x

Termasuk Todd Rivaldo Ferre, Inilah 3 Pemain Kelahiran Papua yang Besinar Bersama Indonesia

Senin, 22 Oktober 2018 20:08 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Yohanes Ishak
Todd Rivaldo Ferre saat berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Qatar U-19.

FOOTBALL265.COM - Tanah Papua adalah surga bagi keindahan alam yang dapat dilihat stadion Mandala milik Persipura Jayapura yang dikelilingi oleh laut yang sangat biru. Tak hanya keindahan alam yang dapat dinikmati oleh warga Indonesia, kualitas individu para anak-anak yang lahir di tanah ini juga memiliki keindahan yang sama dengan alamnya.

Ibarat Brasil, Papua seakan tidak pernah kehilangan talenta terbaiknya yang terus lahir demi bermain untuk Timnas Indonesia. Pantai dan jalanan di kota Jayapura adalah saksi bagaimana anak-anak Papua yang rutin melatih kemampuan olah bolanya setiap hari seperti yang terjadi di Brasil.

Baca Juga

Hampir setiap skuat yang pernah ditampilkan oleh Timnas Indonesia, setidaknya selalu ada minimal satu pemain dari Papua yang mengisi dan memperkuat Timnas Indonesia. Mulai dari zaman Ellie Aiboy hingga Boaz Solossa yang selalu menjadi tumpuan Timnas untuk berprestasi.

Meskipun Timnas Indonesia tidak mampu berbicara banyak di berbagai ajang internasional, tak bisa disangkal peran pemain Papua ini sangatlah penting bagi kita. Memiliki kecepatan dan gocekan bola aduhai khas samba merupakan keunggulan dari talenta-talenta yang lahir dari Papua.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT rankum 3 pemain kelahiran Papua yang bersinar bersama Indonesia.


1. Elie Aiboy

Legenda Timnas Indonesia, Elie Aiboy.

Pemain kelahiran Jayapura ini adalah sosok yang sangat dihormati oleh pemain Timnas Indonesia di era 2000-an. Bermain untuk Timnas Indonesia lebih dari 40 kali menjadi bukti bahwa Elie Aiboy merupakan senjata utama di sisi sayap.

Baca Juga

Salah satu golnya yang paling diingat adalah ketika ajang Piala Asia 2007, Elie Aiboy sempat membuat Indonesia menahan Arab Saudi sebelum akhirnya kalah di menit akhir. Gol yang ia cetak sangatlah indah dan membekas karena berhasil menggocek kiper lawan sebelum mencocorkan bola ke pojok gawang.

Catatan 8 gol yang dicetak selama membela Timnas Indonesia adalah bukti lain bahwa dirinya adalah sosok yang berdedikasi bagi negaranya. Bahkan menjelang masa pensiunnya, Elie Aiboy masih sempat bermain untuk Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2002.


2. Boaz Solossa

Boaz Solossa mendapat kepungan dari para pemain Suriah. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Inilah wonderkid Papua yang sangat di anak emaskan oleh Peter White di ajang Piala AFF 2004. Bagaimana tidak, saat itu Boaz Solossa masihlah remaja yang belum genap berusia 20 tahun, tapi Peter White tetap mengandalkannya sebagai pemain utama.

Baca Juga

Sempat dihantam cedera parah saat membela Timnas saat melawan Hong Kong, tidak membuatnya pensiun bersama Indonesia. Bahkan ia pernah mencetak satu-satunya gol Indonesia ke gawang peringkat ketiga Piala Dunia, Uruguay setelah melewati penjaga gawang.

Tak hanya itu, ia bahkan sempat menjabat sebagai kapten Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2016 lalu. Sayang pada akhirnya ia tetap gagal membawa gelar bagi Timnas Indonesia meski sudah mencetak 14 gol sepanjang kariernya.


3. Todd Rivaldo Ferre

Todd Rivaldo Ferre dikepung oleh para pemain Qatar.

Remaja Papua satu ini memang belum pernah bermain bersama Timnas Indonesia, meski begitu darah Papua yang mengalir di darahnya tetap membuat dirinya menjadi andalan bagi Indonesia U-19. Nyatanya ia berhasil menjadi supersub bagi skuat asuhan Indra Sjafri di ajang Piala Asia U-19.

Baca Juga

Buktinya pada pertandingan yang berakhir dengan kekalahan dari Qatar kemarin, kontribusi Todd Rivaldo Ferre sangatlah terasa sejak menginjakan kaki di rumpu Stadion GBK sebagai pemain pengganti. Torehan tiga golnya nyaris membawa Indonesia menahan juara Piala Asia U-19 empat tahun lalu.

Salah satu golnya dari tendangan bebas adalah bukti kalau ia memiliki teknik tinggi dalam tendangan pisangnya. Dua gol lainnya adalah panggung Todd untuk unjuk gigi kualitas individunya setelah melaik-liuk melewati beberapa pemain bertahan yang menjulang tinggi.

Ikuti Terus Update Timnas Indonesia dan Sepak Bola Indonesia di FOOTBALL265.COM