x

Demi Jungkalkan Real Madrid, 5 Pemain Ini Harus Segera Disingkirkan Barcelona

Kamis, 31 Mei 2018 17:02 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Andre Gomes, pemain Barcelona

Barcelona boleh saja sukses mengunci gelar domestik, yakni juara La Liga dan Copa del Rey musim ini dengan mudah. Namun dominasi Barcelona di Spanyol kalah menarik jika melihat pencapaian sang rival abadi, Real Madrid di musim ini.

Madrid,meski gagal meraih gelar La Liga, mampu konsisten menjuarai Liga Champions untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Gelar Liga Champions musim ini sekaligus menjadi yang ke-13 untuk Los Blancos.

Barcelona harus melakukan beberapa perombakan jika mereka tak ingin terus tertinggal dari Cristiano Ronaldo cs yang mendominasi Eropa dalam tiga tahun terakhir. Blaugrana perlu melakukan updgare di beberapa sektor karena skuat mereka musim ini dapat dikatakan gagal mencapai ekspektasi.

Baca Juga

Padahal Barcelona sempat menjadi raja di Eropa bahkan dunia dengan Lionel Messi sebagai ujung tombaknya. Namun kini pencapaian armada Ernesto Valverde justru terkesan mandek hanya di level dalam negeri.

Barcelona membutuhkan skuat menjanjikan jika mereka ingin kembali merebut gelar Liga Champions. Mereka perlu menyingkikan pemain yang dirasa tidak pantas berada dalam tim dan melakukan pembelian pemain kelas dunia.

Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut INDOSPORT sajikan deretan lima pemain yang bisa disingkirkan Barcelona untuk musim depan.


1. Lucas Digne

Lucas Digne

Lucas Digne tampil cukup fenomenal di musim 2015/16 saat masih berseragam AS Roma. Bek Prancis itu juga sukses mencatatkan 40 penampilan bersama Serigala Ibu Kota dan mengakhir musim dengan tiga gol dan lima assists.

Penampilan impresif itulah yang akhirnya membuat Barcelona memboyongnya ke Camp Nou. Namun kegemilangan Digne tak kembali terulang di tanah Spanyol karena ia tercatat hanya bermain sebanyak 11 kali di La Liga dan Liga Champions musim 2017/18.

Bek kiri berusia 24 tahun itu tak mendapatkan banyak kesempatan untuk membuktikan kapasitasnya di Barcelona. Ia Nampak kesulitan beradaptasi dengan gaya main Barcelona dan system yang berlaku di klub tersebut.

Digne harus bersaing dengan Jordi Alba di sisi kiri dan rasanya mustahil Valverde akan memberikan posisi tersebut untuknya. Keluar dari Camp Nou dan bergabung dengan klub lain untuk mendapat kesempatan bermain menjadi hal paling masuk akal untuk Lucas Digne.


2. Aleix Vidal

Vidal Bek Barcelona

Aleix Vidal hanya mencatatkan 15 penampilan untuk Barcelona di La Liga semenjak bergabung dari Sevilla pada 2015 lalu. Pemain 25 tahun itu tercatat hanya bermain sebanyak lima kali di musim ini dan mencatat 455 menit bermain di La Liga.

Vidal awalnya diharapkan mampu mengisi posisi bek kanan dan memainkan peran besar di sana, plus menggantikan peran Dani Alves yang hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG). Namun bek Spanyol itu justru kehilangan sentuhannya sebagai pemain bertahan di Barcelona.

Posisi Vidal di skuat Barcelona semakin tak jelas setelah kedatangan Nelson Semedo pada 2017 lalu dari Benfica. Vidal menjadi pilihan ketiga Valverde untuk posisi bek kanan dan lebih banyak tak masuk skuat Barcelona di musim ini.


3. Paco Alcacer

Striker Barcelona, Paco Alcacer.

Paco Alcacer bergabung bersama Barcelona dengan mahar 30 juta euro atau setara Rp488 miliar pada 2016 silam. Alcacer memang diplot sebagai back up untuk Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar kala itu, namun ia justru jaang mendapatkan kesempatan bermain.

Di era Luis Enrique dan Ernesto Valverde, Alcacer justru diragukan dan jarang dapat kesempatan. Keduanya ragu untuk memainkan Alcacer dalam tim dan menggunakannya hanya sebagai pilihan terakhir semata.

Pemain 24 tahun itu hanya bermain sebanyak delapan kali di La Liga pada musim ini. Meskipun saat dimainkan Alcacer mampu tampil cukup nyetel, namun alasan tersebut tak cukup untuk membuat Barcelona mempertahankannya di Camp Nou.

Alcacer gagal mencapai apa yang ditargetkan klub untuknya. Barcelona harus mencari sosok lain untuk menggantikan Alcacer, tentunya pemain depan yang lebih berpengalaman dan mampu menjadi pencetak gol lainnya sehingga Barca tak hanya mengandalkan Suarez dan Messi.


4. Thomas Vermaelen

Pemain Barcelona, Thomas Vermaelen.

Pemain internasional Belgia menjadi salah satu pembelian yang ‘teraneh’ Barcelona. Vermaeln lebih banyak berkutat dengan cedera ketimbang memberikan kontribus berarti untuk tim semenjak bergabung dari Arsenal pada musim 2013/14 lalu.

Vermaelen hanya bermain sekali di msuim debut pertamanya bersama Barcelona dan enam kali setelahnya. Ia pun akhirnya dipinjamkan ke AS Roma di musim 2017/18 ini dan hanya bermain sebanyak empat kali di Serie A.

Meskipun pada akhirnya ia tercatat bermain sebanyak 14 kali untuk Barcelona di La Liga musim ini, namun tetap saja Vermaelen tak bermain dalam performa terbaiknya. Vermaelen akan menginjak usia 33 tahun pada November mendatang dan nampaknya Barcelona harus mencari pengganti untuknya.

Barca harus mencari sosok center bek yang mampu mendukung kinerja Gerard Pique dan Samuel Umtiti. Meskipun mereka masih memiliki sosok Yerry Mina, namun Valverde harus mencari lagi bek yang memiliki lebih banyak pengalaman.


5. Andre Gomes

Gelandang Barcelona, Andre Gomes.

Andre Gomes ditebus Barcelona dari Valencia dengan harga 50 juta euro atau setara Rp814 miliar lebih. Gomes disebut-sebut menjadi pembelian paling flop Barcelona di musim 2017/18, plus sang pemain juga kehilangan tempatnya di skuat Timnas Portugal untuk Piala Dunia 2018.

Andre Gomes hanya bermain sebanyak enam kali untuk Barcelona di musim ini dan gagal mencetak satu gol atau pun assist. Pemain 24 tahun itu tampil buruk di musim debutnya dan lebih banyak melakukan kesalahan di lapangan.

Meskipun di sepanjang musim 2017/18 Gomes mampu tampil sedikt lebih baik, namun ia tidak maampu konsisten menjaga performa terbaiknya itu. Gomes kehilangan rasa percaya diri dan nampaknya Barcelona harus berhenti memberikannya kesempatan di musim baru.

Mencari klub pelabuhan baru juga menjadi jalan terbaik untuyk Andre Gomes. Ia mungkin bisa mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak dan memperbaiki performanya.
 

Real MadridBarcelonaLiga ChampionsBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini