x

Eks Everton Penyebab Radja Nainggolan Gagal ke Piala Dunia 2018?

Kamis, 24 Mei 2018 11:20 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Radja Nainggolan

Belgia telah mengumumkan 28 nama pemain yang akan dibawa ke Piala Dunia 2018. Namun, dari sederet nama pemain bintang yang ada, tidak terlihat nama bintang AS Roma, Radja Nainggolan.

Hal itu awalnya mengundang banyak tanda tanya dari berbagai pihak. Pasalnya, Nainggolan sendiri memiliki catatan penampilan yang cukup memukau selama membela AS Roma di Seria A Italia. 

Baca Juga

1. Alasan Penuh Tanda Tanya

Roberto Martinez.

Pelatih Timnas Belgia Roberti Martinez akhirnya angkat bicara terkait keputusannya tak memasukkan Nainggolan ke dalam skuatnya dalam ajang Piala Dunia 2018. Padahal saat bermain membela Belgia, Nainggolan sendiri biasa bermain di posisi gelandangan serang. 

"Nainggolan adalah pemain terbaik. Alasanya (tidak dipanggil) adalah taktik dalam dua tahun terakhir di dalam tim telah bekerja dengan pola tertentu, pemain lain telah memainkan peran Radja," kata Roberto Martinez dikutip ESPN.


2. Eks Everton Jadi Alasannya?

Leander Dendoncker, gelandang muda Anderlecht.

Pos gelandang bertahan yang kosong di lini tengah skuat Belgia pun membuat Martinez lebih mempercayakan pemain muda yang kini tengah memperkuat RSC Anderlecht, Leander Dendoncker untuk menempati posisi tersebut nanti.

Martinez sendiri memang sudah tertarik pada Deandoncker sejak pemain berusia 23 tahun tersebut bermain di Everton. Kala menjadi manager Everton, Martinez sudah pernah mengungkapkan ketertarikannya.

"Apakah dia itu seorang gelandang atau pemain bertahan? Dia bisa memainkan keduanya. Ia seorang pemain yang hebat. Disiplin, selalu fokus, dan punya kualitas fisik yang baik,” puji Martinez saat itu, dikutip dari HITC.


3. Pengaruhi Popularitas Nainggolan

Radja Nainggolan saat konferensi pers

Manajer baru Belgia, Roberto Martinez, sempat memilih Nainggolan di pertandingan persahabatan melawan Meksiko dan Jepang pada November 2017 lalu. Namun akhirnya Nainggolan tidak dimasukkan dari 23 daftar pemain yang akan dibawa Martinez ke Rusia musim panas ini.

Hal ini disampaikan oleh Kristof Terreur, seorang wartawan Belgia melalui akun Twitter-nya."Tidak ada Radja Nainggolan di skuat Piala Dunia Belgia, pemain favorit penggemar. Roberto Martinez membuat dirinya tidak populer di Belgia."

AS RomaRoberto MartinezRadja NainggolanPiala Dunia 2018Bola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini