x

Pertama dalam Sejarah, Laga Superclasico Tersaji di Final Copa Libertadores 2018

Jumat, 2 November 2018 05:43 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi
River Plate vs Boca Juniors merupakan dua klub yang memiliki rivalitas yang tinggi

FOOTBALL265.COM - Klub sepak bola Argentina, Boca Juniors mampu menahan imbang klub Brasil, Palmeiras dalam pertandingan leg kedua semifinal Copa Libertadores, pada Kamis (01/11/18) kemarin.

Hasil tersebut sudah cukup buat Boca Juniors melaju ke partai final kompetisi klub-klub terbaik seantero Amerika Selatan itu, lantaran secara agregat mereka ungguli Palmeiras 4-2.

Kepastian lolosnya Boca Juniors ke partai final secara langsung juga membuat sejarah tercipta di Copa Libertadores. Bahwa untuk pertama kalinya akan tersaji laga superclasico di partai final, yakni pertandingan antara dua tim sarat sejarah dan rivalitas asal Argentina, Boca Juniors vs River Plate.

Baca Juga

Partai final Copa Libertadores sendiri akan berlangsung dalam dua leg. Dimana Boca Junior akan terlebih dahulu berkesempatan sebagai tuan rumah pada laga yang berlangsung tanggal 11 November 2018. Menyusul giliran River Plate pada leg kedua tanggal 25 November 2018.


1. Sejarah Superclasico

Carlo Tevez menendang bola dari lawan Eder Alvarez Balanta.

Laga superclasico yang melibatkan rivalitas antara dua tim sekota di Buenos Aires, Boca dan River Plate ini hampir setua sepak bola di Argentina itu sendiri.

Selayaknya pertandingan derby, setiap pertandingan yang melibatkan kedua tim selalu disambut antusias kedua kelompok suporter.

Namun bukan hanya itu, antusaisme luar biasa kedua kelompok suporter sendiri tak lepas dari sejarah berdirinya kedua klub. Pada awalnya kedua kesebelasan ini sama-sama dibentuk di area industri La Boca yang dipenuhi imigran. 

Namun belakangan River Plate yang didirikan oleh imigran asal Inggris, dianggap sebagai timnya orang-orang berduit dan Boca yang dibentuk oleh seorang imigran Irlandia, dua imigran Italia dan beberapa pelajar setempat belakangan mulai menjadi representasi orang-orang miskin kota.

Baca Juga

Sementara julukan Superclasico melekat selain karena antusiasme yang tinggi dari kedua suporter yang kadang bertindak di luar batas, namun juga lantaran besarnya masa kedua klub tersebut dalam sepak bola Argentina.

Setidaknya 73% dari total populasi Argentina adalah pendukung dari kelompok tersebut. Jadi sangat layak dikatakan bahwa pertarungan kedua tim bukan hanya sebagai pentasbihan klub mana yang terbaik di Buenos Aires, namun juga di seantoro Argentina.

Dan melihat aksi-aksi suporter dalam laga ini, juga nama-nama besar yang pernah terlibat di dalam pertandingan.

Banyak pihak yang menyebut laga Boca Juniors vs River Plate adalah pertandingan derby terbesar yang ada di dunia. Bahkan kebesarannya mengalahkan laga El Classico di Eropa antara Real Madrid vs Barcelona.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.

ArgentinaBoca JuniorsRiver PlateCopa LibertadoresBola InternasionalLiga Argentina

Berita Terkini