x

Lagi, Fans Jepang Lakukan Aksi Terpuji Usai Disingkirkan Belgia

Selasa, 3 Juli 2018 11:53 WIB
Editor: Juni Adi
Suporter Jepang.

Timnas Jepang gagal jadi wakil Asia satu-satunya untuk bermain di babak 8 besar Piala Dunia 2018. Sebab, mereka takluk dari Belgia di babak 16 besar pada Selasa (03/07/18) dinihari WIB.

Dalam laga yang dihelat di Stadion Rostov Arena, Samurai Biru sebetulnya mampu unggul terlebih dahulu melalui gol Takashi Inui dan Genki Haraguchi. 

Namun sayang, Jepang gagal mempertahankan keunggulan sehingga Belgia mampu bangkit dan membalikan keadaan menjadi 3-2 melalui gol Jan Vertonghen, Marouane Fellaini, dan Nacer Chadli.

Baca Juga

1. Aksi Terpuji Fans Jepang

Suporter Jepang mengumpulkan sampah usai pertandingan lawan Belgia.

Kendati timnya baru saja tersingkir, tak membuat para suporter Jepang meradang. Usai pertandingan, mereka kembali jadi sorotan lantaran tetap melakukan aksi bersih-bersih, dengan mengumpulkan sampah di sekitar bangku penonton.

Hal tersebut sontak mengundang banyak puji dari beberapa netizen, yang berkicau melalui jejaring media sosial Twitter. Berikut beberapa cuitan diantaranya:

"Orang Jepang adalah orang-orang terbaik yang pernah Anda temui, sangat menghormati dan rendah hati. Mereka membersihkan stadion juga merupakan sikap yang baik," kicau akun @TheColdTweet7.

"Inilah bagaimana penggemar Jepang berbeda dengan penggemar lain. Bahkan setelah kalah dan dikeluarkan dari Piala Dunia 2018, mereka ada di stadion untuk membersihkannya," tulis akun @ShubhamDasgupt2.


2. Bukan Kali Pertama

Suporter Jepang memungut sampah usai laga Kolombia vs Jepang, laga Grup F Piala Dunia 2018.

Ini bukanlah kali pertama suporter Jepang melakukan aksi terpuji memungut sampah, usai pertandingan. Sebelumnya, mereka melakukan hal serupa saat laga perdana babak penyisihan Grup, melawan Kolombia.

Kemudian aksi terpuji tersebut mereka lanjutkan di pertandingan-pertandingan Jepang selanjutnya, selama Piala Dunia 2018.


3. Diikuti Suporter Lain

Suporter Brasil.

Kendati Jepang sudah tersingkir, dan suporter tak akan lagi menghiasi bangku stadion dengan aksi bersih-bersih usai pertandingan, budaya tersebut berhasil menyebar ke suporter lain.

Sadar akan kebersihan, beberapa suporter negara lain meniru aksi terpuji suporter Jepang itu usai pertandingan, salah satunya adalah para penggemar Brasil, yang memungut sampai usai laga melawan Meksiko.

Berikut Jadwal Siaran Langsung 16 Besar Piala Dunia 2018 Hari Ini:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

JepangBrasilPiala DuniaPiala Dunia 2018Bola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018Best Moment Piala Dunia 2018

Berita Terkini