x

Piala Dunia 2018: Terancam Tersingkir, Nasib Son Ada di Tangan Indonesia?

Selasa, 26 Juni 2018 13:56 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Son Heung-min menangis pasca dikalahkan Meksiko di ajang Piala Dunia 2018.

Peluang Timnas Korea Selatan untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia kian menipis. Hal itu berkaca pada hasil minor yang diraih oleh Son Heung-min dan kawan-kawan di dua laga kontra Swedia dan Meksiko. Korsel belum pernah mengemas poin dan baru mencetak 1 gol di babak penyisihan grup F.

Selepas kekalahan di laga melawan Meksiko, ujung tombak Timnas Korsel Son Heung-min tidak kuasa menahan tangis. Meskipun mencetak gol, ia tidak mampu mengangkat prestasi Korsel di Piala Dunia 2018.

Baca Juga

1. Son Harus Wajib Militer!

Son Heung-min, andalan Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Wajib militer merupakan aturan yang diberlakukan pemerintah Korsel kepada pria berusia 19 sampai 28 tahun yang memiliki kesehatan fisik dan mental. Kebijakan tersebut kini menghantui Son. Pasalnya, usia Son kini hampir menginjak 26 tahun pada 8 Juli tahun ini.

Son tidak dapat menunda atau membebaskan diri dari wajib militer kecuali mampu memberikan prestasi kepada negara. Di bidang olahraga, terutama sepakbola, Son setidaknya harus membawa Timnas Korsel lolos hingga babak perempatfinal Piala Dunia 2018 di Rusia, seperti dikutip sportbible.

Pemain Tottenham Hotspurs ini masih berpeluang membawa Korsel sampai babak knockout. Korsel harus mampu mengalahkan Jerman, sementara Meksiko berhasil unggul atas Swedia. Namun demikian, hal itu tidaklah mudah.


2. Karier di Liga Primer Inggris

Son Heung-Min berselebrasi usai membobol gawang Bournemouth.

Son harus merelakan kariernya di Liga Primer Inggris bersama Spurs apabila menjalani wajib militer selama dua tahun. Ia akan kehilangan kesempatan emas untuk berkembang lebih pesat dan memecahkan rekor atas nama dirinya. Terakhir, Son berhasil mencetak sejarah sebagai pemain Asia yang mampu menciptakan gol terbanyak di Liga Primer Inggris.


3. Nasib Son Ada di Tangan Indonesia?

Son dan rekannya bersedih usai Korea Selatan gagal menang atas Meksiko.

Ya. Son bertaruh banyak kepada Indonesia. Pasalnya, jika gagal di Piala Dunia 2018, kesempatan Son terakhir untuk berprestasi ialah di ajang Asian Games 2018.

Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah pada ajang multicabang tersebut. Son berpeluang tampil di cabang sepakbola. Ia harus membawa Timnas U-23 Korsel juara Asia Games 2018 untuk menghindari wajib militer. Bukan tidak mungkin, Son akan bertemu Indonesia di ajang tersebut.

"Son punya keinginan yang kuat untuk bisa berkompetisi di Asian Games 2018," ucap Kim Hak-bum, pelatih Timnas U-23 Korea Selatan, dilansir dari Reuters.

"Tapi saya sudah berkata pada Son agar ia bisa tampil dengan baik di Piala Dunia di Rusia dahulu, sebelum kita bertemu di Asian Games," tambahnya.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018 hari ini, Selasa (26/06/18):

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Korea SelatanAsian Games 2018Piala Dunia 2018Son Heung-MinBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini