x

Penuh Drama, Media Spanyol Beberkan Kronologi Pemecatan Julen Lopetegui

Kamis, 14 Juni 2018 16:00 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Julen Lopetegui dan Fernando Hierro.

Pemecatan yang dilakukan oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) kepada Julen Lopetegui sempat membuat heboh para pencinta sepakbola, terlebih masyarakat Spanyol. Pasalnya, pemecatan terjadi beberapa hari jelang Spanyol berlaga di Piala Dunia 2018.

Pemecatan terjadi dikarenakan Lopetegui secara diam-diam telah sepakat menerima pinangan Real Madrid untuk menjadi suksesor Zinedine Zidane, pada Kamis (12/06/18). Padahal, dirinya baru saja menandatangani perpanjangan kontrak dengan Timnas Spanyol.

Baca Juga

1. Pembeberan Media Spanyol

Julen Lopetegui dan Presiden RFEF, Luis Rubiales.

Salah satu media Spanyol terkemuka, Marca, menjabarkan bagaimana kronologi pemecatan yang dilakukan oleh Presiden RFEF, Luis Rubiales, kepada Lopetegui. Bahkan, Rubiales dikabarkan langsung membatalkan acara yang harusnya ia hadiri di Moscow, dalam rangka pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2026.


2. Ungkapan Singkat Rubiales

Luis Manuel Rubiales, presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Di sini, Marca mengabarkan bahwa wajah dari sang presiden RFEF tersebut terlihat sangat marah dan tidak bisa diajak untuk kompromi. Hal tersebut terlihat ketika Rubiales mendarat di Kota Krasnodar, Rusia.

"Kami akan bertindak segera," ucapnya saat kali pertama turun dari pesawat pasca ditanya soal pelatih baru Real Madrid yakni Lopetegui.


3. Lopetegui Dianggap Tidak Sopan

Julen Lopetegui, mantan pelatih Timnas Spanyol.

Dikabarkan oleh Marca, Rubiales sejatinya tidak mempermasalahkan pihak Real Madrid yang ‘mengambil’ Lopetegui untuk menjadi pelatih Cristiano Ronaldo dkk pada musim 2018/19 mendatang.

Namun yang ia permasalahkan adalah ketidaksopanan Lopetegui yang tidak menemui dirinya untuk sekadar memberitahu bahwa ada tawaran dari Real Madrid untuk menjadi pelatih.


4. Libatkan 6 Pemain Spanyol

Para pemain Timnas Spanyol saat menjalani latihan.

Proses pemecatan pun dikabarkan terjadi di kamp Timnas Spanyol. Di sini, Marca mengabarkan bahwa Rubiales memanggil Lopetegui dan Fernando Hierro untuk melakukan pembicaraan serius.

Dalam obrolan tersebut, terdapat enam pemain Spanyol yang dibagi menjadi dua grup, yakni grup para kapten yang terdiri dari Sergio Ramos, Andres Iniesta, dan David Silva. Sementara grup satu lagi berisikan pemain senior berupa Gerard Pique, Sergio Busquets, dan Pepe Reina.

Marca menjabarkan bahwa keenam pemain Spanyol itu menajabarkan kondisi Spanyol kala itu. Disebutkan Ramos merupakan pemain Spanyol yang paling ngotot untuk Lopetegui bertahan di Timnas Spanyol hingga Piala Dunia 2018 usai.

"Pesan mereka jelas: Ini bukan momen yang tepat untuk mengambil keputusan buru-buru. Timnas tidak memiliki komando, dan itu jelas bukan hal ideal untuk sebuah tim. Piala Dunia berlangsung 4 tahun sekali dan bagi beberapa pemain, itu bisa menjadi kesempatan terakhir mereka untuk memenagkan Piala Dunia," tulis Marca dalam pemberitaan mereka.

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Real MadridSpanyolPiala Dunia 2018Julen LopeteguiBola Internasional

Berita Terkini