x

Lupakan Ronaldo vs Messi, Ini Duel Maut yang Layak Dinanti di El Clasico Musim 2018/19

Senin, 23 Juli 2018 19:16 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
Duel Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

FOOTBALL265.COM - Laga El Clasico selama sembilan tahun terakhir selalu dikaitkan dengan persaingan Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi. Padahal tidak hanya mereka.

Pertemuan Real Madrid kontra Barcelona, baik itu di La Liga Spanyol atau di tingkat Eropa, memang selalu menarik perhatian. Apalagi di satu dekade terakhir laga ini kerap diartikan persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Padahal ada banyak pemain penting, tidak hanya mereka berdua saja.

Musim ini, Cristiano Ronaldo sudah resmi bergabung dengan Juventus. Namun, bukan berarti El Clasico kehilangan daya magisnya. Yang lebih seru, pertarungan klasik ini justru akan menjadi ajang persaingan rekan senegara yang membela klub yang berbeda.

Baca Juga

Tetapi, bukankah itu sudah biasa juga? Sergio Ramos di kubu Los Blancos bersaing dengan rekannya yang bermain di Barcelona, Gerrard Pique. Casemiro (Real Madrid) dan Paulinho (saat masih di Barcelona) yang bersatu di tim nasional Brasil, di El Clasico akan jadi lawan.

Musim ini, penonton akan dimanjakan juga persaingan rekan senegara yang bermain di klub yang berbeda. Dan mereka mewakili negara yang menjadi finalis Piala Dunia 2018. Siapa?


1. Luka Modric vs Ivan Rakitic

Ivan Rakitic (kiri) dan Luka Modric saling bertukar jersey dan memberi pesan.

Lini tengah Kroasia memang luar biasa karena ada kedua pemain ini. Keduanya menjadi kunci keberhasilan Kroasia melaju ke final Piala Dunia 2018 di Rusia. Penampilan gemilang keduanya bersama negaranya membuat pecinta sepak bola semakin penasaran dengan El Clasico di musim ini. Terlebih sudah ada beberapa perubahan di klub masing-masing.

Rakitic diharapkan bisa menjadi penerus legenda Barcelona Andres Iniesta yang sudah pindah ke Jepang bersama Vissel Kobe. Eks Sevilla ini mencetak salah satu gol kemenangan Los Blaugrana dalam final Liga Champions Eropa musim 2014/2015 melawan Juventus.

Kedatangan Ernesto Valverde di Camp Nou membuat Rakitic semakin berperan sebagai jenderal lapangan tengah, tidak lagi menjadi pemain di sisi kanan belakang Lionel Messi.

Sementara Modric, semua orang sudah tahu betapa lincahnya pemain ini. Dan terpilihnya dia menjadi pemain terbaik Piala Dunia 2018 tentu bukan hak yang mengejutkan.

Keindahaan kerja sama keduanya di Timnas Kroasia terlihat saat keduanya mencetak masing-masing satu gol saat melawan Argentina di fase grup. Nah, di saat mereka sudah kembali ke klub masing-masing, tentu tak sabar menyaksikan pertarungan lini tengah di laga klasik ini. Siapa yang lebih oke?


2. Raphael Varane vs Samuel Umtiti

Selebrasi kegembiraan Samuel Umtiti usai mencetak gol ke gawang Belgia.

Duel sesama Spanyol Sergio Ramos-Gerard Pique tentu sudah tak asing. Tetapi jangan lewatkan duel Raphael Varane (Real Madrid) dan Samuel Umtiti (Barcelona). Keduanya di Timnas Prancis memang masih seumur jagung, tetapi kecepatan Varane dan militannya Umtiti jelas berkontribusi pada keberhasilan Prancis meraih juara dunia tahun ini.

Baca Juga

Varane bukanlah pemain yang terlalu agresif seperti Ramos. Pemain berusia 25 tahun ini mengandalkan kecepatan dan kekuatan fisik. Tiga tahun terakhir Varane menunjukkan penampilan yang semakin stabil, dan menjadi incaran beberapa klub besar (termasuk Manchester United).

Sementara Umtiti punya daya jelajah yang baik dan penguasaan bola yang baik. Pemain keturunan Kamerun ini namanya mulai dikenal saat Prancis menjadi tuan rumah perhelatan Euro 2016. Setahun terakhir, namanya cukup bersinar bersama Barcelona.

Jika di tim nasional Prancis mereka bahu membahu rapi menjaga lini pertahanan, kembali ke klub masing-masing mereka akan bersaing menunjukkan yang terbaik. Bagaimana pembaca INDOSPORT? Siap melihat duel maut kedua bek ini di El Clasico?

Mesut Ozil Resmi Pensiun dari Timnas Jerman

Real MadridCristiano RonaldoKroasiaPrancisLuka ModricIvan RakiticBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolRaphael VaraneEl ClasicoPiala Dunia 2018Liga SpanyolSamuel Umtiti

Berita Terkini