x

Lakukan Pelecehan Bendera Indonesia, Malaysia Siap Pulangkan Amirul dari Piala AFF U-16?

Sabtu, 4 Agustus 2018 02:41 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Juni Adi

FOOTBALL265.COM - Hubungan Indonesia dan Malaysia semakin memanas setelah adanya insiden saling melecehkan sepanjang gelaran Piala AFF U-16 2018. Hal itu berawal dari aksi Amirul Ashrafiq Hanifah yang melecehkan bendera Indonesia di media sosialnya.

Aksi itu pun nyatanya membuat sebagian pecinta sepak bola nasional geram. Beberapa suporter Indonesia pun dikabarkan menghina skuat Timnas Malaysia U-16 dengan kata-kata kasar.

Imbas nyanyian rasis yang terjadi di laga Timnas Malaysia U-16 saat melawan Thailand di ajang Piala AFF U-16 berimbas panjang. Bahkan akibat permasalahan ini, induk Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) akan menggunakan kendaraan rantis, saat Timnas Malaysia berlaga.

Baca Juga

Baru-baru ini, bahkan ada wacana jika pemain yang bersangkutan, akan dipulangkan ke negaranya untuk mengantisipasi perbuatan yang tidak menyenangkan pada saat berlaga di Indonesia.

Namun, kabar tersebut langsung dibantah oleh Ketua Program Pembangunan Bola Sepak Negara Malaysia, Safirul Azli Abu Bakar. Menurutnya, kabar tersebut tidak benar dan pemain yang bersangkutan masih akan berlaga bersama Timnas Malaysia U-16.

"Apa yang saya dengar pernyataan terakhir dari AFF (Federasi Sepakbola ASEAN) untuk tingkatkan tingkat keamanan," kata Safirul seperti dikutip dari BHOnline.

"Hal itu (keputusan mengirim pulang pemain) berada di tangan FAM (Asosiasi Sepakbola Malaysia). Namun, sejauh ini saya tak dengar apa-apa berita, biasanya kami juga akan diinformasikan. Mungkin (rumor)," beber Safirul.


1. Tak Menarik Diri

Sekjen FAM, Stuart Ramalingam, akhirnya memberikan jawaban mengenai tantangan yang diberikan Edy Rahmayadi.

Sekertaris Jenderal FAM, Stuart Ramalingam, memutuskan jika Malaysia tidak akan menarik diri dari Piala AFF U-16 2018.

"Kami tidak akan menarik diri (dari Piala AFF U-16 2018) untuk sementara waktu dan kami tidak membahas masalah ini dengan AFF," kata Stuart seperti dikutip dari Straits Times.

Keputusan itu diambil karena menurut Stuart, Timnas Malaysia saat ini telah diberikan keamanan tambahan, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Selain itu, dirinya juga puas dengan keamanan yang telah diberikan PSSI selama turnamen ini berlangsung.

Baca Juga

"Tim kami telah diberi keamanan tambahan dengan tiga mobil patroli untuk mengawal mereka. Dengan keamanan yang diperketat, tim kami di sana seharusnya tidak memiliki masalah.”

"Saya puas dengan langkah-langkah keamanan dan kerja sama yanf dilakukan PSSI dan AFF sehingga kami akan membiarkan mereka melakukan pertandingan,” tutupnya.

Menpora Imam Nahrawi Balik Sindir Malaysia

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain hanya di INDOSPORT