x

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Manchester United Dilatih Sir Alex Ferguson

Kamis, 30 Agustus 2018 09:24 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Isman Fadil
Sir Alex Ferguson

FOOTBALL265.COM -  Manchester United kini dilanda krisis menyusul dua kekalahan beruntun di Liga Inggris. Teranyar, pasukan Jose Mourinho takluk 0-3 dari Tottenham Hotspur di Old Trafford, Selasa (28/08/18) dini hari WIB.

Hasil ini membuat masa depan Jose Mourinho sebagai pelatih kepala Manchester United pun di ujung tanduk. Tak hanya itu, suporter Setan Merah mulai merindukan sosok pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson.

Sir Alex Ferguson sendiri pernah merasakan empat tahun tanpa gelar di awal kepelatihannya bersama Manchester United sejak bergabung pada tahun 1986.

Namun berkat kesabaran manajemen Manchester United saat itu serta usaha Ferguson yang tak kenal lelah, akhirnya Manchester United  meraih gelar perdananya yang dimulai Piala Winners pada 1991. Sederet gelar bergengsi pun berhasil diraih Ferguson seperti Premier League, Liga Champions Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga

Pria sepuh yang baru saja pulih dari operasi otak ini mampu menyulap tim yang punya masalah disiplin menjadi tim yang disegani. Sosok yang kerap disapa Fergie ini juga memaksimalkan bakat-bakat milik akademi. Nama-nama seperti Paul Scholes, David Beckham, dan Neville bersaudara adalan binaan asli akademi Manchester United.

Semua orang mengagumi kerja keras dan dedikasi Fergie selama 27 tahun (1986-2013) menangani Manchester United, bahkan mereka yang bukan fan sepak bola sekalipun. Andai Sir Alex Ferguson masih aktif melatih, berikut lima hal yang akan terjadi pada Manchester United seperti dilansir dari Sportkeeda.


1. 1. Marcus Rashford dan Anthony Martial Lebih Bahagia

Marcus Rashford dan Anthony Martial.

Rashford dan Martial adalah pemain muda berbakat yang diidolakan suporter Manchester United. Terlebih Rashford adalah 'putra daerah' alias didikan asli klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

Banyak yang menginginkan keduanya bisa tampil penuh berbarengan. Rashford mulai debutnya bersama Manchester United era Louis van Gaal ini lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan 

Hal yang sama juga dialami Anthony Martial, yang sempat bermain bagus sejak didatangkan Manchester United pada 2015 silam. Musim ini, Martial justru agak menurun dan jarang dimainkan. Dari 3 laga Liga Inggris, pemain 22 tahun ini baru bermain satu pertandingan. Akibatnya, eks bintang AS Monaco ini gagal mengamankan tempatnya di skuat Timnas Prancis.

Baca Juga

Namun jika Ferguson masih membesut Manchester United, dia dinilai bisa memaksimalkan potensi Martial dan Rashford. Fergie adalah sosok pelatih yang jeli melihat potensi pemain muda. Contoh saja Cristiano Ronaldo yang didatangkan MU 2003 silam. Saat itu, publik tak ada yang tahu tentang Ronaldo. Namun Ferguson mampu mengubahnya menjadi mega bintang sepak bola dunia beberapa tahun kemudian.


2. 2. Cristiano Ronaldo Kembali

Cristiano Ronaldo saat melewatkan peluang emas mencetak gol pertamanya untuk Juventus.

Cristiano Ronaldo pernah mengakui bahwa Sir Alex Ferguson adalah ayahnya di dunia sepak bola. Seandainya Ferguson masih melatih, bisa saja pemain Timnas Portugal tersebut akan kembali lagi ke Old Trafford. Fans tentu menginginkan Ronaldo kembali ke Old Trafford.

Baca Juga

Namun saat ini Ronaldo sudah pindah dari Real Madrid ke Juventus dan sedang berjuang menemukan permainan terbaiknya di Serie A. Harapan melihatnya kembali berseragam Manchester United pun terbilang sangat kecil mengingat usianya yang tak lagi muda.


