x

5 Alasan Brasil Layak Juara Piala Dunia 2018

Selasa, 3 Juli 2018 10:52 WIB
Editor: Juni Adi
Timnas Brasil di Piala Dunia 2018.

Hasil positif kembali diraih Brasil pada ajang Piala Dunia 2018. Tim besutan Tite itu baru saja mengalahkan perlawanan Meksiko di babak 16 besar dengan skor 2-0.

Hasil tersebut membuat Neymar cs berhak lolos ke 8 besar, dan akan bertemu dengan Belgia pada Sabtu (07/07/18 malam WIB.

Keperkasaan Brasil membuat mereka jadi salah satu tim yang difavoritkan untuk menjadi juara, setelah tim-tim besar lainnya seperti Jerman, Spanyol, Argentina, Portugal sudah lebih dulu gugur.

Baca Juga

Lantas faktor apa saja yang membuat Brasil layak menjuarai turnamen empat tahunan tersebut pada edisi tahun ini? Berikut INDOSPORT coba merangkumnya:


1. Punya Pertahanan Kokoh

Thiago Silva berusaha menghalau bola udara.

Selain lini depan yang mematikan, Brasil juga mempunyai pertahanan yang cukup kuat. Pada Piala Dunia 2018 kali ini, gawang Tim Samba dikawal bek-bek hebabt, yang jadi pilar utama di klub-klub top Eropa.

Seperti Thiago Silva (PSG), Miranda (Inter Milan), Marquinhos (PSG), Marcelo (Real Madrid), Danilo (Manchester City), dan Felipe Luiz (Atletico Madrid).

Bukti tangguhnya pertahan Brasil, dalam empat laga terakhir Piala Dunia 2018, mereka baru kebobolan satu gol.Yakni imbang 1-1 lawan Swiss, menang 2-0 atas Kosta Rika, menang 2-0 atas Serbia, dan menang 2-0 atas Meksiko.


2. Kedalaman Materi Pemain

Para pemain Brasil di sesi latihan.

Bisa dibilang skuat Brasil yang dibawa Tite pada Piala Dunia 2018 adalah generasi emas, sejak 2002. Bagaimana tidak, kedalaman materi pemain skuat Brasil cukup mengerikan, dan merata antara pemain inti dan juga cadangan.

Sebut saja Ederson, Roberto Firmino, Marquinhos, Douglas Costa, Fernandinho, dan Fred. Hal tersebut membuat Tite tak perlu pusing memilih pemain pengganti, jika salah satu anak asuhnya harus absen karena cedera atau akumulasi kartu.

Untuk babak 8 besar nanti misalnya. Brasil harus kehilangan gelandang bertahan andalannya, Casemiro yang absen karena akumulasi kartu kuning. Fernandiho dipercaya akan dipilih oleh Tite untuk menggantikan peran bintang Real Madrid itu. 

Pemilihan gelandang Manchester City itu cukup tepat, karena ia sudah empat kali tampil memperkuat timnas Brasil di Piala Dunia 2018. Namun, pemain 33 tahun itu memulai semua laga tersebut dari bangku cadangan.


3. Tak Bergantung Satu Pemain

Skuat Brasil merayakan gol pembuka yang dicetak Neymar ke gawang Meksiko.

Sama seperti Argentina, Brasil memiliki skuat yang bertabur bintang pada Piala Dunia 2018 ini. Hanya bedanya, para bintang di Albiceleste tampil dengan mengedepankan keegoisan individu setiap pemain, yang membuat mereka melempem.

Hal tersebut tak berlaku di Brasil. Sebab, meski mereka memiliki banyak pemain bintang seperti Neymar dan Coutinho, Tite mampu meredam keegoisan pemain bintangnya, dan menampilkan permainan kolektif.

Bukti dari Brasil tak bergantung satu pemain adalah, dari empat pertandingan yang telah dilakoni di Piala Dunia 2018, para pemain silih berganti cetak gol.

Berikut daftar pencetak gol Brasil:

Philippe Coutinho (2 gol)
Neymar (2 gol)
Paulinho (1 gol)
Thiago Silva (1 gol)
Roberto Firmino (1 gol)

 

4. Pelatih yang Disegani

Tite, pelatih Timnas Brasil.

Sejak babak kualifikasi hingga bergulirnya Piala Dunia 2018, Brasil jadi salah satu tim yang culup tangguh. Hal tersebut dikarenakan, bukan hanya faktor materi pemain melainkan juga sang pelatih Tite yang sangat dihormati anak asuhnya.

Pria bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi itu memiliki karakter berbeda, dari pendahulunya Carlos Dunga. Itulah sebabnya, Neymar cs bisa fokus meraih kemenangan di setiap pertandingan untuk sang pelatih dan publik Brasil.


5. Strategi Tite

Brasil sukses melaju ke babak 8 besar Piala Dunia 2018.

Dengan menggunakan strategi reguler, Tite tidak takut bermain menyerang atau kehilangan kemenangan di setiap laga.Strategi tersebut cukup ampuh untuk meredam keegoisan para pemain bintangnya. 

Sebab, Neymar dan kolega paham betul jika mereka bermain apik maka akan memiliki kesempatan, untuk kembali dimainkan oleh sang pelatih.

Hal ini berbanding terbalik delapan tahun terakhir, dimana Marcelo hanya menghuni bangku cadangan dan tak diberi kesempatan bermain oleh Carlos Dunga di Piala Dunia 2010.

Berikut Jadwal Siaran Langsung 16 Besar Piala Dunia 2018 Hari Ini:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

BrasilPiala DuniaPiala Dunia 2018Bola InternasionalBest of the Best Piala Dunia 2018Listicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini