x

4 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Panas 2018

Rabu, 11 Juli 2018 20:23 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Yohanes Ishak

Jendela transfer musim panas selalu penuh kejutan. Ini merupakan salah satu cara bagi klub untuk meningkatkan performa tim mereka menghadapi musim yang baru.

Selama beberapa tahun terakhir, rekor transfer terus dipatahkan karena nilai pasar pemain didasarkan cenderung meningkat setiap tahunnya. Masih berada di awal Juli, klub di 5 liga teratas di Eropa telah mengeluarkan lebih dari 2,3 miliar euro atau setara dengan Rp38 trilun.

Tidaklah mengherankan melihat jumlah uang yang mengalir sejakbursa transfer Januari tahun ini. Beberapa nama seperti Phillipe Coutinho dan Aymeric Laporte didatangkan dengan biaya fantastis. Namun rekor tertinggi masih dipegang oleh Neymar saat hengkang dari Barcelona ke PSG di musim panas lalu.

Baca Juga

Dengan masih berlangsungnya Piala Dunia 2018, rekor transfer masih akan terus mengalami berubahan. Berikut 4 transfer paling mahal musim panas hingga Rabu (11/07/18) menurut Sportskeeda.


1. 4. Naby Keita

Naby Keita, pemain anyar Liverpool.

Naby Keita didatangkan Liverpool dari RB Leipzig dengan biaya sebesar 60 juta Euro atau setara Rp1,01 triliun. Sebenarnya Keita telah setuju bergabung dengan Liverpool pada Agustus tahun lalu setelah Leipzig mengaktifkan klausul pembebasannya.

Namun ia baru secara resmi bergabung dengan The Reds pada 1 Juli kemarin. Keita menjadi transfer kedua termahal di Liverpool setelah Virgil Van Dijk yang baru di beli Januari lalu.

Penampilan Keita di Bundesliga sangat mengesankan dan berhasilmembantu Leipzig finish sebagai runner-up pada musim Bundesliga pertama mereka. Gelandang ini sering dibandingkan dengan N'Golo Kante karena sering memberi umpan yang berbuah gol.


2. 3. Thomas Lemar

Thomas Lemar saat masih di AS Monaco.

Thomas Lemar datang dari AS Monaco ke Atletico Madrid dengan mahar sebesar 65 juta euro atau setara dengan Rp1,09 trilun. Ini merupakan harga yang cukup tinggi untuk pemain muda sepertinya.

Gelandang serang asal itu Prancis kini baru berusia 22 tahun dan sempat sering dikaitan dengan kepindahannya ke klub Liga Primer Inggris termasuk Liverpool dan Arsenal.

Namun, pada bulan Juni lalu, ia mengumumkan kepindahannya Atletico Madrid. Ini membuatnya menjadi pemain termahal sepanjang sejarah Atletico dan ia berharap bisa membantu klub barunya untuk meraih gelar La Liga.


3. 2. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez resmi pindah klub dari Leicester City menuju Man City.

Penampilan Riyad Mahrez bersama Leicester City di Liga Primer dalam 3 musim terakhir telah meninggalkan kesan mendalam bagi Pep Guardiola. Selama dua tahun berada di The Foxes, ia berhasil membantu klubnya meraih trofi Liga Primer di tahun 2016.

Mahrez baru saja menandatangani kontrak dengan Manchester City kemarin seusai mereka membayar mahar sebesar 67,8 juta euro atau setara Rp1,14 trilun.

Dengan jumlah tersebut, ia menjadi pemain paling mahal yang pernah dibeli oleh City. Sayangnya, kemungkinan besar Mahrez masih akan duduk di bangku cadangan karena Citizen juga memilki segudang pemain depan berbakat.


4. 1. Cristiano Ronaldo

Poster Cristiano Ronaldo dengan menggenggam logo Juventus yang ada di jersey.

Salah satu transfer yang paling fenomenal bulan ini adalah kepindahan mega bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo ke Juventus.

Kepindahan ini mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, ia menghabiskan sembilan tahun luar biasa di Spanyol, memecahkan banyak rekor individu, memenangkan banyak trofi, dan bersaing ketat dengan pemain Barcelona, Lionel Messi.

Pindah ke Juve dengan mahar 100 juta euro atau sebesar Rp1,6 trilun, membuat Madrid menghasilkan untung besar. Ronaldo didatangkan  dari Manchester United dengan biaya sebesar 94 juta euro pada tahun 2009.

Meskipun telah memasuki usia 33 tahun, Ronaldo memiliki potensi untuk bermain beberapa musim lagi dan tentu akan membantu Juventus meraih Liga Champions di musim mendatang. Meskipun bukan transfer termahal, ia adalah ikon penting untuk mendulang uang klub.

Bursa TransferReal MadridAtletico MadridCristiano RonaldoLiverpoolManchester CityAS MonacoJuventusLeicester CityRiyad MahrezRB LeipzigNaby KeitaThomas Lemar

Berita Terkini