x

Daftar Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Jumat, 29 Juni 2018 05:05 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Tak terasa Piala Dunia 2018 telah menyelesaikan babak penyisihan grup dari A hingga H dalam kurun waktu kurang lebih dua pekan terakhir.

Dari 32 negara yang ikut berpartisipasi, hanya 16 tim yang dipastikan lolos ke fase knock out. Banyak tim-tim besar yang menjadi favorit juara justru malah meraih hasil kurang memuaskan.

Baca Juga

1. Tanpa Jerman

Para pemain Timnas Jerman tertunduk lesu.

Salah satu kenyataan yang paling membuat publik sepakbola dunia khususnya Jerman terkejuta adalah, tersingkirkan Der Panzer dari ajang empat tahunan tersebut.

Tim besutan Joachim Low itu harus meninggalkan Rusia lebih awal, setelah gagal lolos dari babak penyisihan grup karena takluk dari Korea Selatan di laga pamungkas Grup F.

Di klasemen akhir, Jerman tenggelam di dasar klasemen dengan tiga poin, di bawah Korea Selatan (posisi 3), Meksiko (posisi 2), dan Swedia (posisi 1).


2. Penuh Dramatis

Skuat Argentina.

Tak heran jika tim sekelas Jerman gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018. Sebab, persaingan Piala Dunia edisi kali ini terbilang cukup berat.

Bagaimana tidak, banyak negara-negara besar yang nyaris bernasib sama dengan Der Panzer, sehingga harus menentukan kelolosan hingga laga terakhir, bergantung dengan tim lain, dan juga faktor fair play.

Seperti Argentina yang nyaris pulang lebih cepat setelah sempat bermain imbang 1-1 dengan Nigeria. Padahal mereka sangat membutuhkan kemenangan, sebelum akhirnya di menit-menit akhir mereka menang dengan skor 2-1.

Selain Albiceleste, Portugal juga sempat dibuat was-was dan diancam gagal lolos oleh Iran. Hal tersebut dikarenakan, Iran sempat menyamakan kedudukan ketika keduanya bertemu. Sayang, wakil Asia itu tak bisa mencetak satu gol lagi untuk bisa lolos.

Yang tak kalah dramatisnya adalah penentuan lolosnya sebuah tim dari Grup H antara Jepang dan Senegal. Memliki poin sama yakni empat.

Namun, Jepang berhak lolos karena dalam poin fair play, mereka lebih sedikit mengoleksi kartu kuning (4), dibandingkan dengan Senegal (6).


3. Daftar 16 Tim yang Lolos

Trofi Piala Dunia.

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

JepangArgentinaJermanPortugalPiala DuniaPiala Dunia 2018Bola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018Best Moment Piala Dunia 2018

Berita Terkini