3. 3. Kembalinya Gairah Dukungan Fans

Banner dukungan untuk Sir Alex Ferguson.

Masih sulit rasanya suporter Manchester United lepas dari bayang-bayang Sir Alex Ferguson. Wajar saja karena pria yang usianya menginjak 76 tahun ini sudah paham seluk beluk Manchester United selama lebih dari dua dekade.

Praktis, siapapun pelatihnya harus siap dibandingkan dengan pelatih asal Skotlandia tersebut. Situasi yang dihadapi Mourinho saat ini mengingatkan kita pada David Moyes yang saat itu menjadi suksesor Ferguson pada tahun 2013.

Baca Juga

Namun Moyes gagal meneruskan kejayaan Manchester United, dan membuat suporter Manchester United kerap melontarkan kritikan pedas terhadap mantan pelatih Everton tersebut. Hingga kini, suporter Manchester United masih kecewa dengan prestasi klub kesayangannya karena belum bisa menyamai apa yang dicapai Sir Alex Ferguson.


4. 4. Memaksimalkan Peran Ander Herrera

Gol Herrera -- Manchester United vs Tottenham Hotspur (21/04/18).

Masih berkaitan dengan memaksimalkan potensi pemain, Ander Herrera termasuk salah satu pemain yang kontribusinya tidak bisa diremehkan. Dia selalu tampil total saat bermain untuk Manchester United.

Akan tetapi Mourinho kerap 'memarkir' dan memainkan Herrera bukan posisi terbaiknya. Terakhir, eks pemain Athletic Bilbao ini justru dimainkan sebagai bek tengah kontra Tottenham. Imbasnya, Herrera kesulitan menahan serangan yang datang dari Harry Kane dan Dele Alli.

Baca Juga

Berbeda dengan Ferguson, saat menjadi pelatih dia tahu mana posisi terbaik anak asuhnya. Meskipun terkadang dia juga merotasi posisi pemainnya karena alasan strategi. Ferguson juga mampu memaksimalkan potensi skuatnya meskipun si pemain tak memiliki skill yang istimewa.

Contoh saja Nicky Butt. Secara kemampuan dia tak sejenius Ryan Giggs atau Paul Scholes dan bukan spesialis bola-bola mati seperti David Beckham. Akan etapi Fergie mampu memaksimalkan Butt, dan dia menjadi salah satu aktor penting di sektor gelandang saat Manchester United mengalahkan Bayern Munchen 2-1 pada laga final Liga Champions tahun 1999.


5. 5. Jual Paul Pogba

Gelandang Manchester United, Paul Pogba.

Paul Pogba tampil luar biasa saat membela Timnas Prancis di Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun peformanya tak terlalu istimewa saat membela Manchester United.

Pogba tidak menunjukkan mentalitas yang bagus dan mungkin saja sudah ditendang jika Manchester United masih dilatih Sir Alex Ferguson. Selain itu, mantan pemain Juventus ini memiliki ego yang tinggi karena merasa lebih besar daripada klub yang dia bela.

Baca Juga

"Saya tidak berpikir ada masalah yang berarti antara dia (Pogba dan Mourinho, saya yakin itu. Saya rasa masalah sebenarnya adalah antara Pogba dan klub itu sendiri, dalam hal siapakah yang lebih besar." kata mantan pemain Timnas Inggris, Danny Mills. 

"Apakah dia membuat satu atau dua masalah dengan apa yang ia lakukan di sosial media? Saya rasa jika Sir Alex masih melatih sekarang, ia sudah ditendang keluar." imbuhnya. 

Terus Ikuti Perkembangan Berita Olahraga dan sepak bola tim Manchester United hanya di INDOSPORT

Manchester UnitedJose MourinhoSir Alex FergusonPaul PogbaAnder HerreraLiga Primer InggrisAnthony MartialMarcus RashfordLiga InggrisBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini