x

Asah Reflek, Kiper Barito Dilatih dengan Bola Tak Biasa

Sabtu, 1 September 2018 16:14 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

FOOTBALL265.COM - Dalam pemusatan latihan di pulau Bali jelang bergulirnya kembali Liga 1 2018, ada pemandangan tak biasa di antara skuat Barito Putra. Yakni ketika penjaga gawang Aditya Harlan dan kawan-kawan diberikan bola tak biasa oleh pelatih kiper Felipe Guimaraes.

Alih-alih memberikan bola sepak seperti biasa, pelatih asal Brasil itu justru memberikan bola tenis sebagai media untuk tiga penjaga gawang Barito berlatih. Harapannya dengan bola tersebut, mereka bisa melatih refleks menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga

"Kami tim pelatih ingin mengasah refleks serta respon para penjaga gawang," ucapnya dikutip dari halaman resmi Barito Putera.

"Karena ukuran dan diameter bola tenis lebih kecil dibanding bola sepak, mereka diharapkan bisa lebih cepat mengantisipasi situasi tertentu saat pertandingan. Terutama saat menghadapi bola pantul dari striker lawan," tambahnya.


1. Membangun Serangan

Skuat Barito Putera

Selain diberikan porsi latihan menggunakan bola tenis, dalam latihan di Pulau Dewat Abli itu, para penjaga gawang Barito Putra juga diminta untuk melatih kemampuan mereka dalam memberikan umpan-umpan jarak pendek.

Baca Juga

Kemampuan tersebut dilatih khusus agar mereka mampu menjadi penjaga gawang modern yang juka mampu terlibat dalam membangun serangan sejak lini pertahanan.

"Kita ingin menerapkan skema build-up mulai dari penjaga gawang. Jadi para kiper juga dituntut memiliki akurasi dalam melakukan operan jarak pendek. Semoga materi latihan yang kita berikan bisa diterapkan saat pertandingan di liga nanti," jelas Felipe.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Seputar Liga 1 Indonesia hanya di INDOSPORT
 

Barito PuteraLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini