x

4 Pemain yang Pantas Gantikan Rezaldi Hehanusa di Timnas Indonesia

Selasa, 16 Oktober 2018 13:00 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Skuat Timnas Indonesia vs Mauritius.

FOOTBALL265.COM - Meski belum dipastikan sepenuhnya, bek kiri Timnas sepak bola Indonesia, Rezaldi Hehanusa kemungkinan besar akan absen dalam perhelatan Piala AFF 2018. Hal itu terjadi setelah pemain asal Persija Jakarta itu mengalami cedera di bagian tumitnya. 

Cedera berupa tumbuhnya tulang kecil di bagian tumit atau yang dalam bahasa kedokteran disebut calcaneus spur itu bahkan membuat nama Rezaldi harus rela tersingkir di laga uji coba menghadapi Hong Kong, Selasa (16/10/18) ini.

Untuk menggantikan pemain 22 tahun yang namanya hampir selalu menghiasi pos bek kiri Timnas Indonesia itu, pelatih Bima Sakti sudah memanggil pemain sepak bola yang membela PS TIRA, Abduh Lestaluhu sebagai penggantinya.

Baca Juga

Namun jika melihat beberapa pemain di posisi bek kiri yang ada di Liga 1 2018, nama Abduh lestaluhu bukanlah satu-satunya yang pantas menggantikan posisi Rezaldi.

Setidaknya ada beberapa pemain lainnya yang juga memiliki kemampuan tak kalah bagus dan pantas berseragam Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018 nantinya.

Siapa saja nama-nama pemain sepak bola tersebut? Berikut INDOSPORT merangkumnya untuk Anda, pembaca setia kami.


1. Ardi Idrus (Persib Bandung)

Bek kiri baru Persib Bandung, Ardi Idrus.

Didatangkan dari klub Liga 2, Semen Padang, Ardi Idrus langsung sukses mencuri perhatian publik sepak bola kota Bandung.

Bersama sepak bola Persib Bandung, pemain asal Ternate ini seakan tak tergantikan di posisi bek kiri klub yang kini menghuni peringkat teratas klasemen Liga 1 2018 untuk sementara ini.

Bukan hanya itu, Ardi juga tercatat sebagai pemain yang mencatatkan menit bermain terbanyak di Persib Bandung mengalahkan pemain-pemain lainnya.

Baca Juga

Sebagai pemain belakang, Ardi juga mampu mencatatkan rekor impresif. Hingga pekan ke-25 ini, namanya menjadi pemain yang paling banyak melakukan tekel sukses di Liga 1 2018, yakni sebanyak 51 tekel.

Bukan hanya dalam urusan bertahan, permainan bergaya bek sayap modern yang dimiliki pemain 25 tahun tersebut juga membuat dirinya acap kali berperan dalam membangun serangan.

Ada satu hal yang menjadi nilai lebihnya andai dipanggil Timnas Indonesia. Dirinya sudah terbukti padu dengan pamain yang selama ini mengisi pos sayap kiri Timnas, Febri Haryadi kerena merupakan rekan satu tim di Persib Bandung.


2. Ruben Sanadi (Persebaya Surabaya)

Ruben Sanadi dalam jumpa pers.

Dengan gaya permainan Timnas Indonesia yang banyak mengandalkan sisi sayap, layak rasanya nama Ruben Sanadi dimasukkan ke skuat Piala AFF 2018 untuk menggantikan peran Rezaldi Hahanusa.

Soal kualitas dan pengalaman, pemain 31 tahun yang kini memperkuat tim Persebaya Surabaya itu rasanya sudah tak pantas diperdebatkan.

Kecepatannya dan kualitasnya dalam mengirim umpan bisa menjadi senjata mematikan Timnas Indonesia dalam menghadapi lawan-lawan di Piala AFF 2018 nanti.

Soal bertahan pun demikian. Ruben sebagai pemain belakang termasuk salah satu pemain yang jarang mendapatkan kartu di Liga 1 2018 musim ini.

Baca Juga

Bermain di 19 pertandingan Persebaya musim ini, Ruben tercatat hanya mengantongi dua kartu kuning tanpa sekalipun kartu merah.

Nilai lebih yang dimiliki Ruben adalah dia bukan pemain yang asing di Timnas Indonesia. Tercatat dirinya sudah enam kali berseragam Timnas Indonesia, tiga di laga persahabatan dan tiga di kualifikasi Piala Asia.

Dengan kenyataan tersebut, rasanya tak akan sulit buat Ruben kembali beradaptasi dengan pemain Timnas Indonesia lainnya, mengingat Piala AFF 2018 akan berlangsung dalam hitungan sekitar satu bulan lagi.


3. Ricky Fajrin (Bali United)

Ricky Fajrin saat membela Timnas Indonesia.

Berbeda dengan dua nama di atas, nama Ricky Fajrin sebenarnya sudah masuk dalam skuat Timnas Indonesia asuhan Bima Sakti dalam rangka uji coba kali ini.

Namun seperti kala membela Timnas U-23, Ricky Fajrin lebih banyak di tempatkan di posisi bek tengah. Di laga kontra Myanmar misalnya, pemain asal Bali United itu dipercaya mendampingi Fachrudin Aryanto sebagai palang pintu Timnas Indonesia.

Meski memang cakap di posisi bek tengah, sejatinya Ricky Fajrin juga memiliki kemampuan yang sangat baik jika ditempatkan di pos bek kiri dan sudah beberapa kali dicoba di Timnas U-23.

Baca Juga

Gaya bermainnya yang lugas bisa membuat lini pertahanan Timnas Indonesia lebih tenang dan membuat kerja dua bek tengah lainnya akan lebih ringan.

Terlebih jika nantinya Ricky Fajrin di geser ke pos bek kiri, penggantinya di bek tengah, ada sosok Hansamu Yama Pranata yang mengantikannya. Pemain yang selama musim ini sangat bagus bermain bersama Barito Putera.


4. Abduh Lestaluhu (PS TIRA)

Abduh Lestaluhu saat memperkuat Timnas Indonesia.

Sebegai pengganti Rezaldi Hahanusa, sosok Abduh Lestaluhu terbilang tepat. Hal itu dikarenakan gaya permainannya yang tak jauh berbeda.

Mampu membantu penyerangan dan juga berkoordinasi dengan baik di lini pertahanan. Satu yang mungkin menjadi kelemahan seorang Abduh adalah sikap tempramentalnya yang masih sering keluar dalam pertandingan.

Di Liga 1 2018 ini misalanya, dirinya pernah mendapatkan hukuman larangan bermain karena memukul kepala pemain lawan saat terjadi perebutan bola.

Namun diluar itu, Abduh menjadi sosok yang tepat untuk dimainkan dalam Piala AFF 2018 nanti karena dirinya juga merupakan bek kiri yang mempekuat Timnas Indonesia ketika gelaran Piala AFF terakhir di tahun 2016.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Ruben SanadiTimnas IndonesiaPiala AFFAbduh LestaluhuBola InternasionalRicky FajrinRezaldi HehanusaPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini