x

Piala Dunia 2018: Handball Ivan Perisic, Penalti atau Tidak?

Senin, 16 Juli 2018 03:34 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Ivan Perisic saat tampil di laga final Final Piala Dunia 2018 Prancis vs Kroasia.

Partai final Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Prancis vs Kroasia telah berakhir. Prancis tampil menjadi juara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2. 

Satu dari empat gol Prancis dicetak melalui tendangan penalti. Pada menit ke-34 para pemain Prancis mengangkat tangan tanda handball yang dilakukan Ivan Perisic.

Wasit lalu melihat Video Assistant Referee (VAR) dan memutuskan untuk memberikan penalti kepada Prancis. Namun, ada pihak yang meragukan keputusan wasit tersebut. 

Baca Juga

TOP 5 NEWS INDOSPORT: RONALDO GABUNG JUVENTUS, 12 PESEPAKBOLA TERJEBAK DI GUA

Beberapa diantaranya adalah beberapa mantan pemain terkenal. Mereka menilai tidak seharusnya wasit memberikan penalti kepada Prancis. 

Namun, ada juga pendapat yang mengatakan sebaliknya. Sehingga terjadi pro dan kontra. 


1. Pendapat Kontra

Para pemain Kroasia usai laga final Piala Dunia 2018.

Beberapa pendapat yang menganggap handball Ivan Perisic tidak layak berbuah penalti adalah mantan pemain Timnas Inggris Alan Shearer dan Rio Ferdinand, serta mantan pelatih Timnas Jerman, Jurgen Klinsmann. 

"Keputusan konyol seperti itu tak seharusnya menentukan hasil akhir di final. Itu hal yang tak pantas. Kroasia bermain balik dan kalah karena tendangan bebas yang bukan tendangan bebas, dan penalti yang seharusnya bukan penalti," ujar Alan Shearer dilansir dari BBC.

Baca Juga

TOP 5 NEWS INDOSPORT: RONALDO GABUNG JUVENTUS, 12 PESEPAKBOLA TERJEBAK DI GUA

"Kalian tak bisa bilang itu 100% penalti. Dia (Perisic) tak sengaja menyentuh bola. Bola terlalu dekat untuk dia bereaksi. Fakta bahwa wasit membutuhkan waktu lama untuk mengambil keputusan, menjadi tanda bahwa wasit ragu," tambah Rio Ferdinand. 

"Saat anda tak yakin, anda jangan memberikan penalti. Itu keputusan yang salah," ujar Jurgen Klinsmann yang menjadi bintang Jerman di Piala Dunia 1990.


2. Pendapat Pro

Ivan Perisic mencetak gol yang membuat Kroasia menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Meski ada pendapat yang mengatakan handball Ivan Perisic tidak pantas berbuah penalti, ada pula yang mengatakan itu memang penalti. Salah satunya adalah mantan gelandang Timnas Inggris, Chris Waddle. 

"Saya pikir itu memang penalti. Saya akan memberikannya jika jadi wasit. Perisic menghentikan laju bola dengan tangannya. 


3. Law of The Game FIFA

Ilustrasi Wasit bersiap untuk mengadili ditengah sepakbola.

Dalam peraturan FIFA soal handball disebutkan bahwa handball adalah aksi seorang pemain  yang melakukan kontak dengan bola menggunakan tangan atau lengan. 

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

- Pergerakan tangan ke arah bola (bukan bola ke arah tangan). 

- Jarak antara lawan dan bola (bola tak terduga)

- Posisi tangan tak berarti bahwa ada upaya pelanggaran 

Dalam kasus Perisic, poin pertama menyatakan bahwa handball yang dilakukannya tidak berbuah penalti karena bola datang ke arah tangannya. Namun wasit yang memimpin pertandingan punya pertimbangan sendiri. 

Meski terjadi pro dan kontra, pertandingan sudah berakhir dan Prancis dinobatkan menjadi juara dunia untuk kedua kalinya. 

Prancis Menjadi Juara Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

KroasiaPrancisPiala Dunia 2018Ivan PerisicWasitBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini