x

Inilah 3 Kiper Terbaik Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah Piala AFF

Selasa, 20 November 2018 15:58 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Tiga kiper terbaik Timnas Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF

FOOTBALL265.COM - Awan Setho yang bertugas dalam mengawal Timnas Indonesia melawan Thailand di ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2018 mendapat banyak kecaman karena penampilan buruk. Pecinta sepak bola Indonesia pun mulai mempertanyakan kualitas kiper yang dimiliki Timnas Indonesia.

Andritany Ardhiyasa yang didaulat sebagai penjaga gawang utama pun tampil tidak begitu impresif karena tidak pernah cleansheet dan beberapa kali melakukan blunder. Penjaga gawang yang lainnya, Muhammad Ridho memang belum diberi kesempatan untuk tampil di Piala AFF 2018, tetapi dirinya diragukan penampilannya karena minim pengalaman.

Baca Juga

Praktis kiper yang ada saat ini untuk Timnas Indonesia belum menunjukan peforma yang memuaskan. Padahal Andritany, Awan, dan Ridho merupakan jagoan dalam ajang Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) bersama klubnya dengan sejumlah penyelamatan yang apik.

Mungkin masih diperlukan waktu yang lebih agar ketiga kiper yang dimiliki Bima Sakti saat ini menunjukan peforma terbaiknya mengantarkan Timnas Indonesia menuju juara. Sembari menunggu konsistensi dari ketiga kiper saat ini, menarik untuk melihat kembali kiper-kiper terbaik yang pernah dimiliki Timnas Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF.

Baca Juga

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT rangkum dalam 3 kiper terbaik Timnas Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF:


1. Hendro Kartiko

Hendro Kartiko.

Inilah salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki oleh Timnas Indonesia, sampai-sampai Hendro Kartiko pernah dijuluki ‘Fabian Barthez dari Indonesia’. Julukan tersebut ia dapatkan tak lepas dari penampilan apiknya di Piala Asia 2000, di ajang tersebut Hendro Kartiko juga menjadi salah satu kiper terbaik.

Mencatatkan penampilan sebanyak 60 kali telah membuatnya terus mengawal gawang Timnas Indonesia hingga ajang Piala AFF 2007. Dengan rekor penampilannya, membuat Hendro Kartiko pernah merasakan tiga final Piala AFF (2000, 2002, 2004) bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga

Penampilan terbaiknya ada pada ajang Piala AFF 2004, ia mencatatkan gawangnya tetap cleansheet dalam 4 pertandingan di fase grup termasuk melawan tuan rumah Vietnam dan calon juara, Singapura. Sayang, meski pernah membawa Timnas Indonesia bermain di 3 final berturut-turut, tetap saja ia gagal mengangkat trofi Piala AFF.

Kelebihan yang dimiliki oleh Hendro Kartiko terletak pada reflek yang bagus, tangguh dalam duel satu lawan satu dan membuat rekan-rekannya merasa nyaman dan aman. Hendro Kartiko tak bisa dipungkiri, merupakan panutan kiper-kiper yang ada saat ini di Indonesia.


2. Markus Horison

Markus Horison.

Kiper berkepala plontos ini terkenal dan mulai dipercaya menjadi kiper utama Timnas Indonesia sejak ajang Piala Asia menghadapi Korea Selatan. Penampilan gemilang Markus Horison menjadi alasan mengapa Korea Selatan hanya bisa mencetak satu gol yang sekaligus menahbiskan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik Asia.

Baca Juga

Markus Horison tercatat menjadi kiper utama Timnas Indonesia di dua edisi Piala AFF (2008 & 2010). Dari kedua edisi tersebut, prestasi terbaik Markus Horison adalah membawa Timnas Indonesia mencapai babak final Piala AFF 2010.

Bahkan Markus Horison sempat menjadi bagian dari skuat Timnas Indonesia yang mampu menaklukan Thailand untuk pertama kalinya setelah tahun 1998. Keunggulan yang dimiliki oleh Markus Horison terletak pada anitisipasi bola-bola atas yang selama ini kerap menjadi masalah di lini belakang Timnas Indonesia.


3. Kurnia Meiga

Mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga Hermansyah.

Baru-baru ini, Kurnia Meiga baru saja dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik sepanjang sejarah Piala AFF. Prestasi tersebut tak lepas dari penampilan gemilangnya bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2016 yang lalu.

Baca Juga

Sejumlah penyelamatan berkelasnya membuat Timnas Indonesia melaju hingga ke partai final, padahal sebelumnya Timnas Indonesia diprediksi gagal lolos ke semifinal. Ada dua penyelamatan gemilang yang paling diingat dari Kurnia Meiga di Piala AFF 2016.

Aksi pertama terjadi di semifinal Piala AFF melawan Vietnam, ketika itu ia terbang untuk mempertahankan keunggulan Timnas Indonesia di Jakarta. Aksi kedua lebih luar biasa lagi karena terjadi di partai final melawan Thailand, Kurnia Meiga berhasil memblok sepakan penalto Teerasil Dangda di menit-menit akhir.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia di FOOTBALL265.COM

ThailandHendro KartikoTimnas IndonesiaAndritany ArdhiyasaBima SaktiBola InternasionalAwan Setho RaharjoKurnia Meiga HermansyahLiga 1Muhammad Ridho DjazuliePiala AFF 2018Markus HorisonTRIVIA

Berita Terkini