x

Perdana Bela Timnas U-23, Riko Simanjuntak Minta Izin ke Bambang Pamungkas

Jumat, 1 Juni 2018 09:44 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Riko Simanjuntak harus jatuh bangun untuk menguasai bola.

Dalam mempersiapkan diri jelang keikutsertaan di Asian Games 2018, Timnas Indonesia U-23 menggelar laga uji coba.

Thailand sendiri dipilih menjadi lawan untuk menguji kemampuan para Skuat Garuda Muda. Uji coba melawan Thailand ini pun dijadwalkan dua kali, yakni pada 31 Mei 2018 kemarin dan 3 Juni 2018 mendatang.

Di uji coba pertama yang berlangsung di Stadion PTIK, Timnas U-23 secara mengejutkan harus mengakui keunggulan Thailand.

Sempat unggul lebih dulu lewat gol Septian David Maulana di menit ke-48, Thailand mampu membalikkan keadaan lewan gol yang dicetak oleh Samsern Limmwatthana dan Tanasith Siripala.


1. Penampilan Riko Simanjuntak

Timnas Indonesia U-23 vs Thailand U-23.

Terlepas dari hasil minor yang diterima, laga antara Timnas Indonesia U-23 kontra Thailand U-23 menjadi sangat spesial bagi salah satu pemainnya.

Sosok itu tidak lain penggawa Persija Jakarta berdarah Batak, Riko Simanjuntak. Bagi pemuda kelahiran 26 Januari 1992 tersebut, ini merupakan penampilan perdananya membawa nama Indonesia.

Baca Juga

Di pertandingan kontra Thailand, Riko sendiri tidak dimainkan Luis Milla semenjak babak pertama, mengingat Rabu (30/05/18) malam sebelumnya ia baru tampil memperkuat Persija kontra Barito Putera di Kalimantan.

Riko baru dimainkan sebagai pemain pengganti saat laga tinggal menyisakan 10 menit waktu normal. Ia masuk menggantikan Osvaldo Haay.


2. Gunakan Nomor Bekas Bepe

Riko Simanjuntak berusaha melewati pemain Thailand.

Sebelum pertandingann Indonesia U-23 vs Thailand U-23 dimulai, Riko sempat membuat update terbaru di akun Instagram pribadinya menggunakan fitur Instastory.

Dalam unggahan tersebut, terlihat mantan penggawa Semen Padang itu sedang berada di ruang ganti pemain dan tengah memegang sebuah jersey yang akan ia gunakan.

Menariknya, dalam unggahan tersebut Riko sempat menyertakan akun Instagram legenda hidup Persija dan Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas atau yang akrab disapa Bepe.

Riko Simanjuntak memakai jersey Timnas Indonesia bernomor punggung 20.

Rupanya, hal itu dilakukan oleh Riko karena ingin meminta izin pada Bepe karena ia akan menggunakan jersey bernomor punggung 20, yang notabene dahulu dimiliki oleh Bepe.


3. Cukup Puas

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla.

Seusai pertandingan, Luis Milla kepada awak media mengaku cukup puas dengan perfoma anak asuhnya, terlepas dari kekalahan yang mereka terima.

"Dari pertandingan tadi saya simpulkan, komunikasi sudah berjalan baik dimana kita banyak ciptakan peluang tapi masih ada hal yang perlu dikoreksi. Kita bisa cetak gol tapi Thailand bermain sangat baik," tuturnya.

"Harusnya saat seri tadi kita tidak membiarkan lawan counter attack. Harusnya jangan kasih peluang untuk musuh. Kami akan kembali melakukan pendekatan dari pertandingan ini dan harus dikoreksi lagi," imbuhnya.

Persija JakartaBambang PamungkasThailandTimnas Indonesia U-23Thailand U-23Luis MillaLiga IndonesiaRiko Simanjuntak

Berita Terkini