x

Jelang Lawan Inggris, Kroasia Malah Resmi Pecat Pelatihnya

Selasa, 10 Juli 2018 11:22 WIB
Editor: Juni Adi
Ognjen Vukojevic.

Jelang laga melawan Inggris di semifinal Piala Dunia 2018, pada Kamis (12/07/18) dini hari WIB, kondisi internal Kroasia tengah terguncang.

Hal tersebut dikarenakan salah satu staf pelatih mereka, Ognjen Vukojevic dipecat oleh Asosiasi Sepakbola Kroasia (HNS) atas komentarnya yang bernada politis. Selain dipecat, ia juga mendapat denda dari FIFA, sebesar 15.000 francs Swiss (Rp216 juta).


1. Pernyataan HNS

Para pemain Kroasia merayakan kemenangan atas Rusia di Piala Dunia 2018.

"Asosiasi Sepakbola Kroasia dengan ini mengabarkan bahwa Ognjen Vukojevic telah kami bebas tugaskan sebagai asisten pelatih Timnas Kroasia. Sekarang, dia tidak lagi menjadi bagian dari Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018," ujar pernyataan resmi HNS, dilansir The Independent.

Baca Juga

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

"Pihak Asosiasi Sepakbola Kroasia (HNS) juga sudah memutuskan untuk mencabut akreditasi Vukojevic di Piala Dunia 201,  dan sudah mencabut posisinya sebagai asisten pelatih Timnas Kroasia. HNS juga meminta maaf kepada publik Rusia atas aksi dari delegasi kami."


2. Awal Mula Insiden Video

Domagoj Vida dan Ognjen Vukojevic dalam video mereka.

Insiden bermula ketika salah seorang jurnalis asal Ukraina, Andrey Shakhov mengunggah video ucapan "Jayalah Ukraina" yang dilakukan oleh Ognjen Vukojevic seorang pemain Kroasia, Domagoj Vida usai menang 4-3 atas Rusia di perempatfinal.

Video tersebut sontak viral dan memicu kritik dari para politisi Rusia dan komite disiplin FIFA. Hubungan Rusia dengan Ukraina memburuk sejak Rusia mengakusisi Crimea pada 2014 menyusul aksi kelompok pro-Rusia yang menguasai parlemen lokal.

Baca Juga

Pemerintah Ukraina menuduh Rusia mempersenjatai gerakan separatis pro-Rusia yang menguasai sebagian wilayah timur negara itu, dan mendukung kelompok separatis dengan pasukan militer Rusia.

Berikut Jadwal Siaran Langsung Semifinal Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

KroasiaInggrisPiala DuniaPiala Dunia 2018Bola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini