x

Blunder De Gea di Piala Dunia 2018 Pernah Dilakukannya 4 Tahun yang Lalu

Sabtu, 16 Juni 2018 13:51 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
David De Gea melakukan blunder di semifinal EFL Cup 2014 vs Sunderland

Blunder yang dilakukan kiper Timnas Spanyol, David De Gea, di ajang Piala Dunia 2018 hingga kini masih ramai diperbincangkan oleh para pencinta sepakbola. Pasalnya, selama ini kiper Manchester United itu dikenal sangat hebat di bawah mistar gawang.

Baca Juga

1. Dikenal sebagai Kiper yang Hebat

David De Gea dalam laga Spanyol vs Swiss jelang Piala Dunia 2018.

Banyak sekali penyelamatan gemilang yang telah dilakukan oleh mantan pemain Atletico Madrid tersebut. Terlebih saat Jose Mourinho baru kali pertama menukangi Manchester United di musim 2016/17. Kala itu, De Gea tampil prima di bawah mistar gawang Setan Merah dan mampu menyalamatkan muka Man United.

Hal itulah yang membuat De Gea sempat diincar oleh banyak klub-klub besar Eropa lainnya. Termasuk Real Madrid, yang dikabarkan paling getol untuk mendatangkannya kembali ke Kota Madrid untuk menggantikan Keylor Navas yang telah menua.


2. Lakukan Blunder di Piala Dunia 2018

David De Gea melakukan blunder di Piala Dunia 2018.

Namun apa yang terjadi pada Sabtu (16/06/18) subuh dini hari WIB tadi di luar banyak ekspektasi para penikmat sepakbola. Menjadi palang terakhir Timnas Spanyol, blunder justru dilakukan oleh De Gea ketika melakoni laga penting melawan Portugal.

Di laga tersebut, tendangan keras rendah Cristiano Ronaldo tidak mampu diantisipasi dengan baik oleh pria berusia 27 tahun itu. Bola tidak mampu ia tahan dengan baik, yang berujung gol untuk kubu Portugal.


3. Blunder yang Sama Persis dengan 4 Tahun Lalu

David De Gea melakukan blunder di semifinal EFL Cup 2014 vs Sunderland

Tapi tahukah Anda bahwa blunder yang dilakukan David De Gea pada laga subuh dini hari tadi bukanlah yang pertama kalinya dalam kariernya sebagai seorang pesepakbola?

Ya, De Gea diketahui sempat melakukan blunder yang sama persis dengan apa yang ia lakukan di Piala Dunia 2018. Itu terjadi empat tahun lalu, tatkala membela Manchester United melawan Sunderland di semifinal leg kedua EFL Cup, 22 Januari 2014.

Bermain di Old Trafford, Man United arahan David Moyes justru dikalahkan melalui adu penalti. Uniknya, kekalahan tersebut terjadi karena blunder De Gea.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa peraturan EFL Cup kala itu tidak menganut sistem gol tandang. Sehingga Man United membutuhkan kemenangan 2-0 di Old Trafford, setelah sebelumnya di leg pertama mereka kala itu kalah 1-2 dari Sunderland.

Johny Evans sempat membuat Man United unggul 1-0 lewat golnya di menit ke-37. Namun pertandingan dilanjutkan hingga perpanjangan waktu, karena agregat menjadi 2-2.

Di perpanjangan waktu, Sunderland berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Phil Bardsley berkat blunder David De Gea. Agregat pun membuat Sunderland unggul 2-3.

Beruntung, Chicharito berhasil mencetak gol dan mengubah agregat menjadi 3-3, hingga dilanjutkan ke adu penalti. Namun di adu penalti, empat penendang Man United gagal melaksanakan tugasnya dengan baik, sementara dua pemain Sunderland berhasil mencetak gol.

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

SpanyolDavid de GeaPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini