x

5 Calon Kandidat Terkuat Pengganti Mourinho

Rabu, 22 Agustus 2018 07:52 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho.

FOOTBALL265.COM – Jose Mourinho dianggap sebagai pelatih yang sempurna untuk menggantikan Louis van Gaal yang gagal membawa kejayaan bagi Manchester United.

Kehadiran The Special One juga dinilai tepat untuk bersaing melawan rival satu kota, Manchester City, yang telah menunjuk Pep Guardiola sebagai juru kunci The Sky Blues.

Setelah melewati perjalanan yang cukup baik bersama Setan Merah, namun pada musim 2017/18 menjadi sebuah awal mula ancaman bagi Mourinho. Kegagalannya untuk menyingkirkan Manchester City dari puncak klasemen Premier League pun gagal, mereka harus rela hanya berada di peringkat kedua.

Di bawah asuhan pelatih asal Portugal ini, daya tarik Manchester United kini seperti tak ada artinya lagi. Mourinho telah gagal membawa beberapa nama seperti Harry Maguire, Diego Godin, Toby Alderweireld dan beberapa nama lainnya.

Permasalahannya dengan Ed Woodward, dan beberapa anak asuhnya seperti Paul Pogba dan Antony Martial sempat membuatnya frustasi.

Baca Juga

Berbagai macam permasalahan yang diterima Man United selama berada dipengawasan Mourinho membuat posisinya terancam. Bahkan terdapat sebuah petisi yang menyerukan bahwa para fans ingin pelatih berusia 55 tahun itu agar segera dipecat.

Beberapa nama pun telah disebut-sebut sebagai calon pengganti mantan pelatih Inter Milan, jika Mourinho didepak dari Old Trafford.

Lantas, siapa sajakah pelatih yang menjadi kandidat terkuat yang pantas menggantikan Mourinho? Berikut INDOSPORT telah merangkumnya khusus untuk Anda.


1. Leonardo Jardim

Leonardo Jardim.

Rekan satu negara Mourinho ini sempat menjadi pusat perhatian saat menjadi juru kunci Sporting Lisbon dan AS Monaco, karena gaya kepelatihannya yang tak memberikan ampun di lini penyerang.

Jardim akan menjadi pilihan populer untuk penggemar Manchester United yang telah haus gelar, ia akan mengingatkan kita pada era Sir Alex Ferguson yang fokus di lini penyerang.

Salah satu keunggulannya adalah kemampuan untuk mengembangkan performa pemain yang ia miliki, dibandingkan harus meminta penandatangan baru. Bintang sepakbola yang berhasil diasah kemampuannya oleh Jardim ialah Kylian Mbappe, Bernando Silva dan Fabinho.

Jelas, kemampuannya ini akan disambut gembira oleh Setan Merah yang mempunyai banyak pemain yang membutuhkan bimbingan dan ‘asahan’ yang tepat seperti Luke Shaw, Anthony Martial dan beberapa pemain lain.


2. Laurent Blanc

Laurent Blanc.

Blanc bukanlah orang baru yang diisukan untuk menjadi pelatih Setan Merah, karena ia sudah pernah dikaitkan untuk menjadi pelatih di Old Trafford di detik-detik terakhir era Van Gaal.

Mantan pelatih Bordeax dan Paris Saint-Germain ini juga merupakan mantan pemain Manchester United sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun. Pengalamannya bersama klub Ligue 1, bisa memberikan harapan para penggemar yang mulai putus asa.

Ia juga bisa meredam para pemain yang sedang mulai memberontak karena asuhan Mourinho. Selain itu, ia juga dapat menunjukkan bahwa dengan memberikan dukungan yang tepat, Blanc bisa mendapatkan tim untuk memainkan gaya permainan yang bersemangat

Formasi 4-3-3 favoritnya bisa membantu mengeluarkan performa terbaik dari Paul Pogba dan Anthony Martial.


3. Marcelino Garcia Toral

Marcelino Garcia Toral, pelatih Valencia.

Marcelino kita sedang menjadi juru kunci klub La Liga Spanyol, Valencia. Ia bergabung dengan Los Che saat klub itu sedang diterpa banyak masalah.

Di bawah kepemimpinannya yang tegas namun adil, klub itu telah terlahir kembali dan mempertajam serangannya yang brilian namun tetap solid di lini belakang.

kinerjanya yang baik juga terbukti di Villarreal. Mengambil alih tim yang telah terdegradasi dan dipaksa untuk menjual aset terbaiknya, ia mampu membawa kembali Valencia ke La Liga dan berakhir di enam besar tiga kali berturut-turut, termasuk menjebol semifinal Liga Europa.

marcelino telah dengan jelas menunjukkan kemampuannya untuk bekerja disegala kondisi keterbatasan klub, serta berhasil mengubahnya menjadi lebih baik dibawah pemikirannya yang jenius. Sehingga kemampuannya itu sesuai dengan kondisi Man United saat ini.


4. Antonio Conte

Mantan Pelatih Chelsea, Antonio Conte.

Terdepaknya Conte dari Chelsea memberikannya kesempatan untuk mengambil alih tugas Jose Mourinho, jika pelatih asal Portugal itu dipecat oleh pihak manajemen Man United.

Membawa manajer seperti mantan pelatih Juventus ini akan memberi manfaat bagi Setan Merah, ia mampu mengubah lini belakang menjadi lebih baik dengan dengan menempatkan tiga pemain bek di belakang demi memperkuat pertahanan.

Dalam formasi 3-4-3 yang disukainya, Manchester United bisa mendapatkan keseimbangan yang lebih baik daripada formasi 4-3-2-1 yang disukai Mourinho. Dengan formasi ini, Pogba akan bebas dari tugas pertahanannya dan memberi pengaruh lebih dalam menyerang.


5. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane.

Zidane sudah sangat dikaitkan dan menjadi kandidat terkuat sebagai calon pengganti Jose Mourinho. Gaya kepelatihannya yang elegan dan keterampilannya yang mempesona telah memberikan harapan bagi fans Man United.

Mantan pemain yang akrab disapa Zizou ini, diangkat sebagai manajer Real Madrid setelah Rafa Benitez lengser dari Santiago Bernabeu.

Tugasnya di Los Blancos mungkin adalah pekerjaan yang penuh tantangan dalam dunia sepak bola karena melibatkan berurusan dengan beberapa penggemar yang sangat menuntut, presiden yang ‘rewel’ Florentino Perez dan beberapa pemain yang memiliki ego besar.

Zidane berhasil menangani semuanya  dengan sempurna dan memenangkan 9 trofi dalam dua setengah musim termasuk memecahkan rekor tiga gelar UCL berturut-turut.

Baca Juga

Kedatangan Zidane dengan deretan prestasi yang gemerlap sebagai pemain dan manajer serta reputasinya yang besar, bisa memberi pengaruh besar di klub yang diasuhnya.

Keterampilan manajemennya yang luar biasa, ia dipastikan dapat memulihkan keharmonisan Manchester United yang mulai pudar.

Ikuti terus berita Liga Inggris dan olah raga lainnya di INDOSPORT.

Manchester UnitedJose MourinhoZinedine ZidaneAntonio ConteLaurent BlancLeonardo JardimMarcelino Garcia ToralLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini