x

Makna Pancasila Juga Ikut Diterapkan Jacksen F Tiago di Barito Putera

Jumat, 1 Juni 2018 16:38 WIB
Editor: Juni Adi

Pada hari ini tepatnya tiap 1 Juni, masyarakat Indonesia selalu memperingati hari lahirnya sebuah ideologi bangsa yakni Pancasila.

Hari spesial tersebut juga rupanya ikut dirasakan oleh pelatih asing ternama di sepakbola Indonesia asal Brasil, Jacksen F Tiago.

Baca Juga

1. Pemahaman Pancasila Menurut Jacksen

Jacksen F Tiago pasca Tribute Match Choirul Huda

Lama tinggal di Indonesia, tak hanya membuat pelatih yang saat ini menukangi Barito Putera itu fasih berbahasa Indonesia, melainkan juga telah mengenal seutuhnya tentang Indonesia, termasuk memahami sebuah ideologi Pancasila.

"Umumnya, Pancasila adalah saat kami manusia menyatukan diri dengan sesama umat dalam sebuah tujuan dan kerukunan demi kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan bangsa tanpa memandang ras maupun suku," kata Jacksen saat dihubungi INDOSPORT melalui pesan singkat.


2. Sila Pertama Diimplementasikan di Barito Putera

Suasana riang di tim Garuda Muda

Lebih lanjut, dari kelima sila yang ada, mantan arsitek Timnas Indonesia ini juga mengungkapkan satu sila yang menurutnya paling dipahami untuk bisa diterapkan dalam kehidupan berwarganegara, dan juga dalam tim Laskar Antasari.

"Yang jelas sila yang pertama, karena Tuhan lah sumber keseimbangan sesama manusia. Kalau kami jalankan yang pertama, keempat poin lain dalam Pancasila secara otomatis akan kami patuhi," tambahnya.


3. Nasionalisme dan Sepakbola

Dukungan suporter Indonesia di Sea Games 2017.

Sejauh ini Pancasila bisa dikatakan sudah mulai banyak dilupakan sebagai pedoman bagi kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Bahkan, di dunia politik sekalipun Pancasila kerap juga terlupakan, itu terbukti dengan sering munculnya perpecahan antar anak bangsa.

Tapi, tidak dengan sepakbola. Cabang olahraga ini dapat menumbuhkan nasionalisme yang tinggi. Saat timnas Indonesia tampil di kancah internasional contohnya, berbagai kelompok suporter akan menyatu demi Indonesia, sekalipun itu kelompok yang berseteru.

Barito PuteraJacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini