x

Bikin Kapok, Naturalisasi Malah Buat Timor Leste Kena Sanksi FIFA

Minggu, 11 November 2018 12:20 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Jersey Timnas Timor Leste

FOOTBALL265.COM - Pertandingan Piala AFF 2018 Grup B antara Timnas Indonesia vs Timor Leste sebentar lagi akan dimulai. Sesuai jadwal, laga ini akan dimainkan hari Selasa (13/11/18) pukul 19.00 WIB.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste yang dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, tentu akan menjadi laga yang harus dimenangkan oleh Skuat Garuda.

Pasalnya, Timnas Indonesia baru saja kalah dari Singapura di laga perdana Grup B Piala AFF 2018, Jumat (09/11/18). Pun begitu dengan Timor Leste, yang baru kalah telak 7-0 dari Thailand di hari yang sama.

Baca Juga

Timnas Indonesia tentu punya kualitas yang lebih unggul dengan dua pemain naturalisasi yang dibawa ke Piala AFF 2018. Namun, ternyata Timor Leste juga sudah menjalani program naturalisasi dari beberapa tahun yang lalu.

Setelah ditelisik oleh INDOSPORT, ternyata program naturalisasi yang disebut-sebut 'jalan pintas' untuk meningkatkan kekuatan tim nasional, malah berakibat buruk untuk sepak bola Timor Leste.


1. Timor Leste Disanksi FIFA

Timnas Timor Leste saat

Pada Desember 2016 lalu, federasi sepak bola Timor Leste disanksi oleh AFC karena memainkan para pemain yang dianggap naturalisasi oleh tim nasional mereka.

Hukuman ini dijatuhkan karena mereka menurunkan para pemain naturalisasi kelahiran Brasil yang tidak memenuhi syarat regulasi oleh FIFA, yaitu tinggal minimal lima tahun atau punya keturunan negara tersebut.

Baca Juga

Berdasarkan penyelidikan FIFA atas laporan-laporan yang ada tentang pelanggaran Timor Leste untuk naturalisasi tersebut, AFC pun mejatuhkan sanksi berupa larangan ikut serta di semua kompetisi Asia kepada mereka.

Setelah menjalani hukuman tersebut, akhirnya Timor Leste diijinkan mengikuti play-off Piala AFF 2018 dan berhasil ikut serta ke Piala AFF tahun ini.

Baca Juga

Lebih lanjut lagi, melihat skuat Timor Leste di Piala AFF 2018 ini, nampaknya mereka mulai kapok dan berhati-hati untuk menjalani program naturalisasi. Skuat mereka kebanyakan para pemain muda saat ini.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Seputar Timnas Indonesia dan Berita Piala AFF 2018 Lainnya di FOOTBALL265.COM

FIFAAFCTimor LesteNaturalisasiTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini