x

Piala Dunia 2018: Menganalisis Peluang Lolos Jerman Usai Taklukkan Swedia

Senin, 25 Juni 2018 09:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Jerman merayakan gol kedua yang dicetak Toni Kroos ke gawang Swedia.

Sebelum turnamen Piala Dunia 2018 dihelat, Jerman dianggap sebagai tim yang akan dominan di Rusia. Namun, setelah kekalahan dari Meksiko di laga perdana, mendadak publik meragukan Jerman. Jerman terlihat tidak meyakinkan baik dalam menyerang dan bertahan. 

Kemenangan dramatis atas Swedia kembali menghidupkan asa Jerman di turnamen yang telah mereka menangkan sebanyak empat kali tersebut.

Baca Juga

1. Tampil Buruk

Mario Gomez, Thomas Muller, dan Manuel Neuer tampak lesu usai laga melawan Meksiko di Piala Dunia 2018.

Melawan Swedia dan Meksiko, skuat Jerman terlihat tak begitu meyakinkan dalam bertahan. Tentunya hal ini bisa dianggap kelemahan bagi tim lawan. Sepanjang pertandingan, Jerman gagal mengatasi laju lini depan Meksiko. Hal ini terbukti dari banyaknya serangan balik Meksiko yang mampu mengancam gawang Manuel Neuer. 

Di depan gawang, Jerman juga terlihat ragu-ragu, di mana Timo Werner dan Thomas Muller menjadi pihak yang patut bertanggungjawab. 

Kemenangan melawan Korea Selatan akan mengirim jerman ke babak 16 besar, meskipun mereka harus lolos sebagai runner-up group. 

Jika lolos nanti, Jerman harus memperbaiki diri jika mereka ingin melaju jauh di Piala Dunia. 

Jerman beruntung memiliki pemain skillfull seperti Toni Kroos. Di laga melawan Swedia, terlihat bahwa hasil seri sesungguhnya pantas mereka dapatkan jika melihat performa mereka sepanjang pertandingan. 


2. Lubang di Belakang

Hirving Lozano melepaskan tembakan kaki kanan yang menjadi gol pertama Meksiko ke gawang Jerman.

Pertahanan Jerman kerap terlihat grogi dan ringkih. Boateng tampak kurang maksimal, bahkan ia harus dikartu merah. Sebuah penampilan yang tak mencerminkan seorang mantan pemenang Piala Dunia dan Liga Champions.

Salah satu yang tampil apik adalah Joshua Kimmich. Ia tampil dinamis dan penuh energi sehingga membuatnya efektif dalam membantu lini serang. Di babak kualifikasi lalu, bek kanan Bayern Munchen ini memberikan 9 assists. Jumlah ini adalah yang terbanyak di antara pemain Jerman lainnya.

Namun, majunya Kimmich ke depan berakibat pada lubang di lini pertahanan. Winger Meksiko, Hirving Lozano, pun mengmabil keuntungan atas kondisi ini di mana ia mampu mencetak gol kemenangan untuk Meksiko. 

Jerome Boateng dan Mats Hummels yang seharusnya tampil kompak karena sama-sama bermain di Munchen justru tampil di bawah ekspektasi pada laga melawan Meksiko dan Swedia. 

Antonio Rudiger masuk menggantikan Boateng yang dikartu merah saat laga melawan Swedia. Sejatinya duet Rudiger dan Mat Hummels bukanlah duet ideal. Akan tetapi, duet ini diprediksi bakal turun di laga melawan Korea Selatan nanti. 


3. Lini Depan Belum Maksimal

Timo Werner saat gagal mencetak gol dalam laga Jerman vs Meksiko, Minggu (17/06/18).

Selama dua pertandingan pertama mereka, Jerman memiliki rata-rata akurasi tembakan 40 persen. Nama-nama seperti Thomas Muller, Timo Werner, Mario Gomez dan Marco Reus harus lebih agresif dan bisa menjamin gol.

Muller telah mencetak 10 gol di dua Piala Dunia yang pernah ia ikuti. Namun, di dua game pertama di Jerman, Muller belum bisa berbuat banyak. 

Timo Werner juga tampil di bawah standard. Padahal, selama dua musim di RB Leipzig, ia mampu mencetak 34 gol. Ia juga menjadi Top Skor Piala Konfederasi tahun 2017 lalu. Melawan Meksiko dan Swedia, ia banyak menyia-nyiakan peluang. 


4. Keunggulan Individu

Toni Kroos mencetak gol kemenangan Jerman atas Swedia di Piala Dunia 2018.

Walau banyak pemain yang tampil di bawah ekspektasi, namun tetap ada hal positif dari penampilan Jerman. Kemenangan di menit akhir adalah hal paling memuaskan dalam sepakbola dan gol Toni Kroos ke gawang Swedia menunjukkan bahwa secara individu, Jerman tetaplah tim yang memiliki pemain ber-skill tinggi. 

Keberanian Kroos untuk menembak langsung ke gawang ketimbang mengumpan ke rekan-rekannya patut diacungi jempol. Semua starter Jerman di laga menghadapi Swedia pernah merasakan juara Piala Dunia 2014. 

Banyak pula dari antara mereka yang sukses emmenangkan gelar liga dan Liga Champions di level klub. 


5. Peluang Lolos Besar

Timnas Jerman merayakan gol kedua yang dicetak Toni Kroos ke gawang Swedia.

Jerman butuh kemenangan atas Korea Selatan untuk memastikan tiket ke babak 16 besar sebagai runner-up. Dengan kondisi ini, maka ada kemungkinan Jerman akan bersua Brasil di babak 16 besar. 

Walaupun langkah awal Jerman di Rusia kurang meyakinkan, mereka berpeluang mengatasi masalah dan lolos dari babak penyisihan grup untuk kembali menjadi unggulan di turnamen ini. Kualitas individu lagi-lagi akan jadi senjata utama Jerman.

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018 Hari Ini, Senin (25/06/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

MeksikoJermanThomas MullerJerome BoatengToni KroosPiala Dunia 2018Timo Werner

Berita Terkini