x

3 Fakta Tentang Safawi Rasid, Bintang Timnas Malaysia yang Permalukan Korsel

Sabtu, 18 Agustus 2018 09:25 WIB
Editor: Juni Adi
Malaysia berhasil mengalahkan Korea dengan Skor 2-1.

FOOTBALL265.COM - Di laga perdana Grup E, Malaysia berhasil membuat kejutan saat melawan Korea Selatan pada Jumat (18/08/18) malam WIB.

Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, anak asuh Ong Kim Swee menang tipis dengan skor 2-1. Kemenangan ini tentunya mengejutkan publik sepak bola Tanah Air. 

Sebab, Korea Selatan adalah salah satu tim yang diunggulkan karena diperkuat bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-Min dan juga juara bertahan.

Baca Juga

Selain itu, kemenangan ini juga membuat nama Muhammad Safawi Rasid melambung tinggi, lantaran di laga tersebut memborong dua gol Malaysia.

Usut punya usut, sebelum menjadi pesepak bola profesional, Safawi rupanya adalah mantan pekerja kuli bangunan untuk membantu keluarganya yang harus menghidupi 13 orang anak.  

“Ayah saya dulu sempat bekerja di proyek bangunan dekat sekolah. Saya sempat diajak untuk membantu pekerjaanya sebagai seorang kuli bangunan," ucap Safawi dikutip dari Star Online Malaysia.

Baca Juga

"Saya memutuskan untuk membantunya karena ayah saya seorang diri harus menghidupi ibu saya dan 13 orang anak” tambahnya.

Selain kuli bangunan, ada beberapa fakta menarik lainnya mengenai sosok Muhammad Safawi Rasid. Berikut INDOSPORT coba merangkumnya:


1. Mantan Anak Asuh Rahmad Darmawan

Muhammad Safawi Rasid.

Tak heran jika nama Muhammad Safawi Rasid mampu jadi mimpi buruk, bagi pertahanan Korea Selatan. Sebab, dalam dua musim terakhir memanga penampilannya tengah meningkat di kompetisi Liga Malaysia.

Namanya melejit setelah berhasil mengantarkan T-Team (sekarang bernama Terengganu II) asuhan Rahmad Darmawan untuk finis di posisi ketujuh, setelah sebelumnya diprediksi banyak pengamat bakal terdegradasi.

Performa apiknya langsung menarik minat dari Johor Darul Ta'zim, dan ia bergabung dengan klub raksasa Malaysia tersebut.

Namun sayang, meski sudah bermain gemilang dirinya gagal membuat pelatih Malaysia, Ong Kim Swee terpukau. Pada tahun 2016, dirinya dicoret dari skuat Malaysia sehari sebelum turnamen Piala AFF dimulai.

Hal tersebut rupanya dijadikan motivasi bagi Safawi. performanya terus meningkat, meski  jumlah penampilannya di tahun 2017 tidak lebih banyak dibandingka musim sebelumnya.

Hingga akhirnya ia berhasil membuat Kim Swee memberi kepercayaan terhadapnya, untuk melakoni debut bersama Harimau Malaya pada akhir tahun lalu, dan jadi saat ini jadi andalan di ajang Asian Games 2018.


2. Dijuluki Robin Van Persie

Safawi Rasid

Bukan kali ini saja Muhammad Safawi Rasid membuat geger publik publik sepak bola Asian Tenggara. Sebelumnya, di ajang SEA Games 2017 lalu, penampilannya juga sempat mencuri perhatian saat melawan Brunei Darussalam.

Kala itu, Safawi berhasil mencetak satu gol melalui first time memanfaatkan umpan silang dari rekannya. Malaysia menang dengan skor 2-1.

Gol tersebut kemudian membuat beberapa media Malaysia, M.Star.com.my menyebut Safawi sebagai Robin Van Persie Malaysia, karena kemiripan golnya saat Van Persie cetak gol ke gawang Aston Villa musim 2012/13 silam.


3. Diminati Klub Jepang

Safawi Rasid (kanan) melakukan selebrasi mirip Kylian Mbappe, pasca mencetak gol ke gawang Tampine Rovers.

Bergabung bersama Johor Darul Ta'zim, membuat kualitas permainan Muhammad Safawi Rasid kian meningkat. Ia pernah jadi momok pertahanan Persija Jakarta berkat satu golnya di laga perdana fase grup, Piala AFC 2018 lalu.

Permainannya pun mulai dipantau oleh pencari bakat klub Liga Jepang. Pemuda 21 tahun ini diprediksi memiliki potensi tinggi dan bisa berkembang jika berkarier di Negeri Matahari Terbit.

Baca Juga

Peluang Safawi berkarier di J League semakin terbuka lebar, setelah pihak Liga Jepang berencanan mau membawa pemain Asia Tenggara lain selepas Thailand, menurut laporan Vocketfc.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbia Asian Games 2018 di INDOSPORT.

Asian GamesKorea SelatanMalaysiaAsian Games 2018Bola InternasionalListicle Asian Games 2018

Berita Terkini