018 mendatang. Penampilan Sadio Mane serta beberapa nama pemain Senegal lainnya seperti Idrissa Gueye dan Cheikhou Kouyate, Monaco, Keita Balde, dan juru gedor Fiorentina, dan Khouma Babacar yang akan menamani Mane. Skuat yang cukup seimbag untuk mendulang kembali prestasi seperti tahun 2002 silam.

Jadwal pertandingan Senegal di Piala Dunia 2018:

19/06/2018 - Polandia vs Senegal

24/06/2018 - Jepang vs Senegal

28/06/2018 - Senegal vs Kolombia

Piala DuniaLiga EuropaPiala Dunia 2018Sadio ManeSenegalBola BarengProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini