x

Berkarier di Luar Negeri, Begini Cerita Eks Persija Jalani Ibadah Puasa

Selasa, 22 Mei 2018 16:59 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Pemain PTT Rayong Ryuji Utomo.

Mantan bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo pada musim 2018 menerima pinangan dari klub Thai League 2 (Liga 2 Thailand), yakni PTT Rayong. Alasannya Ryuji Utomo ingin merasakan atmosfer sepakbola luar negeri.

Target PTT Rayong yang ingin menembus Thai League 1 pada musim depannya menjadi daya tarik utama Ryuji. Sehingga ada sebuah kepuasan batin ketika mampu membawa klub yang dibela promosi ke kasta tertinggi kompetisi sepakbola.

Namun, berkarier di negara orang tentunya memiliki kisah yang berbeda untuk Ryuji. Apalagi, saat ini sudah memasuki bulan puasa dan tentu saja dirinya dituntut untuk profesional.

Baca Juga

1. Puasa di Thailand?

Pemain PTT Rayong Ryuji Utomo.

Namun, hal itu tidak menjadi penghalang untuk Ryuji tetap menunaikan ibadah puasa di Thailand. Bek yang sebelumnya bermain untuk Persija itu juga menjelaskan perbedaan atmosfer di Thailand dan Indonesia.

"Untuk atmosfer pasti berbeda dengan di indonesia tapi justru itu yang membuat saya menikmati karena pengalaman baru dan atmosfer baru untuk saya, Alhamdulillah saya tetap puasa normal dan latihan juga seperti biasa," aku Ryuji saat ditanyai INDOSPORT lewat pesan singkat. 

"Di sini latihan dimulai jam 5 sore karena cuaca yang panas, jadi usai latihan bisa langsung berbuka. Alhamdulillah di tim saya juga ada 2 pemain muslim dan assistant pelatih saya juga muslim kami menjalani puasa normal," lanjutnya.


2. Makanan Halal?

Pemain PTT Rayong Ryuji Utomo.

Mengakui puasa berjalan lancar sejauh ini, Ryuji juga menjelaskan menemukan makanan halal di Thailand tidak sulit dan mengungkapkan kerinduannya pada keluarga dan juga teman-temannya di Indonesia.

"Untuk makanan halal tidak terlalu sulit, pintar-pintar kita milih aja atau kadang saya lebih milih untuk masak sendiri. Ya pasti ada rasa rindu dengan keluarga dan teman, tapi saya sudah berkomitmen dengan kerjaan saya," tegas Ryuji.


3. Dukungan Keluarga dan Kerabat

Pemain PTT Rayong Ryuji Utomo.

Kembali, Ryuji mengungkapkan bahwa dirinya memilih untuk fokus memberikan yang terbaik di Thailand dengan dukungan orang-orang terdekatnya.

"Jadi hal terbaik yang bisa saya lakukan fokus memberikan yang terbaik untuk kerjaan saya disini dan beribadah. Alhamdulillah keluarga dan teman teman saya support semua, jadi pastinya saya selalu semangat menjalani pekerjaan dan ibadah disini," tutupnya.

Liga ChampionsPersija JakartaThailandTimnas IndonesiaRyuji Utomo PrabowoRamadanBakat Muda IndonesiaLiga Primer ThailandPTT RayongRamadan 2018

Berita Terkini