x

5 Pemain Persija yang Terancam Dicoret untuk Paruh Kedua Liga 1

Rabu, 13 Juni 2018 11:01 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
5 Pemain Persija Bakal Dicoret

Persija akan melakukan perampingan skuat jelang bursa transfer paruh musim Liga 1 2018. Beberapa pemain Macan Kemayoran terancam dicoret mengingat saat ini 33 pemain yang ada dalam skuat Persija nantinya akan dirampingkan menjadi 28 pemain saja.

Direktur Persija, Gede Widiade, meminta pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, untuk merampingkan skuat Macan Kemayoran yang kini diisi 33 pemain. Persija memang sebelumnya memutuskan untuk memiliki skuat yang cukup gemuk mengingat mereka juga sempat berlaga di Piala AFC 2018.

Baca Juga

"Teco harus putuskan 28 pemain terbaik, akan ada yang dicoret lima pemain. Kemarin ada AFC Cup pemain jumlanhya 33, sekarang tidak ada apa-apa buat apa banyak-banyak. Jadi kami minta 28 pemain terbaik," ujar Gede.

Jumlah 28 pemain itu tentunya di luar pemain baru yang akan bergabung bersama Tim Ibu Kota pada bursa transfer jelang paruh kedua nanti. "Sebanyak-banyaknya yang diinginkan Teco, saya minta cuma 28 pemain termasuk yang baru. Ada pemain muda yang ke (Persija) U-19 nanti," tutup Gede.

Melihat dari performa dan kesempatan bermain, berikut INDOSPORT merangkum lima pemain yang kemungkinan akan didepak dari skuat Persija untuk putaran kedua Liga 1.


1. Addison Alves

Teco dan addison alves

Sejak resmi bergabung dengan Persija pada Februari lalu, Addison Alves baru mencatat tujuh penampilan. Empat di antaranya, striker Brasil itu dipasang dalam starting line up utama oleh pelatih Macan Kemayoran, Stefano Cugurra Teco.

Kedatangan Alves memang sempat diragukan banyak pihak mengingat usianya yang tak muda lagi. Ia lebih banyak dimainkan sebagai back up untuk Marko Simic, hingga Addison Alves membuktikan kapasitasnya sebagai penyerang tajam di lini depan.

Addison sukses memecah kebuntuan untuk Persija kala menghadapi Song Lam Nghe Ahn di pertandingan babak grup Piala AFC 2018 lalu. Alves mampu mencetak gol kala Simic yang demarking para pemain lawan tak mampu melakukannya di laga tersebut.

 Gol tersebut membawa Persija menang tipis 1-0 atas wakil Vietnam tersebut di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Namun nasib Addison terancam jika nantinya Teco terpaksa mencoret beberapa pemain untuk putaran kedua.


2. Rudi Widodo

PSMS Medan vs Persija Jakarta (Rudi Widodo).

Meski lebih sering dipasang sebagai penyerang sayap, namun Rudi Widodo bisa berperan untuk menggantikan Simic sebagai penyerang tengah yang bakal absen membela Persija dalam empat pertandingan.

Di Liga 1 musim ini, Rudi tercatat baru bermain dalam tiga pertandingan termasuk dua kali dipasang sebagai starting line up utama. Namun berbeda dengan Addison yang sempat membuat perbedaan kala diturunkan Teco, Rudi harus memberikan pembuktian.

Ia sempat dipasang kala Persija menghadapi Bhayangkara FC pada Maret lalu untuk menggantikan Ramdani Lestaluhu. Namun striker 34 tahun itu tak mampu memecah kebuntuan Persija yang akhirnya ditahan imbang Bhayangkara.
 


3. Rizky Darmawan

Kiper kedua Persija Jakarta Muhammad Rizky Darmawan.

Persija merasakan betul kehilangan sosok penjaga gawang utama mereka, Andritany Ardhiyasa yang terpaksa menepi karena cedera yang didapatnya kala membela Timnas Indonesia. Macan Kemayoran masih memiliki dua nama kiper untuk menggantikan Andritany, yakni Rizky Darmawan dan Daryono.

Sayang keduanya belum mampu menunjukkan penampilan maksimal saat turun membela Persija. Terutama Rizky Darmawan yang namanya sempat menjadi sorotan karena kesalahan-kesalahan yang kerap dibuatnya di depan gawang yang merugikan Tim Ibu Kota.

Saat leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 melawan Home United, penampilan Rizky tak kunjung membaik dari pertemuan sebelumnya. Sebab kiper 24 tahun ini kembali salah mengantisipasi umpan yang mengarah ke kotak penalti, sehingga dengan mudah Shahril Ishak menjebol gawangnya.

 Selain itu Rizky dihadapkan dengan penalti. Usaha pertamanya mampu mengagalkan sepakan Shahril, akan tetapi bola rebound tersebut tetap mampu dimanfaatkan dengan baik oleh lawan.


4. Stefanus Alua

Septinus Alua

Stefanus Alua direkrut Persija pada November tahun lalu dari Perseru Serui. Namun pemain yang berposisi sebagai gelandang itu belum mendapat banya kesempatan untuk memperkuat Persija dalam pertandingan.

Alua sempat diturunkan kala Persija menaklukkan klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT), di babak grup Piala AFC 2018. Persija kala itu sukses menumbangkan JDT dengan skor telak, 4-0.

Di laga tersebut, Alua juga tercatat hanya masuk menggantikan Sandi Sute di menit ke-88 saat Persija sudah unggul 4-0 melalui quatrik Marko Simic. Hal itu sekaligus menjadi debut atau pertandingan perdananya bersama Persija.
 


5. Asri Akbar

Mantan pemain Borneo FC, Asri Akbar di latihan perdana Persija Jakarta.

Asri Akbar juga tak banyak mendapatkan kesempatan bermain bersama Persija sehingga peluangnya untuk dicoret di paruh kedua cukup besar. Dalam salah satu kesempatan, Asri sempat menyatakan dirinya tak mempermasalahkan menit bermain yang tak banyak didapatnya di Macan Kemayoran.

Asri sendiri didatangkan Persija dari Borneo FC dan langsung mendapatkan durasi kontrak selama dua musim. Namun ia hanya beberapa kali dimainkan dan lebih sering duduk di bangku cadangan Persija.

“Tidak ada persaingan. Semua sama di latihan," ujar Asri.

"Semua pemain punya kelebihan dan kekurangan. Kebijakan pemain ada di pelatih," tambahnya.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018:


Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Persija JakartaAsri AkbarGede WidiadeRudi WidodoLiga IndonesiaLiga 1Addison AlvesRizky Darmawan

Berita Terkini