x

3 Fakta Menarik Kepa Arrizabalaga Sang Kiper Termahal Dunia

Kamis, 9 Agustus 2018 15:11 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Kepa Arrizabalaga resmi pindah dari Athletic Bilbao menuju Chelsea.

INDOSPORT. COM - Chelsea tak butuh waktu lama untuk mencari pengganti Thibaut Courtois yang hijrah ke Real Madrid. Dalam hitungan jam, Chelsea resmi mendatangkan kiper muda Kepa Arizxzabalaga dari Athletic Bilbao

Kepa bukanlah kiper sembarangan. Di usianya yang ke-23 tahun, Chelsea harus menebusnya hingga 71, 6 juta pounds (Rp1,37 triliun). Ia pun kini menjadi kiper termahal di dunia. 

Dengan statusnya sebagai kiper termahal dunia dan bermain di salah satu klub besar Inggris, maka menarik untuk menyimak fakta-fakta seputar dirinya. 

Baca Juga

Apa saja fakta-fakta menarik tentang Kepa? Berikut ini INDOSPORT pilihkan tiga di antaranya. 


1. 3. Kiper Termahal Dunia

Kepa Arrizabalaga, kiper Timnas Spanyol dari klub Atletic Bilbao.

Kepa Arrizabalaga menjadi kiper termahal di dunia saat didatangkan Chelsea dari Atletico. Nilai transfer sang pemain mencapai 71,6 juta poundsterling (Rp1,37 triliun). 

Angka fantastis ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Alisson Becker saat hijrah dari Roma ke Liverpool. Becker saat itu dihargai 66,8 juta poundsterling (Rp1,2 triliun). 

Kepa juga menjadi kiper termuda dengan banderol termahal mengalahkan Buffon (23 tahun) yang dibeli Juventus dari Parma seharga 52 juta euro. 


2. 2. Langganan Timnas Spanyol Junior

Kepa Arrizabalaga (kiri) dan David De Gea, dua kiper Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

Walau hanya menjadi cadangan di Piala Dunia 2018, Kepa sejatinya adalah langganan di Timnas Spanyol junior.

Kepa telah menjadi langganan di Timnas U-18, U-19, hingga U-21. Total, sudah 30 kali ia membela Tim Spanyol junior plus satu caps di timnas senior. 


3. 1. Pernah Tolak Real Madrid

Kepa Arrizabalaga, kiper Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

Atas penampilannya yang memukau di laga Athletic Bilbao vs Real Madrid di muisim lalu, ia pun santer dikabarkan menjadi incaran Real Madrid. 

Real Madrid pun secara terbuka mengakui ketertarikannya terhadap kiper muda tersebut. Namun, Kepa lebih memilih bertahan di Athletic Bilbao. Hal itu dilakukan demi menjaga peluangnya main di Piala Dunia 2018.

Baca Juga

Tak lama setelah itu, ia memperpanjang kontrak di Bilbao dengan klausul pelepasan 80 juta euro yang akhirnya diaktifkan oleh Chelsea. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT.

ChelseaAthletic BilbaoLiga InggrisKepa Arrizabalaga

Berita Terkini