x

Persib Kena Sanksi, Spanduk Protes ke PSSI Bertebaran

Kamis, 4 Oktober 2018 10:40 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Koreografi Viking di laga Persib vs Persija.

FOOTBALL265.COM - PSSI akhirnya telah mengambil kebijakan sanksi terkait kasus tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla.

Haringga wafat sesaat sebelum pertandingan antara Persib Bandung vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 23 September 2018 lalu dimulai. Anggota The Jakmania itu harus merenggang nyawa setelah dikeroyok oleh sejumlah oknum Bobotoh.

Kasus ini langsung mendapat penanganan dari pihak kepolisian. Dengan sigap dan cepat, polisi menangkap beberapa orang terduga pelaku dan kini tengah memasuki tahap penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga

Walau telah ditangani polisi, bukan berarti pihak klub juga akan lepas dari hukuman. Lewat Komisi Disiplin (Komdis), PSSI secara resmi menjatuhkan hukuman kepada Persib.

Hukumannya sendiri terdiri dari beberapa poin utama. Mulai dari laga kandang usiran, main tanpa penonton, hingga denda sejumlah uang, semua harus diterima dan dilaksanakan oleh Persib.


1. Aksi Protes Spanduk Mulai Bermunculan

Skuat Persib Bandung di ruang ganti.

Akan tetapi, keputusan sanksi PSSI ini lantas menimbulkan banyak kontroversi. Ada sejumlah pihak yang tak setuju, dan menganggap hukuman PSSI kepada Persib sangatlah tidak adil.

Efeknya, aksi-aksi protes mulai dilancarkan publik yang setuju bahwa hukuman PSSI tidak adil. Namun, protes tidak dilancarkan dengan cara yang anarkis, melainkan hanya dengan spanduk-spanduk tulisan.

Baca Juga

Di Kota Bandung, spanduk lebar yang bertuliskan seruan untuk revolusi PSSI dan menuntut keadilan, terpampang di Jembatan Penyebrangan Orang Jalan Wastukencana. Spanduk ini terpasang sejak Rabu (03/10/18) kemarin.

Tak hanya di kota Bandung saja, gerakan protes leeat spanduk juga muncul dari daerah-daerah lain. Mulai dari Sumedang hingga Tasikmalaya, protes terhadap PSSI sudah mulai terlihat. 

Sebelumnya, terkait hukuman yang dijatuhkan Komdis PSSI ke Persib menimbulkan kegusaran di kalangan Bobotoh. Bahkan di situs change.org muncul petisi online yang diprakarsai Yusuf Maulana dan isinya meminta agar Persib hijrah ke Liga Thailand.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Perkembangan Sepak Bola Liga Indonesia Hanya di INDOSPORT.

Persib BandungPersija JakartaPSSIThe JakmaniaKomisi Disiplin PSSIBobotohLiga IndonesiaLiga 1Haringga Sirila

Berita Terkini