x

Piala Dunia 2018: Penalti Ronaldo Buktikan VAR Tidak Berguna

Senin, 25 Juni 2018 18:56 WIB
Penulis: Josephine Krisna Dewi Prawesti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Wasit melihat VAR.

Bek Timnas Portugal, Kepler Laveran Lima Ferreira, mengkritik penggunaan VAR dalam ajang Piala Dunia 2018. Menurutnya VAR tidak memberikan pengaruh yang efektif bagi kompetisi kelas dunia tersebut, termasuk pada saat penalti Cristiano Ronaldo.

Kepler yang biasa dipanggil Pepe oleh rekan setimnya, melihat Cristiano Ronaldo saat pertandingan Portugal vs Spanyol dalam laga pembuka penyisihan Grup B. Namun wasit menentukan keputusan yang salah atas Ronaldo, meskipun Diego Costa melihat bahwa rekan setimnya itu didorong.

Baca Juga

1. Jika Bukan Ronaldo, Mungkin Akan Berbeda

Cristiano Ronaldo saat terjatuh di dalam kotak penalti Maroko.

VAR telah menjadi topik hangat di Piala Dunia di Rusia 2018, tetapi Pepe belum sepenuhnya terkesan. Mantan pesepakbola Real Madrid itu mengklaim bahwa wasit semakin tidak jeli dalam melihat situasi, hingga ia menyimpulkan VAR adalah teknologi mubazir dalam perhelatan kelas dunia ini. 

"Ada insiden yang bahkan tidak membutuhkan VAR," katanya.

"Untuk gol pertama Spanyol mencetak gol melawan kami, wasit tidak perlu reka ulang video, bahkan Diego Costa mengakui itu adalah pelanggaran."

"Kemudian ada penalti untuk Cristiano Ronaldo saat melawan Maroko, tetapi kamera menunjukkan bahwa mereka menangkapnya dan dia didorong. Saya yakin, jika bukan Cristiano, mereka akan memberikan penalti," ujar Pepe yang dikutip dari Marca. 


2. Portugal Bersikap Profesional

Peman Maroko Nordin Amrabat dan Pemain Portugal Raphael Guerreiro berduel di Piala Dunia 2018.

Di tengah keputusan wasit yang dianggapnya tidak adil, Pepe yang kesal mengutarakan bahwa ia sebagai pesepakbola sudah berupaya sebaik mungkin. Ia berusaha untuk menghormati wasit.

"Bagaimanapun juga, kita adalah manusia, kita membuat kesalahan dan saya tidak berpikir para wasit berprasangka terhadap siapa pun."

"Kami harus menghormati mereka, kami profesional dan harus melakukan pekerjaan kami, tidak ada yang lain, itu yang diminta pelatih," kata Pepe. 


3. VAR Juga Rugikan Maroko

Skuat Maroko

Penggunaan VAR dalam laga Portugal vs Maroko juga memancing kritik dari winger Watford yang juga menjadi bagian dari Timnas Maroko, Nordin Amrabat. Ia mengaku bahwa timnya merasa dirugikan oleh adanya teknologi VAR dalam kompetisi tersebut. 

"Portugal hanya membela. Bahkan Cristiano dibiarkan di sana. Mereka berbicara tentang VAR tetapi jika Anda tidak menggunakannya setiap kali maka itu tidak berhasil," ucap Nordin Amrabat yang dikutip dari soccerway. 

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018 hari ini, Senin (25/06/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Cristiano RonaldoPortugalPiala Dunia 2018Bola InternasionalKepler Lima

Berita Terkini