x

Serba Pertama di Piala AFF 2018

Sabtu, 10 November 2018 16:06 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Piala AFF 2018.

FOOTBALL265.COM - Kompetisi sepak bola Piala AFF 2018 telah merampungkan laga perdananya. Dari pertandingan tersebut, banyak hal-hal menarik yang terjadi.

Turnamen sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara, Piala AFF 2018 telah rampung menggelar laga perdananya dengan mempertandingkan delapan tim, pada Kamis (08/11/18) dan Jumat (09/11/18) kemarin.

Baca Juga

Putaran pertama babak penyisihan grup sendiri ditutup dengan pertandingan antara Singapura vs Timnas Indonesia dan Timor Leste vs Thailand. Di antara pertandingan-pertandingan yang sudah digelar, tercatat kejadian-kejadian menarik.

Menariknya, sejumlah kejadian tersebut menunjukkan yang serba pertama pada Piala AFF edisi kali ini. Apa saja? Berikut INDOSPORT coba merangkumnya:


1. Gol Pertama

Kamboja vs Malaysia.

Di hari perdana, Piala AFF 2018 menggelar dua laga antara Kamboja vs Malaysia dan Laos vs Vietnam. Namun kick off pertandingan tersebut sedikit berbeda.

Kamboja yang menjamu Malaysia memulai laga lebih dahulu pada pukul 18:30 waktu setempat. 60 menit kemudian barulah pertandingan antara Laos vs Vietnam dimulai pada pukul 19:30.

Kedua negara yang bertindak sebagai tim tamu, berhasil meraih kemenangan. Malaysia menang dengan skor 1-0 atas Kamboja, dan Vietnam menang 3-0 atas Laos.

Baca Juga

Dari empat gol yang tercipta di laga perdana, gol pertama di Piala AFF 2018 berhasil diciptakan oleh pemain Malaysia Norshahrul Idlan pada menit ke-30.

Kartu Kuning Pertama

Pemain Malaysia kembali mencatatkan namanya, sebagai yang pertama yakni Mohd Zaquan Adha Abdul Radzak sebagai penerima kartu kuning pertama Piala AFF 2018, pada menit ke-65.


2. Hattrick Pertama

Singapura vs Indonesia

Di hari kedua pada laa perdana Grup B, serba pertama kembali terjadi. Striker Timnas Thailand, Adisak Kraisorn menjadi pemain pertama yang mencetak tiga gol atau hattrick di turnamen Piala AFF 2018 ini.

Tidak hanya satu, Adisak bahkan mencetak dua kali hattrick atau enam gol ke gawang Timor Leste, sekaligus menjadikan namanya sebagai pencetak double hattrick pertama di Piala AFF 2018, serta memimpin daftar top skor.

Penalti Pertama

Adisak Kraisorn menggenapkan torehan gol nya itu salah satunya dari titik putih, pada menit ke-57 yang membuatnya jadi pemain pertama yang mencetak gol dari penalti.

Baca Juga

Kemenangan Besar Pertama

Enam gol Adisak Kraisom sendiri tercipta saat Thailand menang 7-0 atas tuan rumah Timor Leste. Satu gol Thailand lainnya dicetak oleh Supachai Jaided. Hasil tersebut sekaligus membuat Thailand sebagai tim pertama yang meraih kemenangan besar.

Kartu Merah Pertama

Kemenangan besar Thailand tak lepas dari lemahnya Timor Leste. Apalagi mereka harus bermain dengan 10 orang, lantaran kiper Timor Leste, Aderito Raul Fernandes mendapat dua kali kartu kuning. Sekaligus mencatatkan namanya sebagai pemain yang mendapat kartu merah pertama di Piala AFF 2018.

Kekalahan Tim Tamu Pertama

Sementara itu di pertandingan lainnya antara Singapura vs Timnas Indonesia, juga terjadi serba pertama. Adalah Timnas Indonesia yang mencatatkan namanya.

Kekalahan 1-0 dari tuan rumah Singapura, membuat Timnas Indonesia jadi tim tamu pertama yang merasakan kekalahan. Sebab dari empat pertandingan yang sudah digelar, sebanyak tiga tim tamu berhasil meraih kemenangan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.

MalaysiaVietnamThailandTimor LesteTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini